Youtube akan dilarang di Jepang? Woow

Pemerintah Jepang telah mengesahkan amandemen baru untuk sebuah produk hukum yang melindungi hak cipta. Apa hasil dari produk hukum yang baru ini? Mereka yang ketahuan men-download atau streaming apapun yang bersifat ilegal dari Internet akan langsung masuk penjara.



Jadi, untuk pertama kalinya dalam sejarah Jepang, barang siapa yang memiliki materi bajakan seperti file musik, CD lagu, dan/atau DVD film, akan dikenakan denda hingga 2 juta yen (sekitar Rp. 200 juta) dan kurungan penjara hingga dua tahun lamanya. Sebelumnya, mereka yang men-download file secara ilegal hanya dikategorikan sebagai tindak perdata, bukan pidana.

Langkah ini tentu disambut gembira oleh kalangan industri musik dan perfilman. Keiichi Ishizaka, CEO Warner Music Japan, mengatakan bahwa ia ingin melihat semua kegiatan download ilegal diberantas habis.

Sementara itu, beberapa ahli hukum telah menyatakan keprihatinan mereka bahwa RUU itu tidak jelas sehingga dapat menyebabkan penuntutan yang tidak adil dan tidak perlu. RUU itu mengatakan bahwa seseorang yang menyadari bahwa dia sedang men-download atau streaming file ilegal, maka dia bisa ditangkap.

Bayangkan... kamu sedang santai menonton video di YouTube juga bisa masuk penjara jika kamu sadar kalau video yang kamu tonton itu sifatnya ilegal, meskipun kamu tidak men-download apapun. Kalau benar seperti ini, lama-lama YouTube bisa dilarang di Jepang.



RUU baru ini akan berlaku efektif pada bulan Oktober. Ada yang suka, ada juga yang tidak suka (salah satunya adalah saya sendiri). Tapi yang mengambil tindakan adalah mereka yang menyebut diri mereka sebagai "Anonymous" - yaitu sebuah grup yang terdiri dari para hacker jenius. Mereka berasal dari seluruh dunia, bekerjasama mengobrak-abrik situs-situs internet milik pemerintah.

Salah satu anggota dewan yang tidak setuju adalah Takeshi Miyamoto yang menyarankan agar pemerintah membangun suatu sistem yang efisien untuk menghapus semua konten ilegal di Internet, bukannya malah berfokus pada mereka yang men-download.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar