LaProKro PD II


LATAR BELAKANG PERANG DUNIA II (1939 – 1945 )
1. Lahirnya Negara – Negara Fasis
Fasisme berasal dari kata fascio dari kata fasces yang berarti seikat tongkat dan kapak. Menurut para ahli sejarah bangsa Italia, fasisme adalah fascio di combattimento, yang artinya kurang lebih “ persatuan perjuangan “. Kemudian nama Fasisme menjadi nama partai di Italia yang didirikan oleh Benito Mussolini. Fasisme adalah pengaturan pemerintahan dan masyarakat secara totaliter oleh suatu kediktatoran partai tunggal yang sangat nasionalis, rasialis , militeris, dan agresif imperialis. Paham fasisme hampir bersamaan dianut oleh tiga negara , yaitu Italia , Jerman dan Jepang.

a. Paham Fasisme di Jerman disebut Nazi ( Nazisme ). Nazi adalah suatu partai di bawah pimpinan Adolf Hitler. Seusai Perang Dunia I , Jerman berubah menjadi Republik yang semula adalah kerajaan. Pemimpin pertama adalah Ebert, Berkuasa antara tahun 1919 – 1925, pemimpin selanjutnya adalah Presiden Hindenburg ( 1925 – 1934 ). Dalam pemerintahan republic ini, Jerman mengalami berbagai macam kesulitan , Baik dalam keuangan ( Inflasi ) maupun kekacauan ekonomi ( Malaise ). Dalam keadaan Negara yang kacau tersebut rakyat Jerman mengharapkan orang yang kuat untuk memperbaiki keadaan. Dalam suasana yang kacau ini muncullah Adolf Hitler dengan partai Extrim yaitu NAZI.

Nazisme adalah
1). Paham yang mengutamakan kepentingan Negara diatas segala – galanya, karena itu terbentuk
negara totaliter.
2). Paham kemasyarakatan yang nasional sosialistis ( satu buat semua, semua buat satu, tetapi
hanya untuk Jerman ).
3). Untuk membentuk Negara totaliter pemerintahan harus dipimpin oleh satu pemimpin yang
bertanggung jawab atas segala – galanya artinya pemerintahan harus disusun secara Diktaktor.
Adolf Hitler selalu menekankan kepada pemuda Jerman bahwa bangsa Jerman adalah bangsa yang besar yang ditakdirkan untuk memerintah dunia ( Deucland Uber Aless ) karena bangsa Jerman adalah bangsa berdarah Arya, yang merupakan pangkal kekuatan jerman. Namun kekuatan itu sedang terbelenggu oleh kekuatan asing, yaitu bangsa Yahudi dan Komunis. Orang Yahudi sebagai penyebab semua itu harus dimusnahkan. Selanjutnya, kata Adolf Hitler untuk melepaskian diri dari penderitaan dan meluaskan ruang hidup, Jerman harus membentuk angkatan perang yang sangat kuat yang dipimpin oleh seorang Fuhrer ( pemimpin besar ).
Setelah Perang Dunia I Negara Jerman yang semula berbentuk Kerajaan berubah menjadi Republik. Akan tetapi, masa pemerintahan republic ini tidak berhasil mengatasi kekacauan ekonomi sebagai akibat Perang Dunia I, Lbih lebih lagi Jerman berada di pihak yang kalah. Dengan adanya hal tersebut , Timbullah ketidakpuasan rakyat yang menimbulkan kekacauan-kekacauan, bahkan pemberontakan- pemberontakan. Sementara itu Partai Nasionalis Jerman atau National Sozialistische Deutsche Arbeiter. ( NSDAP ) yang disingkat dengan Nazi berkembang menjadi partai yang kuat dipimpin oleh Adolf Hitler. Nazi berusaha merebut kekuasaan tetapi gagal. Hitler dipenjarakan. Dipenjara itulah Hitler menulis buku Mein Kamf ( Perjuanganku ) isinya mengenai paham – paham Nazi.
Dalam waktu singkat Partai Nazi yang dipimpin Hitler maju dengan pesat. Pada tahun 1933 Adolf Hitler diangkat menjadi Perdana Menteri ( Kanselor ) oleh Presiden Hindenburg.
Kebijaksanaan Hitler sebagai perdana menteri yaitu.
a). Jerman keluar dari LBB karena usahanya mengenai penambahan jumlah militer Jerman ditolak;
b). Membatalkan semua perjanjian internasionalnya, termasuk Perjanjian Versailles yang dianggapnya sangat
merugikan pihak Jerman;
c). Memperkuat armada militernya untuk merebut kembali sungai Rijn;
d). Membangun industrinya termasuk industri perang.

b. Fasisme di Italia
Setelah Perang Dunia Ke I, pemerintahan di Italia dipegang oleh Kaisar Victor Emmanuel III yang lemah, tidak tegas dan tidak disukai rakyatnya. Dalam keadaan sperti itu muncul golongan Ultra Nasionalis yang mendapat dukungan besar dari rakyat. Pada tahun 1919 golongan Ultra Nasionalis berhasil mendirikan Partai Fasis dibawah pimpinan Benito Mussolini. Tahun 1922 Mussolini berhasil merebut pemerintahan stelah berkuasa, Benito Mussolini menjalankan tugas panggilan suci yaitu mengembalikan masa kejayaan Romawi Kuno yang diberi nama Italia La Prima. Kebaktian yang mutlak kepada bangsa dan Negara menjadi prinsip dasar bagi pendidikan fasisme di Italia. Pada tahun 1922 itu Partai Fasis yang dipimpin oleh Benito Mussolini dan beranggotakan 50 ribu orang mengadakan long march ke Roma dengan tujuan menuntut Perdana Menteri Italia untuk mengundurkan diri. Raja Italia menunjuk Mussolini sebagai perdana menteri, mulailah pemerintahan dictator Mussolini ( 1922 - 1944 ).
Dengan paham fasisnya, Mussolini melaksanakan tindakan - tindakannya sebagai berikut.
a). Diadakannya perjanjian Lateran ( 1929 ) dengan Sri Paus di Roma, yang menghasilkan terbentuknya Negara
Vatikan seluas 44 ha. Selesailah soal Roma, yaitu pertentangan antara Paus dan pemerintahan Italia.
b). Untuk melaksanakan Italia Irredenta-nya , pada tahun 1934, Italia bersahabat dengan Perancis karena
khawatir terhadap kekuasaan Jerman.
c). Pada tahun 1936, Italia dapat menduduki Ethiopia sehingga Kaisar Ethiopia mengajukan protes ke LBB,
akhirnya Italia keluar dari LBB.
d). Membantu Jendral Franco dalam perang saudara di Spanol ( 1936 - 1939 ).
e). Italia menjalin kerjasama dengan Jerman untuk tidak saling mengganggu dalam mencapai cit - citanya
masing – masing.
Dalam waktu singtkat Italia dibawah Mussolini berkembang menjadi Negara kuat berpahamkan Fasisme. Mussolini yang berkuasa kemudian bertindak secara diktator seperti :
1). Mengangkat dirinya menjadi perdana menteri merangkap menjdi panglima angkatan perang;
2). Menempatkan anggota partai fasis dalam jabatan penting di pemerintahan
3). Menyingkirkan kaum oposisi dengan kekerasan senjata
4). Menghapuskan dewan perwakilan rakyat gaya lama
5). Mmebuat undang - undang berdasarkan dekrit dari pusat
6). Menghapuskan hak - hak asasi manusia
7). Melarang emigrasi, perceraian, dan pembatasan kelahiran agar jumlah penduduk bertambah cepat
8). Membatasi wewenang badan legislatif
9). Sri Paus diakui kekuasaannya sebagai kepala gereja yang berkedudukan di Vatikan
Setelah merasa kuat Mussolini segera melancarkan politik ekspansionisme dengan menyerang dan menduduki Abessinia dan Ethiopia pada tahun 1935. Untuk memperkuat kedudukannya Italia menjalin kerjasama yang erat dengan Jerman dibawah Hitler. Fasisme di Italia mempunyai kesamaan dengan Naziisme di Jerman, yaitu bersifat Ultra Nasionalisme, militerisme, antiliberalisme, diktatorisme, antiindividualisme, dan antikomunisme, bagi Fasisme berlaku semboyan semua untuk Negara. Dalam perkembangannya Fasisme kemudian menjadi penyebab meletusnya Perang Dunia ke II.

c. Fasisme di Jepang
Menurut catatan Marcopolo nama Jepang disebut Zipango yang berasal dari kata Kajipon artinya Matahari terbit. Sejak abad 6 nama itu diubah menjadi Nipong ( Nipon, Dai Nihon ). Menurut sejarah kekaisaran Jepang telah didrikan pada tahun 660 SM oleh Kaisar Tenno Jimmu. Tahun 660 ini dijadikan sebagai permulaan tarikh Jepang. Agama/kepercayaan nenek moyang bangsa Jepang disebut Syinto, artinya jalan Dewa-dewa ( syinto - dewa to - jalan ). Selaian agama syinto sejak abad 6 di Jepang telah pula menyebar agama Budha.
Di Jepang ada dua golongan bangsawan yang berpengaruh yaitu Dalmyo artinya golongan bangsawan tinggi dan Samurai artinya golongan bangsawan rendahan. Kaum Samurai ini merupakan tentara pengawal keamanan kerajaan yang berdisiplin tinggi dan setia disebut Bushido. Jika seorang samuarai melanggar Bushido ia akan menghukum dirinya dengan menikam perutnya menggunakan pedang samurai disebut hara-kiri. Pemerintahan di Jepang bersifat turun temurun secara bergantian.
Kaisar Matsuhito sebagai Kaisar Meiji dikenal memiliki jiwa Nasionalisme yang tinggi yang ingin menjadikan Jepang sebagai negara yang bersatu dan maju seperti negara-negara di Eropa. Politik isolasi Jepang menurutnya sangat merugikan Jepang dan merupakan penyebab keterbelakangan Jepang. Ia kemudian menerapkan system pemerintahan yang berparlemen seperti yang diterapkan di Negara-negara Eropa.
Untuk mempersatukan seluruh negeri Jepang. Kaisar Meiji melakukan tindakan-tindakan sebagai berikut:
a. Membentuk Dewan Perwakilan Rakyat ( Sementara ) Yang bertugas menyusun Undang Undang Dasar Jepang
( Diet/Gikay )
b. Memindahkan ibukota Jepang dari Kyoto ke Tokyo
c. Menetapkan Hinomaru ( Matahari Terbit ) sebagai bendera kebangsaan Jepang
d. Menetapkan Syintoisme sebagai agama negara Jepang
e. Menetapkan lagu kebangsaan Jepang Kimigayo
f. Membangun angkatan laut Jepang seperti Inggris dan Jerman
Disamping itu , Kaisar Meiji juga mengeluarkan pernyataan kemerdekaan tanggal 8 April 1868 yang berisikan:
a. Semua jabatan di pemerintahan terbuka untuk umum
b. Akan dibentuk DPR sebagai lembaga perwakilan untuk umum
c. Segala adapt istiadat kolot yang menghambat kemajuan Jepang dihapuskan
d. Akan dibentuk Tentara Nasional Jepang
e. Segenap rakyat Jepang wajib bersatu memajukan negara.
f. Setiap warga negara Jepang mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam pemerintahan
g. Setiap warga negara Jepang diwajibkan menambah ilmu pengetahuan sebanyak- banyaknya untuk memajukan
negara
Restorasi dalam segala bidang telah mengangkat bangsa dan negara Jepang pada puncak keunggulannya. Jepang telah menjelma menjadi Negara yang kuat dan modern. Kedudukannya sejajar dengan Negara-negara besar di Eropa. Oleh sebab itu Jepang mulai melibatkan diri dalam dunia Internasional. Beberapa factor yang mendorong Jepang menjadi Negara Imperialis baru adalah sebagai berikut:
1. Pendidikan Jepang dalam segala bidang seperti industri, perdagangan, angkatan perang, pendidikan dan
semangat patriotik. Perkembangan industri yang pesat membutuhkan daerah pemasaran dan sekaligus bahan
baku demi kelangsungan industrinya.
2. Pertambahan penduduk yang sangat pesat karena kemakmuran yang meningkat. Tahun 1872 penduduk
Jepang berjumlah 35 juta sedang tahun 1930 telah menjadi 72 juta
3. Ristriksi ( pembatasan ) Imigrasi bangsa Jepang oleh bangsa-bangsa Eropa
4. Pengaruh ajaran agama Shyinto tentang Hokko Ichi U ( Dunia sebagai satu keluarga ) menyatakan bahwa
Jepang harus menyusun dunia sebagai keluarga besar.

PROSES PERANG DUNIA KE II
B. Front Pertempuran Perang Dunia Ke II
A. Proses Perang Dunia II
Secara keseluruhan, Pedang Dunia II terbagi ke tiga Front ( Medan Pertempuran ), yaitu : Front Blok Eropa dan Front Asia Pasifik serta di Benua Afrika
Perang Dunia di Eropa terbagi ke beberapa bagian, yaitu :
a. Medan pertempuran Eropa Timur
b. Medan pertempuran Eropa Barat
c. Medan pertempuran di Semenanjung Balkan
d. Medan pertempuran di Rusia

Perang Dunia di Afrika terbagi ke satu bagian, yaitu :
a. Afrika Utara

Perang Dunia di Asia terbagi didua tempat, yaitu :
a. Asia Timur
b. Asia Tenggara


1. Medan pertempuran Perang Dunia di Eropa
1.) 1939: Invasi Polandia, Invasi Finlandia
Perang Dunia II mulai berkecamuk di Eropa dengan dimulainya serangan ke Polandia pada 1 September 1939 yang dilakukan oleh Hitler dengan gerak cepat yang dikenal dengan taktik Blitzkrieg, dengan memanfaatkan musim panas yang menyebabkan perbatasan sungai dan rawa-rawa di wilayah Polandia kering yang memudahkan gerak laju pasukan lapis baja Jerman serta mengerahkan ratusan pembom tukik yang terkenal Ju-87 Stuka. Polandia yang sebelumnya pernah menahan Uni Soviet di tahun 1920-an saat itu tidak memiliki kekuatan militer yang berarti. Kekurangan pasukan lapis baja, kekurang siapan pasukan garis belakang dan koordinasinya dan lemahnya Angkatan Udara Polandia menyebabkan Polandia sukar memberi perlawanan meskipun masih memiliki 100 pesawat tempur namun jumlah itu tidak berarti melawan Angkatan Udara Jerman "Luftwaffe". Perancis dan kerajaan Inggris menyatakan perang terhadap Jerman pada 3 September sebagai komitment mereka terhadap Polandia pada pakta pertahanan Maret 1939.
Setelah mengalami kehancuran disana sini oleh pasukan Nazi, tiba tiba Polandia dikejutkan oleh serangan Uni Soviet pada 17 September dari timur yang akhirnya bertemu dengan Pasukan Jerman dan mengadakan garis demarkasi sesuai persetujuan antara Menteri Luar Negeri keduanya, Ribentrop-Molotov. Akhirnya Polandia menyerah kepada Nazi Jerman setelah kota Warsawa dihancurkan, sementara sisa sisa pemimpin Polandia melarikan diri di antaranya ke Rumania. Sementara yang lain ditahan baik oleh Uni Soviet maupun Nazi. Tentara Polandia terakhir dikalahkan pada 6 Oktober.
Jatuhnya Polandia dan terlambatnya pasukan sekutu yang saat itu dimotori oleh Inggris dan Perancis yang saat itu dibawah komando Jenderal Gamelin dari Perancis membuat Sekutu akhirnya menyatakan perang terhadap Jerman. Namun juga menyebabkan jatuhnya kabinet Neville Chamberlain di Inggris yang digantikan oleh Winston Churchill. Ketika Hitler menyatakan perang terhadap Uni Soviet, Uni Soviet akhirnya membebaskan tawanan perang Polandia dan mempersenjatainya untuk melawan Jerman. Invasi ke Polandia ini juga mengawali praktik-praktik kejam Pasukan SS dibawah Heinrich Himmler terhadap orang orang Yahudi.
Perang Musim Dingin dimulai dengan invasi Finlandia oleh Uni Soviet, 30 November 1939. Pada awalnya Finlandia mampu menahan pasukan Uni Soviet meskipun pasukan Soviet memiliki jumlah besar serta dukungan dari armada udara dan lapis baja, karena Soviet banyak kehilangan jendral-jendral yang cakap akibat pembersihan yang dilakukan oleh Stalin pada saat memegang tampuk kekuasaan menggantikan Lenin. Finlandia memberikan perlawanan yang gigih yang dipimpin oleh Baron Carl Gustav von Mannerheim serta rakyat Finlandia yang tidak ingin dijajah. Bantuan senjata mengalir dari negara Barat terutama dari tetangganya Swedia yang memilih netral dalam peperangan itu. Pasukan Finlandia memanfaatkan musim dingin yang beku namun dapat bergerak lincah meskipun kekuatannya sedikit (kurang lebih 300.000 pasukan). Akhirnya Soviet mengerahkan serangan besar besaran dengan 3.000.000 tentara menyerbu Finlandia dan berhasil merebut kota-kota dan beberapa wilayah Finlandia. Sehingga memaksa Carl Gustav untuk mengadakan perjanjian perdamaian.
Ketika Hitler menyerang Rusia (Uni Soviet), Hitler juga memanfaatkan pejuang-pejuang Finlandia untuk melakukan serangan ke kota St. Petersburg.

2.) 1940: Invasi Eropa Barat, Republik-republik Baltik, Yunani, Balkan
Dengan tiba-tiba Jerman menyerang Denmark dan Norwegia pada 9 April 1940 melalui Operasi Weserübung, yang terlihat untuk mencegah serangan Sekutu melalui wilayah tersebut. Pasukan Inggris, Perancis, dan Polandia mendarat di Namsos, Andalsnes, dan Narvik untuk membantu Norwegia. Pada awal Juni, semua tentara Sekutu dievakuasi dan Norwegia-pun menyerah.
Operasi Fall Gelb, invasi Benelux dan Perancis, dilakukan oleh Jerman pada 10 Mei 1940, mengakhiri apa yang disebut dengan "Perang Pura-Pura" (Phony War) dan memulai Pertempuran Perancis. Pada tahap awal invasi, tentara Jerman menyerang Belgia, Belanda, dan Luxemburg untuk menghindari Garis Maginot dan berhasil memecah pasukan Sekutu dengan melaju sampai ke Selat Inggris. Negara-negara Benelux dengan cepat jatuh ke tangan Jerman, yang kemudian melanjutkan tahap berikutnya dengan menyerang Perancis. Pasukan Ekspedisi Inggris (British Expeditionary Force) yang terperangkap di utara kemudian dievakuasi melalui Dunkirk dengan Operasi Dinamo. Tentara Jerman tidak terbendung, melaju melewati Garis Maginot sampai ke arah pantai Atlantik, menyebabkan Perancis mendeklarasikan gencatan senjata pada 22 Juni dan terbentuklah pemerintahan boneka Vichy.
Pada Juni 1940, Uni Soviet memasuki Latvia, Lituania, dan Estonia serta menganeksasi Bessarabia dan Bukovina Utara dari Rumania.
Jerman bersiap untuk melancarkan serangan ke Inggris dan dimulailah apa yang disebut dengan Pertempuran Inggris atau Battle of Britain, perang udara antara AU Jerman Luftwaffe melawan AU Inggris Royal Air Force pada tahun 1940 memperebutkan kontrol atas angkasa Inggris. Jerman berhasil dikalahkan dan membatalkan Operasi Singa Laut atau Seelowe untuk menginvasi daratan Inggris. Hal itu dikarenakan perubahan strategi Luftwaffe dari menyerang landasan udara dan industri perang berubah menjadi serangan besar-besaran pesawat pembom ke London. Sebelumnya terjadi pemboman kota Berlin yang ddasarkan pembalasan atas ketidaksengajaan pesawat pembom Jerman yang menyerang London. Alhasil pilot peswat tempur Spitfire dan Huricane dapat beristirahat. Perang juga berkecamuk di laut, pada Pertempuran Atlantik kapal-kapal selam Jerman (U-Boat) berusaha untuk menenggelamkan kapal dagang yang membawa suplai kebutuhan ke Inggris dari Amerika Serikat.
Pada 27 September 1940, ditanda tanganilah pakta tripartit oleh Jerman, Italia, dan Jepang yang secara formal membentuk persekutuan dengan nama (Kekuatan Poros).
Italia menyerbu Yunani pada 28 Oktober 1940 melalui Albania, tetapi dapat ditahan oleh pasukan Yunani yang bahkan menyerang balik ke Albania. Hitler kemudian mengirim tentara untuk membantu Mussolini berperang melawan Yunani. Pertempuran juga meluas hingga wilayah yang dikenal sebagai wilayah bekas Yugoslavia. Pasukan NAZI mendapat dukungan dari sebagian Kroasia dan Bosnia, yang merupakan konflik laten di daerah itu sepeninggal Kerajaan Ottoman. Namun Pasukan Nazi mendapat perlawanan hebat dari kaum Nasionalis yang didominasi oleh Serbia dan beberapa etnis lainnya yang dipimpin oleh Josip Broz Tito. Pertempuran dengan kaum Nazi merupakan salah satu bibit pertempuran antar etnis di wilayah bekas Yugoslavia pada dekade 1990-an.

3.) 1941 : Invasi Uni Soviet
 Operasi Barbarossa dan Pertempuran Stalingrad
Operasi Barbarossa (Jerman: Unternehmen Barbarossa) adalah sebutan invasi tentara Nazi Jerman di Uni Soviet pada Perang Dunia II. Invasi ini dimulai pada tanggal 22 Juni 1941. Lebih dari 4,5 juta tentara dari kekuatan Axis Uni Soviet menyerbu sepanjang 2.900 km (1.800 mil). Perencanaan untuk Operasi Barbarossa dimulai pada tanggal 18 Desember 1940; rahasia persiapan dan operasi militer itu sendiri berlangsung hampir satu tahun, dari musim semi tahun 1940 sampai musim dingin 1941. Barbarossa adalah nama seorang Kaisar Jerman pada Abad Pertengahan. Mula-mula pasukan Adolf Hitler menang dengan taktik Blitzkrieg nya, tetapi musim dingin tiba dan ini adalah sekutu terbaik Rusia. Pasukan Jerman mampu menghancurkan pasukan-pasukan Uni Soviet namun gagal memperhitungkan kemampuan Uni Soviet untuk secara terus-menerus memperbarui dan mempersenjatai pasaukan baru. Yakin bahwa Jepang tidak akan menyerang di Timur, Stalin juga menarik pasukan Uni Soviet dari Siberia untuk mempertahankan Moskwa dan melakukan serangan balik. Pasukan Jerman dapat menekan sampai beberapa kilometer dari Moskwa, namun serangan balik Uni Soviet di tengah musim dingin akhirnya berhasil mematahkan Operasi Barbarossa. Hitler mengharapkan pukulan cepat dan tidak mempersiapkan perang yang berkelanjutan di tengah musim dingin Rusia.

Pertempuran Stalingrad, yang terjadi pada 23 Agustus 1942 hingga 2 Februari 1943, merupakan pertempuran sengit antara Jerman dan sekutunya melawan Uni Soviet, memperebutkan kota Stalingrad (yang sekarang bernama Volgograd), dalam Perang Dunia II. Pertempuran ini dianggap sebagai titik balik Perang Dunia II, dan sebagai pertempuran paling berdarah sepanjang sejarah, dimana 1,5 juta orang lebih terbunuh dari kedua pihak. Kedua pihak bertempur dengan brutal dan tidak memperdulikan korban warga sipil. Pertempuran ini terdiri dari beberapa fase, yaitu pengepungan Jerman terhadap Stalingrad, pertempuran dalam kota, serangan balik Soviet, serta pengepungan serta penghancuran kekuatan-kekuatan Poros di sekitar Stalingrad, yang ditulangpunggungi Tentara Keenam Jerman[7][8].

4.)  1944 : Invasi Normandia
Invasi Normandia, yang nama kodenya adalah Operasi Overlord, adalah sebuah operasi pendaratan yang dilakukan oleh pasukan Sekutu saat Perang Dunia II pada tanggal 6 Juni 1944. Hingga kini Invasi Normandia merupakan invasi laut terbesar dalam sejarah, dengan hampir tiga juta tentara menyeberangi Selat Inggris dari Inggris ke Perancis yang diduduki oleh tentara Nazi Jerman.
Mayoritas satuan tempur pada serangan ini adalah pasukan Amerika Serikat, Britania Raya, dan Kanada. Pasukan Kemerdekaan Perancis dan pasukan Polandia ikut bertempur setelah fase pendaratan. Selain itu, pasukan dari Belgia, Cekoslowakia, Yunani, Belanda, dan Norwegia juga turut serta.[4]
Invasi Normandia dibuka dengan pendaratan parasut dan glider pada dini hari, serangan udara dan artileri laut, dan pendaratan amfibi pagi hari, pada 6 Juni, D-Day. Pertempuran untuk menguasai Normandia berlanjut selama lebih dari dua bulan, dengan kampanye untuk menembus garis pertahanan Jerman dan menyebar dari pantai yang sudah dikuasai Sekutu. Invasi ini berakhir dengan dibebaskannya Paris, dan jatuhnya kantong Falaise pada akhir Agustus 1944.

5.) 1945 : Runtuhnya Kekuasaan Nazi Jerman
Pada akhir bulan april 1945, ibukota Jerman yaitu Berlin sudah dikepung oleh Uni Soviet dan pada tanggal 1 Mei 1945, Adolf Hitler bunuh diri dengan cara menembak kepalanya sendiri bersama dengan istrinya Eva Braun di dalam bunkernya, sehari sebelumnya Adolf Hitler menikahi Eva Braun, dan setelah mati memerintah pengawalnya untuk membakar mayatnya. Setelah menyalami setiap anggotanya yang masih setia. Pada tanggal 2 Mei, Karl Dönitz diangkat menjadi pemimpin menggantikan Adolf Hitler dan menyatakan Berlin menyerah pada tanggal itu juga. Disusul Pasukan Jerman di Italia yang menyerah pada tanggal 2 juga. Pasukan Jerman di wilayah Jerman Utara, Denmark dan Belanda menyerah tanggal 4. Sisa pasukan Jerman dibawah pimpinan Alfred Jodl menyerah tanggal 7 mei di Rheims, Perancis. Tanggal 8 Mei, penduduk di negara-negara sekutu merayakan hari kemenangan, tetapi Uni Soviet merayakan hari kemenangan pada tanggal 9 Mei dengan tujuan politik.

2.  Medan Pertempuran Perang Dunia di Afrika
 Perang di Afrika ini adalah kelanjutan Perang di Eropa

1.) 1940: Mesir dan Somaliland
Pertempuran di Afrika Utara bermula pada 1940, ketika sejumlah kecil pasukan Inggris di Mesir memukul balik serangan pasukan Italia dari Libya yang bertujuan untuk merebut Mesir terutama Terusan Suez yang vital. Tentara Inggris, India, dan Australia melancarkan serangan balik dengan sandi Operasi Kompas (Operation Compass), yang terhenti pada 1941 ketika sebagian besar pasukan Persemakmuran (Commonwealth) dipindahkan ke Yunani untuk mempertahankannya dari serangan Jerman. Tetapi pasukan Jerman yang belakangan dikenal sebagai Korps Afrika di bawah pimpinan Erwin Rommel mendarat di Libya, melanjutkan serangan terhadap Mesir.

2.) 1941: Suriah, Lebanon, Korps Afrika merebut Tobruk
Pada Juni 1941 Angkatan Darat Australia dan pasukan Sekutu menginvasi Suriah dan Lebanon, merebut Damaskus pada 17 Juni. Di Irak, terjadi penggulingan kekuasaan atas pemerintah yang pro-Inggris oleh kelompok Rashid Ali yang pro-Nazi. Pemberontakan didukung oleh Mufti Besar Yerusalem, Haji Amin al-Husseini. Oleh karena merasa garis belakangnya terancam, Inggris mendatangkan bala bantuan dari India dan menduduki Irak. Pemerintahan pro-Inggris kembali berkuasa, sementara Rashid Ali dan Mufti Besar Yerusalem melarikan diri ke Iran. Namun kemudian Inggris dan Uni Soviet menduduki Iran serta menggulingkan shah Iran yang pro-Jerman. Kedua tokoh Arab yang pro-Nazi di atas kemudian melarikan diri ke Eropa melalui Turki, di mana mereka kemudian bekerja sama dengan Hitler untuk menyingkirkan orang Inggris dan orang Yahudi. Korps Afrika dibawah Rommel melangkah maju dengan cepat ke arah timur, merebut kota pelabuhan Tobruk. Pasukan Australia dan Inggris di kota tersebut berhasil bertahan hingga serangan Axis berhasil merebut kota tersebut dan memaksa Divisi Ke-8 (Eighth Army) mundur ke garis di El Alamein.
  
3.) 1942: Pertempuran El Alamein Pertama dan Kedua
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/d/de/Crusadertankandgermantank.jpg/220px-Crusadertankandgermantank.jpg
Crusader tank Britania melewati Panzer IV Jerman yang terbakar di tengah gurun.


Pertempuran El Alamein Pertama terjadi di antara 1 Juli dan 27 Juli 1942. Pasukan Jerman sudah maju ke yang titik pertahanan terakhir sebelum Alexandria dan Terusan Suez. Namun mereka telah kehabisan suplai, dan pertahanan Inggris dan Persemakmuran menghentikan arah mereka.
Pertempuran El Alamein Kedua terjadi di antara 23 Oktober dan 3 November 1942 sesudah Bernard Montgomery menggantikan Claude Auchinleck sebagai komandan Eighth Army. Rommel, panglima cemerlang Korps Afrika Tentara Jerman, yang dikenal sebagai "Rubah Gurun", absen pada pertempuran luar biasa ini, karena sedang berada dalam tahap penyembuhan dari sakit kuning di Eropa. Montgomery tahu Rommel absen. Pasukan Persemakmuran melancarkan serangan, dan meskipun mereka kehilangan lebih banyak tank daripada Jerman ketika memulai pertempuran, Montgomery memenangkan pertempuran ini.
Sekutu mempunyai keuntungan dengan dekatnya mereka ke suplai mereka selama pertempuran. Lagipula, Rommel hanya mendapat sedikit atau bahkan tak ada pertolongan kali ini dari Luftwaffe, yang sekarang lebih ditugaskan dengan membela angkasa udara Eropa Barat dan melawan Uni Soviet daripada menyediakan bantuan di Afrika Utara untuk Rommel. Setelah kekalahan Jerman di El Alamein, Rommel membuat penarikan strategis yang cemerlang ke Tunisia. Banyak sejarawan berpendapat bahwa berhasilnya Rommel pada penarikan strategis Korps Afrika dari Mesir lebih mengesankan daripada kemenangannya yang lebih awal, termasuk Tobruk, karena dia berhasil membuat seluruh pasukannya kembali utuh, melawan keunggulan udara Sekutu dan pasukan Persemakmuran yang sekarang diperkuat oleh pasukan AS.

4.) 1942: Operasi Obor (Torch Operation), Afrika Utara Perancis
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/4/48/Torch-troops_hit_the_beaches.jpg/220px-Torch-troops_hit_the_beaches.jpg
Pasukan Sekutu mendarat, dalam serangan bernama sandi Operasi Obor.

Untuk melengkapi kemenangan ini, pada 8 November 1942 dilancarkanlah Operasi Obor (Operation Torch) dibawah pimpinan Jendral Dwight Eisenhower. Tujuan utama operasi ini adalah merebut kontrol terhadap Maroko dan Aljazair melalui pendaratan simultan di Casablanca, Oran, dan Aljazair, yang dilanjutkan beberapa hari kemudian dengan pendaratan di Bône, gerbang menuju Tunisia.
Pasukan lokal di bawah Perancis Vichy sempat melakukan perlawanan terbatas, sebelum akhirnya bersedia bernegosiasi dan mengakhiri perlawanan mereka.

5.) 1943: Kalahnya Korps Afrika
Korps Afrika tidak mendapat suplai secara memadai akibat dari hilangnya pengapalan suplai oleh Angkatan Laut dan Angkatan Udara Sekutu, terutama Inggris, di Laut Tengah. Kekurangan persediaan ini dan tak adanya dukungan udara, memusnahkan kesempatan untuk melancarkan serangan besar bagi Jerman di Afrika. Pasukan Jerman dan Italia terjepit di antara pergerakan maju pasukan Sekutu di Aljazair dan Libya. Pasukan Jerman yang sedang mundur terus melakukan perlawanan sengit, dan Rommel mengalahkan pasukan AS pada Pertempuran Kasserine Pass sebelum menyelesaikan pergerakan mundur strategisnya menuju garis suplai Jerman. Dengan pasti, bergerak maju baik dari arah timur dan barat, pasukan Sekutu akhirnya mengalahkan Korps Afrika Jerman pada 13 Mei 1943 dan menawan 250.000 tentara Axis.
Setelah jatuh ke tangan Sekutu, Afrika Utara dijadikan batu loncatan untuk menyerang Sisilia pada 10 Juli 1943. Setelah merebut Sisilia, pasukan Sekutu melancarkan serangan ke Italia pada 3 September 1943. Italia menyerah pada 8 September 1943, tetapi pasukan Jerman terus bertahan melakukan perlawanan. Roma akhirnya dapat direbut pada 5 Juni 1944.

3. Medan Pertempuran di Asia Pasifik

1.) 1937 : Perang Sino-Jepang
Konflik perang mulai di Asia beberapa tahun sesudah pertikaian di Eropa. Jepang telah menginvasi Cina pada tahun 1931, jauh sebelum Perang Dunia II dimulai di Eropa. Pada 1 Maret, Jepang menunjuk Henry Pu Yi menjadi kaisar di Manchukuo, negara boneka bentukan Jepang di Manchuria. Pada 1937, perang dimulai ketika Jepang mengambil alih Manchuria.
Roosevelt menandatangani sebuah perintah eksekutif yang tidak diterbitkan (rahasia) pada Mei 1940 yang mengijinkan personel militer AS untuk mundur dari tugas sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam operasi terselubung di Cina sebagai "American Volunteer Group" (AVG) (juga dikenal sebagai Harimau Terbang Chennault). Selama tujuh bulan, kelompok Harimau Terbang berhasil menghancurkan sekitar 600 pesawat Jepang, menenggelamkan sejumlah kapal Jepang, dan menghentikan invasi Jepang terhadap Burma. Dengan adanya tindakan Amerika Serikat dan negara lainnya yang memotong ekspor ke Jepang, maka Jepang merencanakan serangan terhadap Pearl Harbor pada 7 Desember 1941 tanpa peringatan deklarasi perang; sehingga mengakibatkan kerusakan parah pada Armada Pasifik Amerika. Hari berikutnya, pasukan Jepang tiba di Hong Kong, yang kemudian menyebabkan menyerahnya pasukan Inggris pada Hari Natal di bulan itu.

2.)  1940 : Jajahan Perancis Vichy
Pada 1940, Jepang menduduki Indocina Perancis (kini Vietnam) sesuai persetujuan dengan Pemerintahan Vichy meskipun secara lokal terdapat kekuatan Pembebasan Perancis (Forces Françaises Libres/FFL), dan bergabung dengan kekuatan Poros Jerman serta Italia. Aksi ini menguatkan konflik Jepang dengan Amerika Serikat dan Britania Raya yang bereaksi dengan memboikot kiriman minyak terhadap Jepang.

3.) 1941: Pearl Harbor, A.S. turut serta dalam perang, invasi Jepang di Asia Tenggara
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/05/Burning_ships_at_Pearl_Harbor.jpg/250px-Burning_ships_at_Pearl_Harbor.jpg
Serangan udara terhadap USS West Virginia dan USS Tennessee di Pearl Harbor.

Pada 7 Desember 1941, pesawat Jepang dikomandoi oleh Laksamana Madya Chuichi Nagumo melaksanakan serangan udara kejutan terhadap Pearl Harbor, pangkalan angkatan laut AS terbesar di Pasifik. Pasukan Jepang menghadapi perlawanan kecil dan menghancurkan pelabuhan tersebut. AS dengan segera mengumumkan perang terhadap Jepang.
Bersamaan dengan serangan terhadap Pearl Harbor, Jepang juga menyerang pangkalan udara AS di Filipina. Setelah serangan ini, Jepang menginvasi Filipina dan koloni-koloni Inggris di Hong Kong, Malaya, Borneo dan Birma dengan maksud selanjutnya menguasai ladang minyak Hindia Belanda. Seluruh wilayah ini dan daerah yang lebih luas lagi, jatuh ke tangan Jepang dalam waktu beberapa bulan saja. Markas Britania Raya di Singapura juga dikuasai, yang dianggap oleh Churchill sebagai salah satu kekalahan dan sejarah yang paling memalukan bagi Britania.

 4.) 1942 : Invasi Hindia-Belanda
Penyerbuan ke Hindia Belanda diawali dengan serangan Jepang ke Labuan, Brunei, Singapura, Semenanjung Malaya, Palembang, Tarakan dan Balikpapan yang merupakan daerah-daerah sumber minyak. Jepang sengaja mengambil taktik tersebut sebagai taktik gurita yang bertujuan mengisolasi kekuatan Hindia Belanda dan Sekutunya yang tergabung dalam front ABDA (America (Amerika Serikat), British (Inggris), Dutch (Belanda), Australia) yang berkedudukan di Bandung. Serangan-serangan itu mengakibatkan kehancuran pada armada laut ABDA khususnya Australia dan Belanda.
Sejak peristiwa ini, Sekutu akhirnya memindahkan basis pertahanannya ke Australia meskipun demikian Sekutu masih mempertahankan beberapa kekuatannya di Hindia Belanda agar tidak membuat Hindia Belanda merasa ditinggalkan dalam pertempuran ini.
Jepang mengadakan serangan laut besar-besaran ke Pulau Jawa pada bulan Februari-Maret 1942 dimana terjadi Pertempuran Laut Jawa antara armada laut Jepang melawan armada gabungan yang dipimpin oleh Laksamana Karel Doorman. Armada Gabungan sekutu kalah dan Karel Doorman gugur.
Jepang menyerbu Batavia (Jakarta) yang akhirnya dinyatakan sebagai kota terbuka, kemudian terus menembus Subang dan berhasil menembus garis pertahanan Lembang-Ciater, kota Bandung yang menjadi pusat pertahanan Sekutu-Hindia Belanda terancam. Sementara di front Jawa Timur, tentara Jepang berhasil menyerang Surabaya sehingga kekuatan Belanda ditarik sampai garis pertahanan Porong.
Terancamnya kota Bandung yang menjadi pusat pertahanan dan pengungsian membuat panglima Hindia Belanda Letnan Jendral Ter Poorten mengambil inisiatif mengadakan perdamaian. Kemudian diadakannya perundingan antara Tentara Jepang yang dipimpin oleh Jendral Hitoshi Imamura dengan pihak Belanda yang diwakili Letnan Jendral Ter Poorten dan Gubernur Jendral jhr A.W.L. Tjarda van Starkenborgh Stachouwer. Pada Awalnya Belanda bermaksud menyerahkan kota Bandung namun tidak mengadakan kapitulasi atau penyerahan kekuasaan Hindia Belanda kepada Pihak Jepang. Pada saat itu posisi Panglima tertinggi angkatan perang Hindia Belanda tidak lagi berada pada Gubernur Jendral namun diserahkan kepada Ter Poorten sehingga dilain waktu Belanda menganggap bahwa kedudukan di Hindia Belanda masih tetap sah dilanjutkan. Namun setelah Jepang mengancam akan mengebom kota Bandung akhirnya Jendral Ter Poorten setuju untuk menyerah tanpa syarat kepada Jepang.

5.) 1942: Laut Coral, Port Moresby, Midway, Guadalcanal
Pada Mei 1942, serangan laut terhadap Port Moresby, Papua Nugini digagalkan oleh pasukan Sekutu dalam Perang Laut Coral. Kalau saja penguasaan Port Moresby berhasil, Angkatan Laut Jepang dapat juga menyerang Australia. Ini merupakan perlawanan pertama yang berhasil terhadap rencana Jepang dan pertarungan laut pertama yang hanya menggunakan kapal induk. Sebulan kemudian invasi Atol Midway dapat dicegah dengan terpecahnya pesan rahasia Jepang, menyebabkan pemimpin Angkatan Laut AS mengetahui target berikut Jepang yaitu Atol Midway. Pertempuran ini menyebabkan Jepang kehilangan empat kapal induk yang industri Jepang tidak dapat menggantikannya, sementara Angkatan Laut AS kehilangan satu kapal induk. Kemenangan besar buat AS ini menyebabkan Angkatan Laut Jepang kini dalam posisi bertahan.
Namun, dalam bulan Juli penyerangan darat terhadap Port Moresby dijalankan melalui Track Kokoda yang kasar. Di sini pasukan Jepang bertemu dengan pasukan cadangan Australia, banyak dari mereka masih muda dan tak terlatih, menjalankan aksi perang dengan keras kepala menjaga garis belakang sampai tibanya pasukan reguler Australia dari aksi di Afrika Utara, Yunani dan Timur Tengah.
Para pemimpin Sekutu telah setuju mengalahkan Nazi Jerman adalah prioritas utama masuknya Amerika ke dalam perang. Namun pasukan AS dan Australia mulai menyerang wilayah yang telah jatuh, mulai dari Pulau Guadalcanal, melawan tentara Jepang yang getir dan bertahan kukuh. Pada 7 Agustus 1942 pulau tersebut diserang oleh Amerika Serikat. Pada akhir Agustus dan awal September, selagi perang berkecamuk di Guadalcanal, sebuah serangan amfibi Jepang di timur New Guinea dihadapi oleh pasukan Australia dalam Teluk Milne, dan pasukan darat Jepang menderita kekalahan meyakinkan yang pertama. Di Guadalcanal, pertahanan Jepang runtuh pada Februari 1943.

6.) 1943-45 : Serangan Sekutu di Asia Pasifik
Pasukan Australia and AS melancarkan kampanye yang panjang untuk merebut kembali bagian yang diduduki oleh Pasukan Jepang di Kepulauan Solomon, New Guinea dan Hindia Belanda, dan mengalami beberapa perlawanan paling sengit selama perang. Seluruh Kepulauan Solomon direbut kembali pada tahun 1943, New Britain dan New Ireland pada tahun 1944. Pada saat Filipina sedang direbut kembali pada akhir tahun 1944, Pertempuran Teluk Leyte berkecamuk, yang disebut sebagai perang laut terbesar sepanjang sejarah. Serangan besar terakhir di area Pasifik barat daya adalah kampanye Borneo pertengahan tahun 1945, yang ditujukan untuk mengucilkan sisa-sisa pasukan Jepang di Asia Tenggara, dan menyelamatkan tawanan perang Sekutu.
Kapal selam dan pesawat-pesawat Sekutu juga menyerang kapal dagang Jepang, yang menyebabkan industri di Jepang kekurangan bahan baku. Bahan baku industri sendiri merupakan salah satu alasan Jepang memulai perang di Asia. Keadaan ini semakin efektif setelah Marinir AS merebut pulau-pulau yang lebih dekat ke kepulauan Jepang.
Tentara Nasionalis Cina (Kuomintang) dibawah pimpinan Chiang Kai-shek dan Tentara Komunis Cina dibawah Mao Zedong, keduanya sama-sama menentang pendudukan Jepang terhadap Cina, tetapi tidak pernah benar-benar bersekutu untuk melawan Jepang. Konflik kedua kekuatan ini telah lama terjadi jauh sebelum Perang Dunia II dimulai, yang terus berlanjut, sampai batasan tertentu selama perang, walaupun lebih tidak kelihatan.
Pasukan Jepang telah merebut sebagian dari Burma, memutuskan Jalan Burma yang digunakan oleh Sekutu untuk memasok Tentara Nasionalis Cina. Hal ini menyebabkan Sekutu harus menyusun suatu logistik udara berkelanjutan yang besar, yang lebih dikenal sebagai "flying the Hump". Divisi-divisi Cina yang dipimpin dan dilatih oleh AS, satu divisi Inggris, dan beberapa ribu tentara AS, membersihkan Burma utara dari pasukan Jepang sehingga Jalan Ledo dapat dibangun untuk menggantikan Jalan Burma. Lebih ke selatan, induk dari tentara Jepang di kawasan perang ini berperang sampai terhenti di perbatasan Burma-India oleh Tentara ke-14 Inggris yang dikenal sebagai "Forgotten Army", yang dipimpin oleh Mayor Jendral Wingate yang kemudian melancarkan serangan balik dan berhasil dengan taktik gerilyanya yang terkenal dan bahkan dijadikan acuan bagi Tentara dan Pejuang Indonesia pada tahun 1945–1949. Setelah merebut kembali seluruh Burma, serangan direncanakan ke semenanjung Malaya ketika perang berakhir.

7.) 1945: Iwo Jima, Okinawa, bom atom, penyerahan Jepang
Perebutan pulau-pulau seperti Iwo Jima dan Okinawa oleh pasukan AS menyebabkan Kepulauan Jepang berada dalam jangkauan serangan laut dan udara Sekutu. Di antara kota-kota lain, Tokyo dibom bakar oleh Sekutu, dimana dalam penyerangan awal sendiri ada 90.000 orang tewas akibat kebakaran hebat di seluruh kota. Jumlah korban yang tinggi ini disebabkan oleh kondisi penduduk yang padat di sekitar sentra produksi dan konstruksi kayu serta kertas pada rumah penduduk yang banyak terdapat di masa itu. Tanggal 6 Agustus 1945, bomber B-29 "Enola Gay" yang dipiloti oleh Kolonel Paul Tibbets, Jr. melepaskan satu bom atom Little Boy di Hiroshima, yang secara efektif menghancurkan kota tersebut.
Pada tanggal 8 Agustus 1945, Uni Soviet mendeklarasikan perang terhadap Jepang, seperti yang telah disetujui pada Konferensi Yalta, dan melancarkan serangan besar terhadap Manchuria yang diduduki Jepang (Operasi Badai Agustus). Tanggal 9 Agustus 1945,pesawat bomber jenis Boeing B-29 Superfortress "Bock's Car" yang dipiloti oleh Mayor Charles Sweeney melepaskan satu bom atom Fat Man di Nagasaki.
Kombinasi antara penggunaan bom atom dan keterlibatan baru Uni Soviet dalam perang merupakan faktor besar penyebab menyerahnya Jepang, walaupun sebenarnya Uni Soviet belum mengeluarkan deklarasi perang sampai tanggal 8 Agustus 1945, setelah bom atom pertama dilepaskan. Jepang menyerah tanpa syarat pada tanggal 14 Agustus 1945, menandatangani surat penyerahan pada tanggal 2 September 1945 di atas kapal USS Missouri di teluk Tokyo.
 1939
September 1939
1: Penyerangan Polandia dimulai pukul 4:40 pagi dengan Luftwaffe Jerman menyerang sejumlah target di Paolandia dengan nama Blitzkrieg atau Perang Kilat. Luftwaffe melancarkan serangan udara di Krakow, Lodz, dan Warsawa.
1: Norwegia, Swiss dan Finlandia mengumumkan kenetralannya.
1: Britania Raya dan Perancis mengumumkan ultimatum terhadap Jerman, memaksa tentara Jerman keluar dari teritori Polandia; Mussolini mengumumkan kenetralan Italia; juga Irlandia; pemerintah Swiss memerintahkan mobilisasi terhadap pasukannya.
2: Peraturan Angkatan Nasional (Angkatan Bersenjata) (1939), dinyatakan semua lelaki antara 18 dan 41 tahun tidak bertanggung jawab atas wajib militer yang diumumkan melalui Parlemen Britania.
2: Kota Bebas Danzig dianeksasi oleh Jerman.
3: Pukul 11:15 pagi Waktu Musim Panas Britania (BST), Perdana Menteri Britania, Neville Chamberlain, mengumumkan melalui BBC Radio bahwa ultimatum terakhir Britania untuk penarikan tentara Jerman dari Polandia berakhir pada 11:00 pagi dan "bangsa tersebut sedang berperang dengan Jerman". Pukul 12:30 BST, Pemerintah Perancis mengirim ultimatum akhir juga; yang berakhir pada 3:00 sore BST. Australia, India, dan Selandia Baru juga mengumumkan perang terhadap Jerman.
3: Beberapa jam setelah pengumuman perang Britania, SS Athenia, sebuah kapal pesiar Britania dari Glasgow menuju Montreal ditenggelamkan oleh U-30 250 mil baratlaut Irlandia. 112 penumpang dan kru tewas.
4: Pada serangan pertama Britania, Angkatan Udara Kerajaan melancarkan serangan terhadap armada Jerman di Teluk Heligoland. Mereka menargetkan Admiral Scheer yang berada di lepas pantai Wilhelmshaven di ujung barat Kanal Kiel. Beberapa pesawat hilang dalam serangan itu dan meskipun kapal Jerman terkena serangan tiga kali, semua bom gagal meledak.
4: Jepang mengumumkan kenetralan terhadap situasi di Eropa. Amerika Serikat juga mengumumkan hal yang sama keesokan harinya.
5: Perdana Menteri Afrika Selatan Barry Herzog tidak berhasil mengumpulkan dukungan untuk kenetralan Afrika Selatan dan digantikan oleh Jan Smuts.
6: Afrika Selatan mengumumkan perang terhadap Jerman.
6: Pertempuran Sungai Barking (sebuah insiden penembakan sekutu menyebabkan peristiwa pilot pesawat tempur RAF pertama pada perang itu).
6: Satu elemen pasukan Jerman menduduki Krakow di selatan Polandia; pasukan Polandia mundur.
7: Perancis mulai menyerang, maju hingga teritori Jerman dekat Saarbrücken.
7: Peraturan Registrasi Negara (1939) disahkan di Britania, memperkenalkan kartu identitas dan membolehkan pemerintah mengatur buruh.
8: Pemerintah Britania mengumumkan perkenalan ulang sistem konvoi untuk kapal dan blokade berskala besar pada perkapalan Jerman.
9: Serangan Saar Perancis terhambat di Hutan Warndt yang memiliki banyak ranjau dan jaraknya sekitar 8 mil dari teritori Jerman berpengawasan ringan.
10: Kanada mengumumkan perang terhadap Jerman,
11: Raja Muda India Lord Linlithgow mengumumkan kepada dua Badan Perancang UU India (Dewan Negara dan Majelis Legislatif) bahwa selama partisipasi India pada perang itu, rencana untuk Federasi India dibawah Peraturan Pemerintah India 1935 akan ditunda tak terbatas.
12: Jenderal Gamelin memerintahkan penghalangan terhadap penyerangan Perancis ke Jerman.
16: Pasukan Jerman menyelesaikan pengepungan Warsawa.
17: Uni Soviet menyerang Polandia dari timur, menduduki teritori di timur jalur Curzon juga Białystok dan Galicia Timur.
18: Presiden Polandia Ignacy Moscicki dan Komandan Pimpinan Edward Rydz-Smigly meninggalkan Polandia ke Rumania, dimana mereka diasingkan; tentara Rusia mencapai Vilna dan Brest-Litovsk. Kapal selam Polandia keluar dari Tallinn - kenetralan Estonia dipertanyakan oleh Uni Soviet dan Jerman.
19: Pasukan Jerman dan Soviet terhubung dekat Brest Litovsk.
20: U-27 ditenggelamkan oleh kapal perusak Britania HMS Fortune dan HMS Forester.
21: Perdana Menteri Rumania Armand Călinescu dibunuh oleh Pasukan Besi, sebuah grup fasis pro-Nazi.
25: Pengukuran front depan Jerman dimulai dengan menjatahkan makanan.
26: Setelah pengeboman artileri besar-besaran, Jerman melancarkan serangan infanteri besar di pusat Warsawa.
27: Pada operasi penyerangan pertama oleh Pasukan Jerman di Eropa Barat, senjata di Jalur Siegfried dibuka di desa-desa di belakang Jalur Maginot Perancis.
28: Traktat Perbatasan dan Persahabatan Jerman-Soviet ditandatangani oleh Molotov dan Ribbentrop. Protokol rahasia ini menjelaskan pembagian Polandia yang tercantum dalam Pakta Molotov-Ribbentrop (23 Agustus 1939) dan memasukkan Lithuania ke Uni Soviet.
28: Pasukan yang tersisa di pusat Warsawa menyerah kepada Jerman.
29: Estonia menandatangani sebuah Persetujuan Bantuan Balasan dengan uni Soviet, yang membolehkan tentara Soviet memasuki Estonia; Polandia dibagi antara Jerman dan Uni Soviet.
30: Kapal perang kecil Jerman Admiral Graf Spee menenggelamkan kapal pertamanya, kapal kargo Clement milik Britania ketika berada di lepas pantai Pernambuco, Brazil.

Oktober 1939
1: Pemecah kode Polandia membawa mesin Enigma pertama ke Paris.
2: RAF menyebarkan selebaran propaganda di Berlin.
3: Pasukan Britania bergerak ke perbatasan Belgia, mencegah invasi Jerman ke Barat.
5: Sebuah perjanjian juga ditandatangani dengan Latvia dan memberikan Rusia akses ke pangkalan udara.
6: Pasukan Cina mengalahkan Jepang pada pertempuran Changsha.
6: Pemberontak Polandia di Kampanye September Polandia berakhir. Hitler berbicara sebelum Reichstag, mengumumkan keinginan untuk berkonferensi dengan Britania dan Perancis untuk berdamai.
9: Hitler membuat perintah (Rencana Kuning) untuk persiapan penyerangan ke Belgia, Perancis, Luksemburg, dan Belanda.
10: Militer Polandia terakhir menyerah kepada Jerman.
10: Pemimpin angkatan laut Jerman menyarankan Hitler menduduki Norwegia.
10: Perdana Menteri Britania Chamberlain menolak Hitler berdamai.
11: Diperkirakan 158.000 tentara Britania berada di Perancis pada waktu itu.
12: Adolf Eichmann mulai mendeportasikan kaum Yahudi dari Austria dan Cekoslovakia ke Polandia.
12: Petinggi Perancis Daladier menolak Hitler berdamai.
12: Dewan Finlandia bertemu Stalin dan Molotov di Moskow. Uni Soviet meminta Finlandia menyerahkan basis militer dekat Helsinki dan bertukar sejumlah teritori Soviet dan Finlandia untuk menjaga Leningrad dari Britania Raya atau ancaman masa depan Jerman.
14: Kapal perang Britania HMS Royal Oak tenggelam di pelabuhan Scapa Flow oleh U-47, dibawah pimpinan Gunther Prien.
14: Finlandia bertemu Stalin. Stalin mengatakan bahwa "sebuah kecelakaan" dapat terjadi antara tentara Finlandia dan Soviet, bila negosiasi terlalu lama.
16: Serangan udara pertama di Britania Raya, ditujukan kepada kapal-kapal di Firth of Forth, Skotlandia.
19: Sebagian Polandia diserahkan kepada Jerman; perkampungan Yahudi pertama didirikan di Lublin.
20: "Perang Palsu": Tentara Perancis menetap di asrama dan terowongan jalur Maginot; Britania membangun pertahanan baru di sepanjang "celah" antara jalur Maginot dan Channel.
27: Paus Pius XII membuat surat berisi kutukan terhadap rasisme dan kediktatoran.
27: Belgia mengumumkan bahwa mereka netral pada konflik tersebut.
30: Pemerintah Britania menyelesaikan laporan kamp konsentrasi yang dibangun di Eropa untuk kaum Yahudi dan anti-Nazi.

November 1939
1: Sebagian Polandia, termasuk Koridor Danzig, dianeksasi oleh Jerman. Uni Soviet menganeksasi wilayah timur yang diduduki Polandia hingga Ukraina dan Belarusia.
3: Finlandia dan Uni Soviet bernegosiasi mengenai perbatasan baru. Finlandia tidak mempercayai tujuan Stalin dan menolak memberi teritori yang melewati garis pertahanan mereka.
4: Peraturan Kenetralan AS disahkan: Perancis dan Britania dapat membeli persenjataan, tetapi pada basis keuangan yang dibatasi. Pengisolasi Amerika menganggap peraturan itu "biadab."
4: Kaum Yahudi Warsawa (sekitar 400.000 orang) dipindahkan ke perkampungan Yahudi.
8: Hitler lolos dari ledakan bom di beerhall Munich, ketika ia berpidato pada perayaan beerhall putsch tahun 1923. Pengebom Britania kebetulan sedang menyerang Munich.
13: Negosiasi antara Finlandia dan Uni Soviet berakhir. Finlandia mengetahui bahwa Jerman dan Rusia setuju memasukkan Finlandia ke dalam wilayah Soviet.
13: Bom pertama dijatuhkan di Britania – di Kepulauan Shetland – dengan sedikit kerusakan.
14: Pemerintah terusir Polandia pindah ke London.
17: IRA disalahkan atas bom yang diledakkan di London.
20: Luftwaffe dan U-Boat Jerman meranjau muara Thames.
23: Kaum Yahudi Polandia diperintahkan mengenakan penutup lengan Bintang Daud.
24: Jepang mengumumkan pendudukan Nanning di selatan Cina.
26: Soviet mengebom Mainila, pasukan Soviet mengebom sebuah lapangan dekat perbatasan Finlandia, menyebabkan tentara Finlandia menyerang tentara Soviet.
29: USSR memutuskan hubungan diplomatik dengan Finlandia.
30: Uni Soviet menginvasi Finlandia dan dikenal sebagai Perang Musim Dingin.

Desember 1939
1: Rusia melanjutkan perangnya melawan Finlandia, Helsinki dibom. Pada dua minggu pertama bulan itu, Finlandia mundur hingga jalur Mannerheim, sebuah jalur pertahanan kuno di dalam perbatasan selatan dengan Rusia.
2: Persyaratan Britania untuk tentara meningkat untuk laki-laki berusia 19 hingga 41 tahun.
5: Penyerang Rusia memulai serangan besar terhadap jalur Mannerheim.
7: Italia mengumumkan lagi kenetralannya. Norwegia, Swedia, dan Denmark juga mengumumkan kenetralannya pada pertempuran Rusia-Finlandia.
11: Rusia dikalahkan oleh beberapa taktik pengalahan oleh pasukan Finlanfia.
13: Pertempuran River Plate, lepas pantai Montevideo, Uruguay. Sebuah skuadron kapal Britania menyerang Admiral Graf Spee
14: Graf Spee mundur hingga pelabuhan Montevideo, rusak parah.
15: USSR dikeluarkan dari Liga Bangsa-Bangsa.
17: Admiral Graf Spee dipaka oleh Hukum Internasional meninggalkan pelabuhan Montevideo; ditenggelamkan di luar pelabuhan. Kapten Hans Langsdorff diasingkan tetapi pada usia 20 tahun bunuh diri.
18: Tentara kanada pertama tiba di Eropa.
27: Tentara India pertama tiba di Perancis.
28: Penjatahan daging dimulai di Britania.
29: Ketika tahun berakhir, Finlandia terus meraih sukses melawan penjajah, sambil menawan sejumlah orang dan kendaraan.

Agustus
23 : Pakta Molotov-Ribbentrop, sebuah perjanjian non-agresi, ditandatangani antara Nazi Jerman dan Uni Soviet dengan rencana rahasia untuk divisi Eropa Timur - pendudukan bersama Polandia dan pendudukan Soviet terhadap Negara Baltik dan Bessarabia. Protokol ini memberi Hitler lampu hijau untuk penyerangan ke Polandia, yang dimulai tanggal 1 September 

1940
Januari 1940
2: Pertahanan Rusia di Finlandia dihalang oleh beberapa pejuang Finlandia; beberapa tank Rusia dihancurkan, dan pertahanan Rusia jatuh.
7: Penjatahan makanan pokok diresmikan di Britania.
7: Kemenangan besar Finlandia di Suomussalmi; satu divisi Rusia dihancurkan, dan beberapa kendaraan militer dilucuti.
16: Dokumen penangkapan menyatakan rencana Hitler untuk invasi Skandinavia dan penundaan invasi ke Perancis dan Negara Hilir hingga Musim Semi, ketika cuaca lebih cocok untuk penyerangan.
17: Rusia semakin mundur di Finlandia dan diserang oleh sejumlah angkatan udara.
21: Sebuah U-Boat menenggelamkan kapal perusak Britania HMS Exmouth; 135 kru tenggelam.
24: Reinhard Heydrich ditunjuk oleh Goering sebagai solusi "pertanyaan Yahudi."
27: Jerman membuat rencana akhir untuk penyerangan ke Denmark dan Norwegia.

Februari 1940
1: Diet Jepang mengumumkan rekor pendapatan tertinggi dengan setengah pengeluarannya untuk militer.
5: Britania dan Perancis memutuskan berunding di Norwegia untuk memutuskan perdagangan bujih besi dengan tujuan mencegah pendudukan Jerman dan membuka rute untuk menyerang Finlandia. Operasi ini dimulai sekitar tanggal 20 Maret.
9: Erich von Manstein ditugaskan menjadi pemimpin Korps Bersenjata XXXIII Jerman, memindahkannya dari perencanaan invasi ke Perancis.
10: USSR setuju untuk menyediakan gandum dan material berat ke Jerman pada sebuah persetujuan perdagangan baru.
14: Pemerintah Britania meminta sukarelawan berjuang di Finlandia.
15: Pasukan Soviet menduduki Summa, sebuah titik pertahanan terpenting di Finlandia, dan melewati Jalur Mannerheim.
15: Hitler memerintahkan perang kapal selam tak terbatas.
16: Kapal perusak Britania HMS Cossack memindahkan 303 POW Britania dari angkutan Altmark Jerman di perairan teritori netral Norwegia.
17: Finlandia terus mundur dari jalur Mannerheim.
17: Manstein memperkenalkan kepada Hitler rencananya menyerang Perancis melalui hutan Ardennes.
21: Jenderal Nikolaus von Falkenhorst ditugaskan untuk penyerangan Jerman ke Norwegia.
23: Rusia melanggar perjanjian damai dengan Finlandia, termasuk tunduknya sejumlah teritori geografi.
24: Rencana Manstein untuk penyerangan Jerman ke Perancis dan Negara Hilir disetujui.
27: Finlandia mundur hingga ke utara.

Maret 1940
1: Hitler mengarahkan jenderalnya dalam perencanaan penyerangan ke Denmark dan Norwegia.
3: Soviet mulai menyerang Viipuri, kota terbesar kedua Finlandia, dan jalur pertahanan terakhir Finlandia.
5: Finlandia menyatakan kepada Soviet bahwa mereka setuju mengakhiri perang. Keesokan harinya mereka mengirim utusan ke Moskow untuk merencanakan persetujuan damai.
12: Di Moskow, Finlandia menandatangan persetujuan damai dengan Uni Soviet setelah 105 hari koflik. Finlandia dipaksa menyerahkan teritori signifikan dengan balasan kemerdekaan.
16: Penyerangan udara Jerman di Scapa Flow menyebabkan kematian warga sipil pertama Britania.
18: Hitler dan Mussolini bertemi di celah Brenner di perbatasan Austria; Mussolini setuju dengan Hitler bahwa Italia akan memasuki perang "dalam waktu yang ditentukan".
21: Paul Reynaud menjadi Perdana Menteri Perancis setelah pengunduran diri Daladier di hari sebelumnya.
28: Britania dan Perancis membuat perjanjian formal bahwa kedua negara akan mencari perdamaian dengan Jerman.
30: Jepang membuat sebuah rezim boneka di Nanking, Cina, dibawah Wang Jingwei.

April 1940
1: Petinggi Polandia dibunuh oleh USSr di Katyn.
3: Komite Pertahanan Kementerian, dengan Pemimpin Laksamana Pertama (Winston Churchill) di kursinya, menggantikan posisi kementerian Lord Chatfield sebagai Menteri untuk Pengarahan Keamanan.
4: Hitler memberikan dukungan untuk penyerangan ke Norwegia dan Denmark.
5: Chamberlain membuat sebuah pernyataan bahwa Hitler "tertinggal bus".
8: Peranjauan perairan Norwegia oleh Sekutu dilakukan.
9: Jerman menyerang Denmark dan Norwegia; Denmark menyerah. Jerman mendarat di beberapa pelabuhan Norwegia dan menduduki Oslo; pasukan Norwegia secara langsung menyerah. Britania memulai Kampanye Norwegia mereka.
10: Jerman membuat sebuah pemerintahan Norwegia dibawah Vidkun Quisling, mantan menteri perang.
11: Pertempuran Narvik Pertama, kapal perusak dan pesawat Britania berhasil membuat serangan mendadak terhadap kapal-kapal besar Jerman. Serangan kedua pada 13 April juga merupakan keberhasilan Britania.
12: Tentara Britania menduduki Kepulauan Faroe Denmark.
13: Tentara Britania dan Perancis mulai mendarat di Namsos dan Harstad di Norwegia.
14: Kode Enigma dipecahkan oleh grup orang pintar di Taman Bletchley di England.
15: Tentara Britania mendarat di Narvik, Norwegia.
16: Pendaratan Britania lainnya di Norwegia, khususnya di Trondheim, pendudukan Trondheim berlanjut hingga tanggal 22.
27: Tentara Britania meninggalkan Norwegia.

Mei 1940
1: Sekutu mulai mengosongkan pelabuhan Norwegia; berlanjut hingga Juni.
5: Pemerintah terusir Norwegia dibentuk di London.
8: Perdaa Menteri Neville Chamberlain mengundurkan diri setelah mempermalukan pemilihan di Balai Umum.
9: Persyaratan di Britania diperpajnang hingga usia 36 tahun.
10: Jerman menyerang Belgia, Perancis, Luksemburg dan Belanda; Winston Churchill menjadi Perdana Menteri Britania Raya setelah pengunduran diri Neville Chamberlain. Britania Raya menyerang Islandia.
10: Belgia mengumumkan keadaan darurat. Churchill dipanggil untuk membentuk sebuah pemerintahan koalisi masa perang.
10: Pertahanan besar-besaran Jerman terhadap Front barat: Penyerangan ke Belgia, Belanda, dan Perancis dimulai. Pada masa itu, tentara Jerman menduduki benteng Belgia Eben Emael.
11: Luksemburg diduduki.
11: Churchill menawarkan bekas Kaiser Wilhelm II, yang tinggal di Belanda sebuah pengungsian di Britania Raya; ia menolak.
12: Belgia meledakkan semua jembatan di Sungai Meuse untuk menghalang penyerangan Jerman.
13: Pemerintah terusir Belanda dibentuk di London.
13: Korps Panzer Jenderal Heinz Guderian memasuki Sedan, Perancis.
13: Ratu Wilhelmina dari Belanda terbang menuju pengungsiannya di Britania Raya.
13: Churchill berpidato di Balai Umum dengan topik "darah, kerja keras, air mata, dan keringat".
14: Pembentukan Sukarelawan Pertahanan Lokal; (Penjaga Tanah Air) diumumkan oleh Sekretaris Negara untuk Perang Anthony Eden. Kebanyakan beranggotakan orang yang masih muda dan pensiunan.
14: Rotterdam dibom oleh Lufwaffe, menyebabkan banyak kematian warga sipil dan kerusakan yang parah. Belanda memutuskan untuk menyerah dengan pengecualian terhadap Zealand.
14: Churchill meminta Presiden Roosevelt dan Kanan untuk bantuan pada masa-masa kelam itu. Koalisi Britania baru, yang meliputi anggota Partai Buruh, Liberal, dan Konservatif, dibuat umum.
15: Penyerahan pasukan Belanda ditandatangani.
16: Churchill mengunjungi Paris dan mendengar bahwa perang Perancis semakin baik semakin berakhir; Britania Raya berdiri sendiri di Eropa.
17: Jerman memasuki Brussels dan juga menduduki Antwerp.
17: Paul Reynaud membentuk pemerintahan Perancis baru, termasuk Marsekal Pétain berusia 84 tahun, pahlawan Perancis pada Perang Dunia I.
18: Maxime Weygand menggantikan Maurice Gamelin sebagai pemimpin angkatan bersenjata Perancis.
19: Amiens, Perancis diduduki oleh tentara Jerman; pasukan Rommel mengepung Arras; pasukan Jerman lainnya mencapai Noyelles di Channel.
20: Grup Panzer Jenderal Guderian menduduki Abbéville, mengancam pasukan Sekutu di daerah tersebut.
23: Oswald Mosley, pemimpin fasis pra-perang britania, dipenjara; ia dan istrinya akan menghabiskan waktunya di penjara.
24: Britania membuat keputusan akhir untuk mengakhiri operasi di Norwegia.
25: Pasukan Sekutu, Britania dan Perancis, mundur ke Dunkirk. Hitler secara misterius memerintahkan penghalangan terhadap serangan Jerman kepada kepala pesisir pantai Sekutu.
25: Pengeboman Luftwaffe menyebar di England.
25: Boulogne-sur-Mer tunduk kepada Jerman.
26: Calais tunduk kepada Jerman.
26: Operasi Dynamo, evakuasi 340.000 tentara sekutu dari Dunkirk, dimulai. Pemindahan berakhir tanggal 3 Juni.
28: Belgia menyerah kepada jerman; Raja Leopold III menyerah dan diasingkan.
30: Pertemuan Kabinet Britania Darurat: Churchill memenangkan pemilihan untuk melanjutkan perang, menentang pernyataan oleh Lord Halifax dan Chamberlain.
31: Jepang mengebom ibukota Partai Nasionalis Chungking, di hulu Yangtse.

Juni 1940
Tentara berbaris untuk pindah dari Dunkirk
2: Pasukan terakhir Britania du Norwegia pulang; kerusakan yang dialami kedua sisi cukup parah.
3: Hari terakhir Operasi Dynamo. 224.686 tentara Britania dan 121.445 tentara Perancis dan Belgia telah dievakuasi.
3: Jerman mengebom Paris.
7: Kapal Jerman Gneisenau dan Schanhort menenggelamkan kapal pengangkut pesawat HMS Glorious dan dua kapal perusak di lepas pantai Norwegia; kapal Britania tidak memiliki penjaga udara.
10: italia mengumumkan perang terhadap Perancis dan Britania Raya: Norwegia menyerah. Raja Haakon terbang ke pegunungan dan dievakuasi dari Britania.
11: Pemerintah Perancis melarikan diri ke Tours.
13: Paris diduduki tentara Jerman; pemerintah Perancis pindah lagi, kali ini ke Bordeaux.
16: Philippe Pétain menjadi petinggi Perancis setelah pengunduran diri pemerintahan Reynaud.
17: Tenggelamnya kapal pesiar RMS Lancastria di lepas pantai St Nazaire ketika digunakan sebagai kapal tentara Britania—bencana maritim terburuk Britania sejak Perang Inggris-Belanda.
18: Jenderal De Gaulle membentuk Comité Français de la Libération Nationale, sebuah pemerintah terusir Perancis; Estonia, Latvia dan Lithuania diduduki Uni Soviet.
21: Negosiasi gencatan senjata Perancis-Jerman dimulai di Compiegne.
22: Gencatan senjata Perancis-Jerman ditandatangani.
24: Gencatan senjata Perancis-Italia ditandatangani.
25: Perancis secara resmi menyerah kepada Jerman pukul 0:35.
28: Jenderal De Gaulle diakui oleh Britania sebagai pemimpin Perancis Merdeka.
28: Italo Balbo, penerbang Italia terkenal di dunia, tidak sengaja tewas karena tembakan anti-pesawat Italia di Tobruk, Libya.
30: Jerman menyerang Kepulauan Channel.

Juli 1940
1: Pendudukan Kepulauan Channel berhasil oleh pasukan Jerman; pemerintah Perancis pindah ke Vichy.
1: Marsekal Rodolfo Graziani menjadi kepala pasukan Italia di Afrika utara.
2: Hitler memerintahkan persiapan rencana penyerangan ke Britania, dengan kode Operasi Sealion.
3: Cardiff dibom oleh Luftwaffe untuk pertama kalinya.
4: Penghancuran armada Perancis di Mers-el-Kébir, Aljazair oleh Angkatan Laut Kerajaan; pemerintah Perancis Vichy memutuskan hubungan diplomatik dengan Britania sebagai protes. Di Alexandria, Perancis setuju untuk membebaskan kapal perang Lorraine dan beberapa kapal kecil dari kekuasaan militer.
4: Italia melanjutkan penyerangannya ke Somaliland, Afrika Timur.
4: Bangsawan Windsor (dinodai oleh kecurigaan pro-Nazi) ditunjuk sebagai gubernur Bahama, menjauhkannya dari berbagai kontroversi.
5: Rumania meletakkan dirinya di jalur Axis.
10: Pertempuran Britania dimulai dengan razia Luftwaffe terhadap perkapalan di kanal.
10: Presiden Roosevelt meminta Kongres untuk mempersiapkan pasukan dalam jumlah besar.
11: Razia RAF terhadap kedudukan musuh di Belanda dan pabrik persenjataan Jerman.
12: Serangan Luftwaffe di Wales dan Skotlandia.
16: Hitler memberikan pasukannya arahan untuk penyerangan ke Britania Raya, Operasi Sealion.
21: Pemerintah terusir Cekoslovakia tiba di London. USSR secara formal menganeksasi negara-negara Baltik - Lithuania, Latvia, dan Estonia.
22: Konferensi Havana diselenggarakan; negara-negara di belahan barat bertemu untuk membicarakan kenetralan dan kerjasama ekonomi.
22: Fumimaro Konoye diangkat sebagai Perdana Menteri Jepang.
23: "Penjaga Tanah Air" Britania: secara resmi dibentuk, menutup kesempatan lelaki yang muda dan yang dianggap tidak pantas melayani angkatan bersenjata reguler.
25: Semua wanita dan anak-anak diperintahkan keluar dari Gibraltar.

Agustus 1940
1: Hitler menetapkan 15 September sebagai tanggal Operasi Sealion, penyerangan ke Britania.
2: Jenderal De Gaulle dihukum mati tanpa kehadiran oleh pengadilan militer Perancis.
4: Pasukan Italia dibawah Jenderal Guglielmo Nasi menyerang Somaliland Britania selama Kampanye Afrika Timur.
5: Cuaca buruk di Channel menyebabkan penundaan penyerangan ke Britania Raya.
13: "Adler Tag" atau "Hari Elang". Goering memulai penyerangan dua minggu terhadap pangkalan udara Brutania dengan persiapan untuk invasi. (Bagi sejumlah sejarawan Jerman, ini adalah awal "Pertempuran Britania."
14: Ilmuwan Britania, Sir Henry Tizard, pergi ke Amerika Serikat dalam Misi Tizard, memberikan Amerika beberapa teknologi rahasia Britania termasuk magnetron, alat rahasia di jantung radar. Radar telah membantu pertahanan Britania.
14: Pertukaran kapal perusak/basis antara AS dan Britania berjalan.
15: Kemenangan RAF atas Luftwaffe berlanjut, pada sebuah pertempuran luas di sepanjang pantai Timur.
15: Tenggelamnya kapal Elli milik Yunani oleh kapal selam Italia tanggal 15 Agustus 1940 di pelabuhan Tinos (lihat artikel yang cocok).
16: Pertempuran Britania berlanjut; Jerman kehilangan 76 pesawatnya, sementara Britania 35 pesawat.
16: Draf pertama perdagangan kapal eprusak/basis oleh AS dan Britania dijadikan umum.
17: Hitler mengumumkan blokade Kepulauan Britania.
18: Pertempuran hebat di Pertempuran Britania; 67 pesawat Jerman ditembak jatuh.
19: Pasukan Italia menduduki Berbera, ibukota Somaliland Britania, yang menyelesaikan penyerangan ke koloni Britania. Setelah mencaplok Somaliland Britania, Italia memulai sejumlah razia lintas-perbatasan kecil ke Sudan dan Kenya Britania.
20: Italia mengumumkan blokade terhadap pelabuhan Britania di wilayah Mediterania.
20: Pidato Churchill di Balai Umum: "Tidak pernah dimiliki sebanyak ini oleh sejumlah itu untuk beberapa."
22: Jerman menyerang Dover dan wilayah pesisir terdekat dengan artileri jarak jauh.
24: Pesawat Jerman secara tidak sengaja mengebom London, dan memutuskan masa depan Pertempuran Britania.
25: Churchill memerintahkan pengeboman Berlin sebagai balasan pengeboman malam di London.
26: Kedua London dan Berlin dibom, Berlin untuk pertama kalinya.
30: Pengeboman England berlanjut; London dibom lagi sebagai balasan pengeboman Berlin; dan, menjadi awal "Serangan London."
31: Serangan Luftwaffe terhadap pangkalan udara Britania berlanjut, juga London.

September 1940
1: Kaum Yahudi Jerman diperintahkan mengenakan bintang kuning sebagai pengenalan.
2: Perjanjian Kapal Perusak untuk Basis selesai. Britania mendapat 50 kapal perusak dengan balasan memberikan Amerika Serikat izin tanah di berbagai wilayah Britania untuk pendirian basis laut dan udara AS, dengan penyewaan gratis selama sembilan puluh sembilan tahun.
3: Hitler menunda penyerangan ke Britania, karena Luftwaffe gagal menerobos pertahanan Britania. Kekhawatiran invasi berikutnya berlanjut, bagaimanapun, untuk menghantui Britania.
6: Raja Carol turun tahta setelah dijatuhkan anaknya Michael sementara pengaturan pemerintah diambil alih oleh Marsekal Antonescu.
7: Dalam salah satu salah penghukuman besar perang, Luftwaffe memindahkan perhatiannya Ke London, jauh dari pangkalan udara RAF. Kesuksesan dicapai dengan sekitar 2.000 warga sipil tewas. Kota-kota Britania lainnya juga diserang.
10: Operasi Sealion ditetapkan pada tanggal 24 September.
13: Pasukan kolonial Italia di Libya dibawah Jenderal Rodolfo Graziani melintasi perbatasan mesir (dari Benteng Capuzzo, di dalam perbatasan Libya) dan menetapkan Kampanye Gurun Barat. Tujuannya adalah mengambil alih Terusan Suez. Lima divisi Italia menyerang sekitar 95 km menuju Sidi Barrani dan mendirikan berbagai kamp militer.
14: Operasi Sealion ditunda hingga 27 September, hari terakhir pada bulan itu dengan suasana yang cocok untuk penyerangan.
15: Penerbangan pengeboman Jerman besar-besaran di kota-kota England; kebanyakan dikendalikan. RAF mulai mengklaim kemenangan pada Pertempuran Britania.
16: Peraturan Pelatihan dan Agen Terpilih 1940 memperkenalkan wajib militer masa damai pertama (kali ini untuk lelaki antara 21 dan 35 tahun) sepanjang sejarah Amerika Serikat.
16: Italia meraih kemenangan di perbatasan Libya/Mesir, pertama di Sollum, kemudian Sidi Barrani. Keduanya terletak enam puluh mil di dalam Mesir. Britania, menurut rencana, mundur 80 mil hingga ke sebuah desa kecil, Mersa Matruh. Kedua sisi menunggu selama beberapa bulan.
17: Pesan berkode berisi bahwa Hitler telah menunda Operasi Sealion hingga pemberitahuan lebih lanjut.
20: Partai Komunis Cina melancarkan pertahanan besar-besaran terhadap Jepang.
22: Konvoi kapal besar ditenggelamkan U-Boat di Atlantik.
22: Jepang mendirikan beberapa basis di Indo-Cina Perancis; administrator Perancis lokal menjadi otoritas cadangan.
23: Pasukan Perancis dan Britania melakukan pendaratan di Dakar, Afrika Barat, angkatan laut Perancis Vichy menyerang secara tersebar selama dua hari, dan ekspedisi tersebut ditutup.
24: Berlin mengalami serangan pengeboman besar oleh RAF.
24: Pesawat Perancis Vichy mengebom Gibraltar.
27: Perjanjian Tripartite ditandatangani di Berlin oleh Jerman, Italia, dan Jepang, menjanjikan bantuan. Sebuah nama informal, "Axis", ditetapkan.
28: Hitler memerintahkan persiapan untuk penyerangan ke Rusia.
28: Vidkun Quisling menjadi kepala negara Norwegia.

Oktober 1940
1: Partai Komunis Cina dan Partai Sosialis Cina berperang satu sama lain di selatan Cina. Sementara pasukan Jepang memiliki basis di Changshaw.
2: Pengeboman London berlanjut sepanjang bulan.
3: Kaum Yahudi Warsawa dipindahkan ke perkampungan di Warsawa.
4: Adolf Hitler dan Benito Mussolini bertemu di Celah Brenner untuk membicarakan prospek dalam perang itu.
7: Jerman menyerang Rumania untuk menghalang Pasukan Rumania dan mendapat akses menuju banyak ladang minyak yang berharga.
9: Neville Chamberlain mengundurkan diri dari Balai Umum karena alasan kesehatan; Winston Churchill dipilih sebagai ketua Partai Konservatif.
12: Penyerangan Jerman ke Britania apapun ditunda hingga Musim Semi 1941 paling awal.
13: Warga sipil Britania masih banyak yang dibunuh oleh bom Jerman melalui serangan yang dilakukan secara signifikan.
15: Clarence Addison Dykstra menjadi Direktur Agen Pilihan di Amerika Serikat.
15: Mussolini dan penasehat terdekatnya memutuskan untuk menyerang Yunani.
16: Pendaftaran draf dimulai di Amerika Serikat.
20: Pesawat Italia mengebom Kairo, Mesir.
21: Liverpool dibom untuk ke-200 kalinya.
23: Adolf Hitler bertemu dengan Franco di sebuah kota perbatasan Spanyol, sedikit selesai, dan sisanya semua keinginan Hitler untuk memaksa Perancis memasuki perang di sisi Axis.
25: Berlin dan Hamburg dibom secara besar-besaran.
28: Italia mengumumkan ultimatum kpada Yunani dan Perdana Menteri Yunani Metaxas membalas: "Jadi ini perang". Pasukan Italia melancarkan serangan ke Yunani dari Albania milik Italia dan memulai Perang Yunani-Italia. Hitler marah atas keinginan sekutunya.
29: Konvoi kapal besar ditenggelamkan selama periode ini sementara jumlah U-Boat meningkat.
29: Penggambaran nomor pertama untuk pembuat draf Peraturan Agen Terpilih AS.
30: Presiden Roosevelt, di pertengahan kampanye pemilihan, berjanji tidak mengirim "anak kita" ke dalam perang.
31: Pemerintah Distrik Warsawa memindahkan semua kaum Yahudi di Warsawa ke penampungan.

November 1940
2: Pesawat Italia mengebom Salonika, Yunani sebagai lanjutan penyerangan.
4: Presiden Roosevelt menang pada putaran ketiga. Britania melihat peristiwa ini sebagai bantuan yang lebih dari AS.
4: Yunani memulai sebuah serangan balasan terhadap Italia di perbatasan Albania.
5: HMS Jervis Bay, sebuah kapal jelajah, tenggelam pada tugas konvoi, tetapi kebanyakan konvoi berhasil kabur. Peristiwa tenggelamnya kapal tersebut menjadi sorotan media.
7: Sudah jelas bahwa Irlandia akan menolak pemberian izin Britania Raya mengenai penggunaan pelabuhannya sebagai basis laut.
9: Italia menyerang pasukan di Yunani yang sedang mundur.
11: Angkatan laut Britania melancarkan serangan terhadap pasukan Italia di Taranto. Pengebom dari HMS Illustrious merusak tiga kapal perang, dua kapal jelajah dan berbagai kapal angkut. Peristiwa ini menjaga jalur angkutan Britania di Mediterania. Kesuksesan Britania dipelajari oleh militer Jepang dalam penyerangan ke Pearl Harbor.
12: Molotov bertemu Hitler dan Ribbentrop di Berlin. Tata Dunia Baru sedang dalam diskusi. Molotov mengemukakan ketertarikan Soviet di Finlandia, Bulgaria, Rumania, Dardanelles dan Bosbor, tetapi Hitler berbicara di sepanjang jalur pengaruh internasional antara Rusia, Jerman, Italia dan Jepang.
13: Molotov bertemu Hitler kembali menanyakan persetujuan pendudukan Finlandia, tetapi Hitler menghentikan semua serangan untuk menumbuhkan pengaruh Soviet di Eropa. Ia melihat Britania mengalahkan dan memberikan India kepada Uni Soviet.
14: Sebuah serangan besar malam di Coventry. Katedral Coventry dihancurkan dan pusat pertengahan kota diratakan.
15: Uni Soviet diundang untuk bergabung dengan Pakta Tripartite dan berbagi sisa Kerajaan Britania. Perkampungan Yahudi Warsawa dipindahkan dari seluruh kota.
16: Churchill meminta beberapa tentara Britania di Afrika Utara dikirim ke Yunani, berlawanan dengan pemimpin militernya yang menyatakan bahwa mereka diutuhkan dalam kampanye melawan Italia di Afrika Utara.
19: Pasukan Italia di Yunani melanjutkan pemundurannya dan akan meninggalkan tanah Yunani dalam beberapa hari.
20: Hungaria menandatangani Pakta Tripartite.
21: Pemerintah terusir Belgia di Britania, mengumumkan perang terhadap Italia.
23: Rumania menandatangani Pakta Tripartite.
24: Republik Slovak menandatangani Pakta Tripartite.
26: Uni Soviet memberi waktu untuk bergabung dengan Pakta Tripartite setelah berbagai teritorial berada dibawah Rusia.
29: Sebuah serangan bom tengah malam besar-besaran di Liverpool.
30: Sebuah serangan bom besar di Southampton di selatan England; kota itu diserang kembali pada malam berikutnya, kemudian Bristol yang kedua, dan Birmingham yang ketiga.

Desember 1940
1: Serangan bom terjadi sepanjang bulan antara Jerman dan Britania. Pertama giliran Jerman, kemudian Britania.
1: Joseph P. Kennedy, Duta Besar AS untuk Britania Raya diminta mengundurkan diri oleh presiden Roosevelt setelah ia memberikan wawancara suratkabar yang menyatakan bahwa "Demokrasi berakhir di England".
5: RAF mengebom Düsseldorf dan Turin.
8: Franco memerintahkan masuknya Spanyol ke dalam perang; hasilnya Hitler dipaksa membatalkan serangan ke Gibraltar.
8: Pasukan Yunani terus membawa pasukan Italia mundur hingga Albania.
6-9: Operasi Compass: Pasukan Gurun Barat Britania memulai pertahanan terhadap serangan Italia di Afrika Utara. Serangan awal dilancarkan kepada lima kamp Italia di celah selatan Sidi Barrani. Pasukan Italia mundur hingga Bardia, di perbatasan Libya/Mesir.
11: Setelah meninggalkan tanah Yunani, pasukan Yunani menyerang Albania milik Italia selama Perang Yunani-Italia.
12: Pada waktu itu hampir 39.000 tentara Italia ditangkap. Britania pindah ke Libya.
16: Serangan malam pertama RAF di Mannheim, Jerman.
16: Britania ditugaskan di Sollum, untuk menduduki Benteng Capuzzo di Libya.
18: Hitler mengirimkan rencana untuk Operasi Barbarossa, serangan Jerman terhadap Uni Soviet.
28: Perang Yunani-Italia berlanjut semakin buruk pada Italia dan, dengan Yunani yang menduduki seperempat Albania, Italia meminta arahan militer dari Jerman melawan Yunani.
29: Serangan udara besar Jerman di London; Katedral St. Paul mengalami kerusakan.
29: Britania pindah ke Bardia, Libya.

1941
Januari 1941
1: Setelah pengeboman London malam sebelumnya, diketahui bahwa Old Bailey, Guildhall, dan delapan gereja rancangan Christopher Wren hancur atau rusak parah.
1: RAF mengebom pabrik pesawat di Bremen, Jerman.
2-4: Bardia, dibom oleh pengebom Britania dan kapal laut di lepas pantai.
2: Pengebom Jerman, mungkin, mengbom Irlandia pada malam kedua berturut-turut.
4: Operasi Compass: Tentara Australia dalam Pasukan Gurun Barat menduduki Bardia milik Italia, melintasi perbatasan Mesir. Sekutu menangkap 45.000 tentara Italia. Tobruk, target berikutnya, 70 mil jauhnya.
7: Pertahanan Sekutu dekat Tobruk; bandar udara diambil alih.
10: Lend-Lease diperkenalkan kepada Kongres AS.
10: Pesawat Jerman merusak kapal induk HMS Illustrious, yang berlayar ke Malta. Luftwaffe Jerman, telah mengambil alih udara di atas Mediterania. Serangan ini juga membuka pendudukan Malta dalam beberapa bulan berikutnya.
12: Operasi Compass: Tentara Britania, Australia, dan Selandia Baru dalam Pasukan Gurun Barat bersiap-siap untuk penyerangan terhadap Tobruk milik Italia.
13: Serangan malam besar-besaran Luftwaffe di Plymouth.
13: Pasukan Yunani terus menyerang tentara Italia, yang mundur hingga pelabuhan di Albanua dengan harapan dievakuasi.
15: Persaingan antara Partai Nasionalis Cina dan Partai Komunis Cina semakin jelas; sejumlah besar anggotanya dipaksa menyerah, dengan segan tentunya.
16: Pasukan Britania memulai serangan pertamanya terhadap pertahanan musuh di Afrika Timur, di Ethiopia milik Italia, dari Kenya.
16: Pengebom Jerman menghancurkan Valetta, Malta, dan HMS Illustrious diserang kembali.
17: Pertempuran Koh Chang berakhir dengan kemenangan pasukan laut Vichy Perancis selama Perang Perancis-Thailand.
18: Serangan udara di Malta meningkat secara fokus dan jumlah.
19: Divisi India ke-4 dan ke-5 melanjutkan pertahanan musuh di Afrika Utara Britania, menyerang Eritrea milik Italia dari Sudan.
19: Hitler dan Mussolini bertemu di Berchtesgaden; Hitler setuju untuk memberikan bantuan di Afrika Utara.
21: Operasi Compass; Tentara Britania, Australia dan Selandia Baru dalam Pasukan Gurun Barat menyelesaikan pendudukan Tobruk milik Italia.
21: Kabar burung beredar menyatakan bahwa "Pasukan Besi" fasis Rumania: mengeksekusi Yahudi di Bukares.
23: HMS Illustrious, rusak parah, meninggalkan Malta untuk perbaikan di Alexandria.
23: Charles Lindbergh bersaksi sebelum Kongres AS dan menyarankan agar Amerika Serikat merancang sebuah pakta kenetralan dengan Adolf Hitler.
24: Pasukan Britania di Kenya berlanjut ke pertahanan musuh Afrika Timur, menyerang Somaliland Italia.
31: Britania menduduki Derna, Libya 100 mil barat Tobruk.

Februari 1941
1: Laksamana Husband Kimmel ditunjuk sebagai Pimpinan Angkatan Laut AS di Pasifik.
3: Jenderal Erwin Rommel ditunjuk sebagai pimpinan "Tentara Pasukan Jerman di Afrika", kemuian disingkat secara resmi sebagai "Afrika Korps."
3: Jerman memaksa Pierre Laval kembali bekerja di Vichy, Perancis.
7: Operasi Compass: Setelah beberapa hari bertempur, Pasukan Gurun Barat menghancurkan Angkatan ke-10 Italia selama Pertempuran Beda Fomm. Britania menangkap 130.000 tentara Italia. Penyerahan resmi berlanjut, dan Benghazi, di utara Beda Fomm, jatuh ke tangan Sekutu.
8: Dewan Perwakilan AS mengesahkan UU Lend-Lease.
9: Mussolini diberitahu bahwa bantuan Jerman sedang dalam perjalanan ke Afrika Utara.
9: Pasukan Britania mencapai El Agheila, Libya, selatan Beda Fomm, dan setengah jalan ke Tripoli. Ibukota Libya dimana pasukan Italia yang tersisa sedang menunggu.
9: Kapal perang Britania menyerang Genoa; pesawat Britania menyerang Leghorn.
9: Churchill meminta kembali kepada AS: "berikan kami bantuan."
10: Masa-masa kritis Malta: pada bulan Maret, diserang setiap hari.
11: Letnan-Jenderal Erwin Rommel tiba di Tripoli, Tunisia; tugasnya dengan Afrika Korps berjalan selama dua tahun.
11: Pasukan Britania memasuki Somaliland, sebuah koloni Italia di timur Afrika.
14: Pasukan Jerman mulai mendarat di Afrika Utara dan berpindah ke timur menuju posisi tertentu seperti El Agheila, dimana Britania berhenti; Britania telah dilemahkan dengan perpindahan sejumlah tentara ke Yunani.
15: Deportasi kaum Yahudi Austria ke perkampungan di Polandia dimulai.
19: Mulainya "Serangan tiga malam" terhadap Swansea, South Wales. Selama pengeboman tiga hari ini, pusat kota Swansea hampir diratakan.
20: Tentara Jerman dan Britania berperang satu sama lain untuk pertama kalinya di Afrika - di El Agheila di barat Libya.
21: Pasukan Jerman bergerak melalui Bulgaria menuju front Yunani.
24: Pertahanan U-Boat Jerman di Atlantik terus menuai sukses.
24: Laksamana Darlan ditunjuk sebagai pimpinan pemerintahan Vichy di Perancis.
25: Kapal selam "Upright" Britania menenggelamkan kapal jelajah "Armando Diaz" Italia dalam salah satu pertempuran laut pada kampanye Afrika Utara.
25: Mogadishu, ibukota Somaliland Italia, diduduki oleh pasukan Britania selama Kampanye Afrika Timur.
28: Pesawat RAF mengebom Asmara, Eritrea.

Maret 1941
1: Bulgaria menandatangani Pakta Tripartite, yang kemudian bergabung dengan kekuasaan Axis. Ini menjanjikan pergerakan tentara Jerman lebih lanjut di negara itu menuju front Yunani.
1: Himmler memberikan perintah untuk perluasan kamp penjara Auschwitz, dijalankan oleh Komandan Rudolf Höss.
4: Komando Britania untuk menyerang fasilitas minyak di Narvik di Norwegia.
4: Pasukan militer Britania di Libya dilemahkan setelah sejumlah tentaranya dikirim ke Yunani dalam pertempuran dengan tentara Jerman yang mendekat.
4: Pangeran Regent Paul dari Yugoslavia setuju untuk bergabung dengan pakta Axis.
7: Tentara Britania pertama mendarat di Yunani, di Piraeus.
10: Pengeboman London lainnya, Istana Buckingham terkena serangan tersebut.
10: Portsmouth mengalami kerusakan parah setelah pengeboman besar malam oleh Luftwaffe.
11: Presiden Amerika Serikat Franklin Delano Roosevelt menandatangani Peraturan Sewa-Menyewa (sekarang disahkan oleh Kongres secara penuh) membolehkan Britania, Cina, dan bangsa sekutu lainnya membeli perlengkapan militer dan membayarnya setelah perang.
12: Tank Panzer Jerman tiba di Afrika Utara dan menyediakan kekuatan untuk pertahanan Jerman pertamanya.
13: Luftwaffe menyerang besar-besaran di Glasgow dan industri perkapalan di sepanjang Sungai Clyde.
17: Konvoi besar tenggelam di tengah Atlantik minggu ini.
19: Pengeboman London terburuk tahun ini, dengan kerusakan parah; Plymouth dan Bristol dibom kembali.
21: Kabinet Yugoslavia mengundurkan diri dalam protes terhadap perjanjian Pangeran Paul dengan Nazi. Demonstrasi jalan terjadi, mengemukakan kebencian terhadap Jerman.
24: Rommel menyerang dan menduduki kembali El Agheila, Libya dalam pertahanan pertamanya. Britania mundur dan dalam tiga minggu dimundurkan kembali ke Mesir.
27: Pangeran Pewaris Peter menjadi Peter II dari Yugoslavia dan memerintah Yugoslavia setelah kudeta militer menjatuhkan pemerintahan pro-Jerman oleh Pangeran Regent.
27: Mata-mata Jepang Takeo Yoshikawa tiba di Honolulu, Hawaii dan mulai mempelajari armada Amerika Serikat di Pearl Harbor.
27: Pasukan Britania dari Sudan memenangi Pertempuran Keren di Eritrea.
27: Hitler meminta pemimpin militernya merencanakan penyerangan ke Yugoslavia. Hasil dari keputusan ini akan menjadi penundaan waktu untuk penyerangan ke Rusia.
27: Pertempuran Tanjung Matapan; angkatan laut Britania bertemu armada Itali di lepas pantai selatan Yunani. Pertempuran berlanjut hingga tanggal 29.
31: Afrika Korps melanjutkan pertahanan Jerman di Afrika Utara; Mersa Brega, di utara El Agheila, diduduki.

April 1941
1:Britania kembali mundur hingga Libya setelah kekalahan di El Agheila. Rommel terkejut, kemudian ia memutuskan untuk melanjutkan pertahanannya.
1: Sepanjang bulan ini pengeboman di kota-kota Britania berlanjut, dan konvoi yang tenggelam juga berlanjut.
2: Setelah menduduki Agedabia, Rommel memutuskan untuk menguasai seluruh Libya dan memindahkan tentaranya ke Benghazi. Semua Sirenaik (Libya) siap untuk pendudukan tersebut.
3: Sebuah pemerintahan pro-Axis ditetapkan di Irak.
3: Bristol, England mengalami serangan udara besar lainnya.
3: Tentara Britania menduduki Asmara, ibukota Eritrea, dari pasukan Italia.
3: Rommel menduduki Benghazi, Libya; Tobruk menjadi ancaman selama tujuh bulan berikutnya.
4: Rommel berada 200 mil timur El Agheila, menuju Tobruk dan Mesir.
4: Sebuah konvoi Atlantik mengalami kehilangan 50% selama kampanye U-Boat.
6: Pasukan Jerman, Hungaria, dan Italia, bergerak melalui Rumania dan Hungaria, membuat penyerangan menuju Yugoslavia dan Yunani.
6: Angkatan Italia dimundurkan dari Addis Ababa, Ethiopia.
6: Sayap utara pasukan Rommel menduduki Derna, di pesisir Libya. Sayap selatan bergerak ke Mechili, dan mendudukinya pada tanggal 8.
7: Luftwaffe memulai serangan dua hari di Belgrade, Yugoslavia; Hitler marah atas perlawanan Yugoslavia.
8: Jerman menduduki Salonika, Yunani.
10: Greenland diduduki Amerika Serikat. Dengan persetujuan "Denmark merdeka", AS akan membangun basis laut dan udara sebagai pertahanan terhadap U-Boat.
10: Sementara diperangi, Kerajaan Yugoslavia dibagi oleh Jerman dan Italia Negara Kroasia Merdeka (Nezavisna Država Hrvatska, NDH) dibentuk dibawah Ante Pavelić dan Ustaša.
10: Jerman mengepung pelabuhan Tobruk, Libya, membuka pertempuran; beberapa pasukan Rommel bergerak ke timur untuk menduduki Benteng Capuzzo dan Sollum, di perbatasan dengan Mesir.
11: AS memulai patroli laut di Atlantik, meskipun masih menjadi bangsa "netral".
11: Serangan besar Luftwaffe di Coventry dan Birmingham.
12: Belgrade, Yugoslavia menyerah.
13: Malta dibom kembali; berlanjut menjadi kemudahan pergerakan persediaan Jerman di Mediterania.
13: Jepang an Uni Soviet menandatangani sebuah perjanjian kenetralan.
14: Rommel menyerbu Tobruk, tetapi dipaksa mundur. Serbuan lainnya, juga gagal, terjadi tanggal 16 dan 30.
15: Kapal penghancur Britania menyerang sebuah konvoi Afrika Korps dan menenggelamkan kelima angkutan dan tiga kapal penghancur Italia.
16: Sebuah serangan besar Luftwaffe di Belfast, Irlandia Utara.
16: Jerman melanjutkan serangan ke Yugoslavia; mereka mengalahkan pasukan Yunani di Albania, yang telah sukses melawan Italia bulan Januari.
17: Yugoslavia tunduk. Sebuah pemerintahan terusir dibentuk di London. Raja Peter kabur ke Yunani.
18: Amedeo, Bangsawan Aosta, Pemimpin Afrika Timur Italia menyerahkan pasukannya di Amba Alagi. Sebuah perang gerilya berlanjut hingga italia menyerah pada September 1943.
18: Perdana Menteri Yunani Korizis bunuh diri: Britania merencanakan evakuasi besar terhadap Yunani.
19: London mengalami serangan udara terbesar selama perang, St. Paul rusak ringan tetapi masih ditutup; gereja Wren lainnya rusak parah atau hancur.
21: 223.000 tentara Yunani menyerah.
22: Britania, kedua militer, dan sipil, mulai mengevakuasi Yunani.
23: Pemerintah Yunani dipindahkan ke Kreta, dimana Churchill bertekad untuk mempertahankannya.
24: Pasukan Britania dan Australia dipindahkan dari Yunani ke Kreta dan Mesir.
24: Plymouth mengalami pengeboman besar malam ketiga oleh Luftwaffe.
25: Rommel memenangkan pertempuran penting di Celah Halfaya, dekat perbatasan Mesir.
26: Rommel menyerang jalur pertahanan Gazala dan menyeberang ke Mesir; Tobruk terus dipertahankan bagaimanapun.
27: Athena diduduki tentara Jerman. Yunani tunduk.
27: Pesawat tempur Hurricane dikirim sebagai bantuan penting untuk Malta.
30: Rommel diminta menghentikan serangan terhadap Tobruk setelah kegagalan lainnya.

Mei 1941
1: Pasukan Britania di Irak diserang oleh pejuang Irak.
1: Pengeboman tujuh malam di Liverpool dimulai, menyebabkan kerusakan yang meluas.
3: Belfast, Irlandia Utara, mengalami pengeboman besar lainnya.
3: Angkatan Italia dan Britania bertempur di Ethiopia.
8: Konvoi kapal yang tenggelam di Atlantik berlanjut; tetapi, sebuah U-Boat (U-110) ditangkap oleh angkatan laut Britania dan mesin "Enigma" lainnya telah ditemukan dan disimpan. Ini akan membantu kemenangan dalam pertempuran Atlantik.
9: Britania Raya mengambil alih Irak dan diperkenalkan dengan tibanya Divisi India ke-21 di Basra.
9: Sebuah perjanjian damai Jepang ditandatangani di Tokyo dan mengakhiri Perang Perancis-Thailand.
10: Rudolf Hess ditangkap di Skotlandia setelah menjatuhkan pesawatnya; misi rancangan sendiri untuk membuat perdamaian dengan Britania Raya.
10: Balai Umum Britania Raya dirusak oleh Luftwaffe dalam sebuah serangan udara. Target lainnya adalah Hull, Liverpool, Belfast, dan wilayah perakitan kapal di Sungai Clyde di Skotlandia. Ini dekat dengan akhir Blitz, karena Jerman memindahkan fokusnya ke Rusia dan Timur.
12: RAF mengebom sejumlah kota Jerman, termasuk Hamburg, Emden, dan Berlin.
15: Kamp Layanan Umum Sipil pertama dibuka untuk penentang wajib militer di Amerika Serikat.
16: Rommel mematahkan serangan balasan, "Brevity", di Celah Halfaya. Kedua sisi berbagi pendudukan Benteng Capuzzo dan Celah Halfaya.
20: Penerjun Jerman mendarat di Kreta; pertempuran Kreta berjalan selama tujuh hari.
21: Kapal "Robin Moor" AS ditenggelamkan sebuah U-Boat. Insiden ini menggemparkan negara itu, dan Presiden Roosevelt segera mengumumkan "keadaan darurat nasional tak terbatas."
21: Sisa pasukan Italia di Ethiopia menyerah.
24: Kapal perang jelajah HMS Hood Britania ditenggelamkan oleh salvo sempurna dari kapal perang Jerman Bismarck di Atlantik Utara.
24: Pemerintah Yunani meninggalkan Kreta ke Kairo.
26: Di Atlantik Utara, pesawat Fairey Swordfish dari kapal induk HMS Ark Royal melumpuhkan Bismarck dalam serangan torpedo.
27: Kapal perang Jerman Bismarck tenggelam di Atlantik Utara, setelah usaha mengelak, dan rusaknya sistem pengemudi yang menjadikan kapal itu melakukan berbagai pergerakan memutar.
28: Pasukan Britania dan Commonwealth mulai mengevakuasi Kreta.
28: Tanggal ini, jelas bahwa operasi "Brevity" gagal.
31: Pengeboman Luftwaffe terhadap Irlandia "netral"; beberapa kematian sipil.

Juni 1941
1: Pasukan Commonwealth menyelesaikan penarikan diri dari Kreta.
1: Pembagian pakaian dimulai di Britania Raya.
4: Kaiser Wilhelm, yang pernah memimpin Jerman dan pencetus Perang Dunia I, meninggal di Belanda.
4: Britania menggempur Irak, pemerintahan anti-britania dijatuhkan.
6: Pesawat tempur Britania lainnya dikirim ke Malta; serangan Luftwaffe terus berlanjut.
8: Syria dan Lebanon milik Vichy Perancis diserang oleh pasukan Australia, Britania, Perancis Merdeka, dan India.
9: Finlandia membuat mobilisasi dan membentuk sejumlah unit dibawah komando Jerman.
14: Semua aset Jerman dan Italia di Amerika Serikat dibekukan.
15: Operasi Battleaxe Britania terjadi dan gagal menghidupkan kembali Pengepungan Tobruk. Britania dikalahkan di Celah Halfaya yang disebut "celah serangan".
16: Semua konsulat Jerman dan Italia di Amerika Serikat ditutup dan stafnya meninggalkan negara itu tanggal 10 Juli.
22: Jerman menyerang Uni Soviet dengan Operasi Barbarossa, sebuah operasi yang ditujukan di Leningrad, Moskow, dan ladang minyak selatan Krimea.
22: Jenderal Britania di Libya/Mesir Wavell digantikan oleh Jenderal Auchinleck.
22: Pemberontakan Juni terhadap Uni Soviet di Lithuania.
26: Hungaria dan Slovakia mengumumkan perang terhadap Uni Soviet.
26: Rusia mengebom Helsinki. Finlandia mengumumkan keadaan negara dalam perang antara Finlandia dan Uni Soviet. Perang lanjutan dimulai.
28: Albania mengumumkan perang terhadap Uni Soviet.
28: Pengepungan Jerman besar terhadap 300.000 tentara Rusia dekat Minsk dan Bialystok.

Juli 1941
1: Jenderal Auchinleck menggantikan Jenderal Wavell di Afrika Utara.
1: Semua lelaki Amerika diatas 21 tahun dibutuhkan untuk mengesahkan draf tersebut.
1: Tentara Jerman menduduki ibukota Latvia, Riga, dalam perjalanan menuju Leningrad.
3: Stalin mengumumkan "kebijakan membumihanguskan".
4: Pembantaian massal terhadap ilmuwan dan penulis Polandia, dilakukan oleh tentara Jerman dalam pendudukan kota Lwów di Polandia.
4: Perang di Ethiopia berakhir setelah pasukan Italia menyerah.
5: Pemerintah Britania mempertimbangkan kemungkinan perdamaian yang dinegosiasi.
5: Pesawat torpedo Britania menenggelamkan sebuah kapal penghancur Italia di Tobruk; pada tanggal 20, dua kapal lainnya tenggelam.
5: Tentara jerman mencapai Sungai Dnieper.
7: Islandia diduduki oleh Amerika Serikat, tujuannya untuk menjaga jalur perkapalan.
8: Yugoslavia, sebuah negara yang dibentuk oleh perjanjian Versailles, diruntuhkan oleh pemerintahan Axis.
8: Angkatan Jerman mengepung Leningrad dari segala penjuru Rusia.
8: Britania dan USSR menandatangani sebuah perjanjian pertahanan, berjanji untuk tidak menyetujui bentuk perjanjian perdamaian apapun dengan Jerman.
9: Vitebsk diduduki; ini membuka pertempuran Smolensk, sebuah pusat komunikasi terpenting, dianggap oleh komando tertinggi Jerman sebagai "gerbang menuju Moskow."
10: Panzer Guderian mencaplok Minsk; serangan Jerman mencapai Ukraina.
12: Vichy Perancis menyerah di Syria.
12: Perjanjian kerjasama ditandatangani antara Britania Raya dan USSR.
13: Montenegro memulai pemberontakan terkenal pertama di Eropa melawai Kekuasaan Axis.
15: Rusia memulai serangan balasan dekat Leningrad.
15: Basis laut Argentina didirikan di Newfoundland; ini akan memberikan stasiun pemindahan terpenting bagi Sekutu selama beberapa tahun.
16: Panzer Jerman dibawah Guderian mencapai Smolensk, menambah ancaman ke Moskow.
17: Serangan udara di Malta berlanjut.
19: "Tanda-V", ditampilkan oleh Churchill, secara tidak resmi dipakai sebagai sinyal Sekutu, bersama dengan motif Simfoni Kelima Beethoven.
21: Luftwaffe menyerang besar-besaran di Moskow.
26: Sebagai respon terhadap pendudukan Jepang di Indo-Cina Perancis, Presiden AS Franklin D. Roosevelt memerintahkan pembekuan semua aset Jepang di Amerika Serikat.
28: Tentara Jepang menduduki Indo-Cina Perancis, termasuk Kamboja. Pemerintah kolonial Vichy Perancis dibolehkan Jepang melanjutkan memimpin Vietnam. Penekanan Perancis berlanjut. Vichy Perancis juga setuju untuk pendudukan oleh Jepang terhadap basis mereka di Indonesia.
28: Tekanan Jerman terhadap Smolensk, Rusia dan menetapkan kehadiran mereka di negara Baltik; Yahudi asli dibantai.
31: Lewis B. Hershey mengangkat Clarence Dykstra sebagai Direktur Sistem Agen Terpilih di Amerika Serikat.
31: Dibawah arahan Adolf Hitler, petinggi Nazi Hermann Göring, memerintahkan jenderal SS Reinhard Heydrich untuk "mengirimkannya secepatnya sebuah rencana pengukuran material dan keuangan administrasi untuk menemukan solusi akhir dari pertanyaan Yahudi."

Agustus 1941
1: AS mengumumkan embargo minyak terhadap "agresor".
5: Angkatan Jerman menjebak tentara Rusia di Smolensk dan menawan 300.000 tentara; Orel diduduki.
6: Jerman menduduki Smolensk.
6: Pemerintah Amerika dan Britania memperingatkan Jepang untuk tidak menjajah Thailand.
9: Franklin D. Roosevelt dan Winston Churchill bertemu di NS Argentia, Newfoundland. Piagam Atlantik dibuat, ditandatangani, dan dirilis ke media global.
11: Malta dihidupkan kembali oleh sebuah konvoi.
11: Chungking, ibukota nominal Partai Nasionalis Cina terletak di hulu Sungai Yangtze, mengalami pengeboman besar selama beberapa hari.
12: Hitler, melawan saran dari jenderalnya, menarik sejumlah pasukan dari front Moskow ke Leningrad dan pertahanan Krimea.
18: Adolf Hitler memerintahkan penghalangan sementara karena keterbelakangan mental eutanasia sistematis Nazi Jerman dan terjebak selama protes. Tetapi, lulusan operasi Aksi T4 dikirim ke kamp konsentrasi, dimana mereka melanjutkan urusan mereka.
22: Pasukan Jerman dekat dengan Leningrad; warga sipil terus menyempurnakan pertahanan.
25: Tentara Britania dan Soviet menyerang Persia (Iran) untuk menyelamatkan ladang minyak Abadan dan jalur kereta dan rute penting ke Rusia untuk pengiriman material perang.
27: U-Boat lainnya dipaksa keluar dari permukaan di Irlandia dan mesin Enigma diambil.
31: Tanda awal muncul bahwa "pengepungan" ke Leningrad dimulai.

September 1941
1: Dengan arahan pasukan Finlandia di utara, Leningrad berhasil dilumpuhkan.
1: Sebuah Pemerintahan pro-Jerman dari Partai Pembebasan Nasional dibentuk di Serbia dibawah Milan Nedić. Secara informal dikenal sebagai Serbia Nedić.
4: USS Greer menjadi kapal perang pertama Amerika Serikat yang ditenggelamkan oleh U-Boat Jerman selama perang, meskipun Amerika Serikat merupakan kekuatan netral. Keadaan semakin tegang antara kedua negara sebagai akibat. AS mulai mengirim konvoi antara Belahan Barat dan Eropa.
5: Jerman menduduki Estonia.
7: Berlin dibom oleh pengebom RAF.
8: Pengepungan Leningrad dimulai-sebuah tanggal yang bermasalah untuk memulai penjadwalan "900 hari." Pasukan Jerman memulai pengepungan terhadap kota terbesar kedua Uni Soviet, Leningrad, Stalin meminta Volga Deutsche dideportasi ke Siberia.
10: Angkatan Jerman mengepung Kiev seluruhnya.
10: Pidato kontroversial oleh Charles Lindbergh dengan nada anti-Semit.
11: Franklin D. Roosevelt memerintahkan Angkatan Laut Amerika Serikat menembak langsung apabila kapal atau konvoi apapun terancam.
15: "Pemerintah-sendiri" Estonia, dipimpin Hjalmar Mäe, ditunjuk oleh administrasi militer Jerman.
16: Reza Pahlavi, Syah Iran dipaksa mengundurkan diri oleh anaknya Mohammad Reza Pahlavi dari Iran dibawah tekanan dari Britania Raya dan Uni Soviet.
19: Jerman menduduki Kiev. Rusia mengalami berbagai kegagalan dalam mempertahankan kota penting ini di selatan Rusia.
25: Angkatan Jerman mengisolasi Krimea dan siap menguras daerah kaya minyak ini.
28: Tentara SS Jerman membunuh lebih dari 30.000 Yahudi di Babi Yar, di luar Kiev, Ukraina.
26: Pimpinan Angkatan Laut AS memerintahkan perang mati-matian terhadap perkapalan Axis di perairan Amerika.

Oktober 1941
2: Operasi Typhoon - Pasukan "Tengah" Jerman memulai pertahanan habis-habisan terhadap Moskow. Pemimpin pertahanan ibukota adalah Jenderal Georgi Zhukov, menjadi Pahlawan Rusia untuk jasanya melawan Jepang di Timur dan juga di Leningrad.
3: Mahatma Gandhi meminta pengikutnya memulai pemberontakan pasif terhadap pemerintahan Britania di India.
7: Pengeboman malam besar RAF di Berlin, Ruhr, dan Cologne, tetapi dengan kekalahan yang banyak juga.
8: Atas penyerbuannya di selatan Uni Soviet, Jerman mencapai Laut Azov dengan pendudukan Mariupol. Tetapi, terdapat tanda bahwa penyerangan dibatalkan karena cuaca berhujan membuat jalan berlumpur bagi kedua tank dan pasukan.
10: Angkatan Jerman mengepung sekitar 660.000 tentar Rusiadekat Vyasma (timur Smolensk); beberapa orang memperkirakan akhir perang.
12: HMS Ark Royal mengirim satu skuadron pesawat tempur Hurricane ke Malta.
13: Jerman melakukan penyerbuan ke Moskow setelah tanah berlumpur mengeras.
14: Temperatur jatuh di front Moskow; salju lebat mengikuti dan menghambat tank Jerman.
15: Jerman bergerak ke Moskow
16: Pemerintah Uni Soviet mulai bergerak ke timur menuju Kuibyshev, sebuah kota di Volga, tetapi Stalin tetap di Moskow. Warga Moskow membuat jebakan tank dan pertahanan lainnya untuk pengepungan yang akan datang.
17: Kapal penghancur USS Kearney diserang dan terdampar dekat Islandia, menewaskan sebelas pelaut, ini merupakan kematian militer Amerika pertama sepanjang perang.
18: Bantuan tentara Rusia tiba di Moskow dari Siberia; Stalin menjamin bahwa Jepang tidak akan menyerang USSR dari Timur.
18: Jenderal Hideki Tojo menjadi Perdana Menteri Jepang ke-40.
19: "Keadaan pengepungan" resmi diumumkan di Moskow; kota itu berada dibawah UU Keadaan Perang.
20: Letkol Fritz Hotz, komandan Jerman di Nantes, dibunuh oleh Pemberontak; 50 sandera ditembak mati. Insiden ini akan menjadi bentuk kebijakan pendudukan masa depan.
21: Tentara Selandia Baru mendarat di Mesir dan menduduki Benteng Capuzzo.
21: Negosiasi di Washington antara AS dan Jepang mengarah kepada kegagalan.
22: Rostov-on-Don, sebuah hub penting bagi front Selatan, diduduki oleh Jerman.
23: Pertempuran besar gurun di Libya, Rommel menyerukan "Operasi Crusader" dekat Tobruk.
24: Kharkhov, Rusia, sebuah pusat pertambangan dan industri terpenting, jaruh kepada pasukan "Selatan" Jerman.
26: Tentara Italia terakhir menyerah di Ethiopia.
27: Pasukan "Selatan" Jerman mencapai Sevastopol di Krimea, tetapi tank pasukan "Utara" melambat atau berhenti karena lumpur. Tank terdepan berada di luar Moskow.
30: Franklin Delano Roosevelt menyetujui anggaran US$1 miliar sebagai bantuan Lend-Lease bagi Uni Soviet.
31: Kapal perusak USS Reuben james ditenggelamkan oleh sebuah U-Boat Jerman dekat Islandia, menewaskan lebih dari 100 pelaut Angkatan Laut Amerika Serikat. Menjadi berita utama karena merupakan kegagalan pertama "kapal perang netral" Amerika.

November 1941
2: Konflik politik di Yugoslavia setelah pihak berhaluan radikal dibawah Tito (Josip Broz) bersaing dengan pihak konservatif Serbia dibawah Draja Mihaelovch.
3: Jerman menduduki Kursk.
6: Pemimpin Soviet Joseph Stalin membentuk lagi Uni Soviet untuk kedua kalinya selama pemerintahan tiga dasawarsanya (pertama kali tanggal 2 Juli). Ia menyatakan bahwa meskipun 350.000 tentara tewas dalam serangan Jerman sejauh ini, pihak Jerman sendiri kehilangan 4.5 juta tentara (dilebih-lebihkan) dan kemenangan Soviet sudah dekat.
7: Pengeboman malam besar RAF di Berlin, Ruhr, dan Cologne, tetapi dengan kekalahan besar.
12: Pertempuran Moskow - Temperatur di sekitar Moskow jatuh hingga minus 12°C dan Uni Soviet mengirim tentara ski untuk pertama kalinya melawan pasukan Jerman yang kedinginan dekat kota.
12: HMS Ark Royal mengirim satu skuadron pesawat tempur Hurricane ke Malta.
13: Jerman memulai pertahanan baru terhadap Moskow setelah tanah berlumpur mengeras kembali.
13: Kapal pengangkut pesawat HMS Ark Royal diserang oleh U-Boat U-81.
14: HMS Ark Royal oleng dan tenggelam, setelah diserang U-81.
15: Jerman melaju ke Moskow.
17: Joseph Grew, duta besar Amerika Serikat untuk Jepang, mengutip Departemen Luar Negeri bahwa Jepang memiliki rencana untuk melancarkan serangan terhadap Pearl Harbor, Hawaii (pernyataan itu tidak ditanggap).
18: Operasi Crusader: Tentara Britania memasuki Libya dan menghidupkan kembali Pengepungan Tobruk.
19: Kapal jelajah ringan HMAS Sydney dan kapal jelajah pembantu Kormoran tenggelam di pesisir pantai Australia Barat.
21: Tentara Italia terus menyerah di Ethiopia; penyerahan berakhir pukul 11:26.
22: Rostov-on-Don, sebuah hub penting bagi front selatan diduduki Jerman.
22: Britania mengirimkan ultimatum kepada Finlandia untuk mengakhiri perang dengan Rusia atau diperangi oleh Sekutu.
22: Rommel memulai pertahanan balasan, menduduki kembali Sidi Rezegh (selatan Tobruk) yang pernah diduduki Britania beberapa hari sebelumnya. Kebanyakan tank Britania hancur.
23: Serangan Rommel berlanjut di sekitar Sidi Rezegh; kegagalan Britania terus meningkat.
24: Amerika Serikat menyetujui Lend-Lease kepada Perancis Merdeka.
24: Rommel memulai penyerbuan 15 mil mendadak ke Mesir; ia tidak menemui pihak apapun.
26: Jepang menyerang armada 33 kapal perang dan kapal bantuan, termasuk enam kapal pengangkut pesawat yang berlayar dari utara Jepang ke Kepulauan Hawaii; Ultimatum hull note dikirim kepada Jepang oleh Amerika Serikat.
26: Setelah penyerbuannya ke Mesie, Rommel mundur ke Bardia untuk mengisi bahan bakar; selama pemunduran ini Tobruk dihidupkan sementara ketika Angkatan ke-8 Britania bertemu dengan yang dikepung.
27: Pertempuran Moskow - Panzer Jerman berada di luar Moskow.

Desember 1941
1: Malta "merayakan" pengeboman ke-1000.
2: Perdana Menteri Tojo menolak "ajakan damai" dari AS.
3: Wajib militer di Britania Raya sekarang meliputi lelaki antara 18 dan 50 tahun. Wanita tidak akan dipilih sejak mereka melayani pemadam kebakaran dan grup bantuan.
4: Pasukan darat dan laut Jepang terus bergerak ke Pearl Harbor dan Asia Tenggara.
5: Jerman memundurkan serangan ke Moskow, sekarang 11 mil jauhnya; Rusia balas menyerang selama badai salju.
5: Britania Raya mengumumkan perang terhadap Finlandia, Hungaria dan Rumania.
7: Jepang melancarkan serangan udara terhadap Pearl harbor, Guam dan Pulau Wake; mereka menyerang Siam (Thailand) dan Malaya; Jepang mengumumkan perang melawan Amerika Serikat dan Britania Raya. Serangan udara juga terjadi di Hong Kong, Singapura, Filipina, dan Shanghai. Kanada menyatakan perang melawan Jepang (Perdana Menteri King menyatakannya pada malam tanggal 7, parlemen Kanada membenarkan deklarasi tersebut pada pagi berikutnya.)
7: "Dekrit Malam dan Kabut" Jerman yang berarti pembersihan anti-Nazi di Eropa Barat.
8: Jepang menyerang Malaya; Amerika Serikat dan Britania Raya menyatakan perang terhadap Jepang; Belanda menyatakan perang terhadap Jepang.
8: Pasukan Jepang menduduki Kepulauan Gilbert (termasuk Tarawa). Pangkalan Clark di Filipina dibom, dan banyak pesawat Amerika yang hancur.
9: Cina secara resmi menyatakan perang terhadap Jepang.
10: Kapal perang HMS Repulse dan HMS Prince of Wales Britania ditenggelamkan oleh serangan udara Jepang.
11: Jerman dan Italia menumumkan perang terhadap Amerika Serikat. Pasukan AS menggagalkan pendaratan Jepang di Pulau Wake.
11: Jepang menyerang Burma.
12: Pendaratan Jepang di Kepulauan Filipina Selatan - Samar, Jolo, Mindanao.
12: Amerika Serikat dan Britania Raya mengumumkan perang terhadap Rumania dan Bulgaria setelah mereka menyatakan hal yang sama terhadap Amerika Serikat dan Britania Raya; India mengumumkan perang terhadap Jepang, Amerika Serikat menghadang kapal Perancis Normandie.
13: Hungaria mengumumkan perang terhadap Amerika Serikat dan Britania Raya, Amerika Serikat dan Britania Raya mengumumkan hal yang sama terhadap Hungaria.
13: Jepang dibawah Jenderal Yamashita melanjutkan penyerangannya ke Malaya. Dibawah Jenderal Homma pasukan Jepang ditetapkan di utara Filipina. Hong Kong terancam.
14: Kapal jelajah Britania HMS Galatea ditenggelamkan U-557 di lepas pantai Alexandria, memulai sejumlah penyerangan laut kepada Sekutu.
15: "Torpedo manusia" Italia menenggelamkan dua kapal perang Britania, HMS Queen Elizabeth dan HMS Valiant di pelabuhan Alexandria.
15: Tentara Sekutu memundurkan Rommel hingga jalur Gazala.
16: Rommel memerintahkan penarikan tentara hingga El Agheila, dimana ia telah mulai sejak Maret. Ia menunggu bantuan tentara dan tank.
16: Jepang menyerang Borneo.
16: Pertahanan Jerman di sekitar Moskow berada dalam halangan penuh.
17: Pertempuran Sevastopol dimulai.
18: Tentar Jepang mendarat di Pulau Hong Kong.
19: Hitler menjadi Panglima Tertinggi Angkatan Jerman.
20: Pertempuran Pulau Wake berlanjut dengan beberapa kapal Jepang tenggelam atau rusak.
20: "Pertemuan Arcadia": Churchill menjadi tamu di Gedung Putih. Strategi untuk pertempuran dalam Perang disetujui.
21: Kematian karena pengepungan Leningrad berlanjut; ribuan orang tewas karena kelaparan dan berbagai penyakit. Diperkirakan 3.000 orang sekarat setiap hari.
22: Jepang mendarat di Teluk Lingayan, di bagian utara Luzon di Filipina.
23: Usaha pendaratan kedua Jepang di Pulau Wake berhasil, dan Amerika menyerah setelah berjam-jam bertempur.
23: Jenderal MacArthur mengumumkan Manila sebagai "Kota Terbuka."
23: Pasukan Jepang mendarat di Sarawak (Borneo).
23: Pasukan Amerika mundur hingga Semenanjung Bataan.
24: Jepang mengebom Rangoon.
25: Pada Hari Natal, Hong Kong menyerah.
25: Sekutu menduduki kembali Benghazi.
25: Pasukan amfibi Rusia mendarat di Kerch, Krimea; pendudukan mereka hanya bertahan hingga April.
27: Komando Britania menyerang pelabuhan Vaagso di Norwegia, menyebabkan Hitler mendirikan kembali pertahanannya.
28: Penerjun payung Jepang mendarat di Sumatera.
30: "Kapal Kebebasan" pertama, SS Patrick Henry diluncurkan. Kapal Kebebasan akan menjadi sistem penyediaan terbesar bagi Sekutu.

1942
Januari 1942
1: "Perserikatan Bangsa-Bangsa" diresmikan: 26 negara Sekutu menandatangani Deklarasi Bersama terhadap Axis. nama "Perserikatan Bangsa-Bangsa" digunakan secara resmi untuk menggambarkan perjanjian Sekutu.
2: Manila diduduki pasukan Jepang. Mereka juga mengambil alih pangkalan laut Cavite, dan tentara Amerika dan Filipina terus mundur hingga Bataan.
5: Mulainya pertahanan besar Rusia dibawah Jenderal Zhukov.
6: Serangan Britania berlanjut hingga El Agheila, di ujung barat Libya.
6: Dalam pidato Persatuan Negara, Presiden Roosevelt menjanjikan bantuan lebih untuk Britania, termasuk pesawat dan tentara.
7: Pengepungan Semenanjung Bataan dimulai.
7: Serangan udara besar di Malta; diperkirakan bahwa tonase bom yang dijatuhkan di pulau itu dua kali lebih besar dari yang dijatuhkan di London.
9: Serangan Jepang di Borneo mendapat perlawanan kecil.
11: Tentara Jepang menduduki Kuala Lumpur, Malaya; Jepang mengumumkan perang kepada Belanda dan menyerang Hindia Timur Belanda.
12: Jepang menyerang Indonesia, mendarat di pulau Sulawesi.
13: Angkatan Rusia menduduki Kirov dan Medya, sementara pertahanan balasan berlanjut.
13: Pertahanan U-Boat Jerman lebih dekat dengan pesisir AS.
19: Pasukan Jepang menawan banyak tentara Britania di utara Singapura.
20: Nazi di konferensi Wannsee di berlin memutuskan bahwa "solusi akhir bagi masalah Yahudi" adalah relokasi, dan pembantaian.
20: Jepang mengebom Singapura sementara tentara mereka mendekati kota.
21: Rommel memulai pertahanan balasan yang mengejutkan di El Agheila, tentaranya, dengan bantuan dan tank baru, menduduki Agedabia, kemudian bergerak ke utara menuju Beda Fomm.
23: Pertempuran Rabaul, Guinea Baru dimulai.
24: Tentara Amerika mendarat di Samoa, sebagai bagian dari strategi penghentian serangan Jepang di Pasifik.
25: Thailand mengumumkan perang terhadap Amerika Serikat dan Britania Raya; tentara Jepang menyerang Kepulauan Solomon.
26: Pasukan Amerika pertama tiba di Eropa dengan mendarat di Irlandia Utara.
27: Britania menarik semua pasukannya hingga Singapura.
28: Brazil memutuskan hubungan dengan kekuatan Axis.
29: Rommel memasuki Benghazi, Libya dalam pergerakannya di timur. Untuk beberapa bulan berikutnya, kedua sisi akan beristirahat dan membangun kekuatan kembali.
30: Hitler berbicara di Istana Olahraga Berlin dan mengancam Yahudi di seluruh dunia dengan pembantaian; ia juga menyalahkan kegagalan pertahanan di Rusia karena cuaca.
31: Jepang menduduki pelabuhan Moulmein, Burma; mereka mengancam Rangoon sebagaimana Singapura.
31: Di front Rusia, Jerman mundur di beberapa titik.
31: Pasukan Sekutu terakhir meninggalkan Malaya, mengakhiri pertempuran 54 hari.

Februari 1942
1: Vidkun Quisling menjadi Menteri-Presiden Norwegia mengalahkan oposisi kuat lainnya.
1: Pasukan Rommel mencapai El Gazala, Libya dekat perbatasan dekat Libya; selama "serangan Musim Dingin" ia akan menetap di sana.
2: Jenderal Joseph ("Vinegar Joe") Stilwell diangkat menjadi Pimpinan Staf untuk Chiang Kai-Shek dan Pimpinan Tertinggi pasukan Sekutu di Cina.
3: Kekuatan udara Jepang ditunjukkan di Jawa, khususnya pangkalan laut di Surabaya. Port Moresby, Nugini dibom, menambah ancaman ke Australia.
7: Amerika melanjutkan pertahanannya di Bataan terhadap tentara Jenderal Homma.
8: Angkatan Jerman di Rusia telah diusir dari Kursk, sebuah titik penting bagi strategi Jerman.
9: Tentara Britania dimundurkan secara penuh hingga Singapura untuk pertahanan akhir.
9: Pemimpin militer tertinggi Amerika Serikat menyelenggarakan pertemuan formal pertamanya untuk membicarakan strategi militer Amerika dalam perang.
10: Kapal jelajah "Normandia" terbakar dan terbalik di pelabuhan New York. Meskipun penyebabnya kemungkinan obor pengelas, beberapa konspirasi tercantum di media.
11: "Gerakan Channel". Scharnhorst dan Gneisenau dan Prinz Eugen kabur dari Brest melalui Selat Inggris menuju pelabuhan utara, termasuk Wilhelmshaven, Jerman; satuan laut Britania gagal menenggelamkan mereka.
13: Pertempuran Bataan berlanjut.
15: Singapura tunduk kepada pasukan Jepang; ini merupakan kegagalan yang paling buruk dalam sejarah militer Britania.
16: Sedang dibicarakan pada lingkaran pemerintahan tinggi AMerika adlah rencana untuk penahanan terhadap Jepang-Amerika yang tinggal di barat AS.
17: Rencana diberikan kepada Rangoon untuk dievakuasi sementara pasukan Jepang mendekat.
19: Pesawat Jepang menyerang Darwin, di Teritori Utara Australia.
19: Presiden Franklin D. Roosevelt menandatangani Perintah Eksekutif 9066 yang membolehkan Militer Amerika Serikat menetapkan wilayah sebagai zona pengecualian. Zona itu akan mengancam Jepang di Pantai Barat, dan Jerman dan Italia di Pantai Timur.
19: Sebuah hukum wajib militer disahkan di Kanada.
20: Tentara Jepang melintasi Sungai Salween di Burma.
20: Jepang menyerang Bali dan Timor dengan perpaduan penerjun payung dan tentara amfibi.
21: Korps Udara Amerika didirikan di basis-basis di Britania.
22: Presiden Franklin Delano Roosevelt memerintahkan Jenderal Douglas MacArthur keluar dari Filipina sementara pertahanan Amerika di negara itu jatuh.
23: Sebuah kapal selam Jepang (I-17) membuat serangan pertama terhadap tanah Amerika dengan menyerang pertambangan minyak di Ellwood, California.
25: Penahanan warga Jepang-Amerika di Barat Amerika Serikat dimulai sementara kekhawatiran penyerangan meningkat.
25: Putri Elizebth mendaftar untuk ikut berperang.
27: Pertempuran Laut Jawa. Dibawah Laksamana Belanda, pasukan yang digabung kehilangan satu kapal angkut pesawat (Langley), enam kapal perusak, dan lima kapal jelajah di lepas pantai Jawa.
28: Pasukan darat Jepang menyerang Jawa.

Maret 1942
1: Sebuah pertahanan Rusia di Krimea dimulai; di utara, pengepungan Leningrad berlanjut dan semakin memburuk.
3: Pesawat Jepang membuat penyerangan mendadak terhadap pangkalan udara dan pelabuhan di Broome, Australia Barat.
4: Dengan keputusan Eksekutif, semua Jepang-Amerika, khususnya di pantai Barat, direlokasi ke kamp khusus.
5: Hukum wajib militer di Britania Raya telah meliputi wanita dan lelaki berusia 45 tahun.
6: Rangoon jatuh ke tangan Jepang.
6: Malta menerima pesawat tempur lainnya untuk pertahanannya.
8: Jepang mendarat di Lae dan Salamaua di Teluk Huon, Nugini, memulai pergerakannya menuju Port Moresby, Nugini, dan kemudian Australia.
9: Sudah jelas bahwa Jepang mengatus Jawa, Burma, dan Nugini.
9: Sekretaris Perang membentuk kembali Angkatan Bersenjata Amerika Serikat menjadi tiga bagian besar - Pasukan Angkatan Darat, Pasukan Angkatan Udara, dan Angkatan Penyediaan, kemudian dirubah menjadi Pasukan Angkatan Penyedia.
11: Jenderal MacArthur diminta Presiden Roosevelt untuk meninggalkan Filipina; ia akan pergi ke Australia dengan perahu dan pesawat PT. Ia mengatakan kepada Jenderal Wainwright dan penduduk Filipina "Saya harus kembali."
11: Jepang mendarat di Mindanao, pulau paling selatan di Filipina.
12: Tentara Amerika mulai mendarat di Noumea, Kaledonia Baru; akan menjadi basis penting untuk penyerangan Guadalcanal.
13: RAF melancarkan sebuah serangan udara besar di Essen, Jerman.
14: Jepang mendaratkan tentara di Solomon, mengancam Australia, khususnya, bila semakin jelas, sebuah pangkalan udara dibangun di Guadalcanal.
14:Pertahanan Rusia dimulai untuk merebut kembali Kharkov, jatuh kepada Jerman sekitar sebulan yang lalu.
14: Jepang sekarang mengancam pasukan Amerika di sekitar Teluk Manila; pemunduran hingga Corregidor dimulai.
17: Jenderal Douglas MacArthur AS tiba di Australia, setelah meninggalkan kantornya di Filipina.
17: Penjatahan institut Britania Raya terhadap listrik, batu bara, dan gas, pembagian pakaian dikurangi.
20: Pengeboman Malta yang dimulai pada Desember berlanjut; penyerangan merupakan kemungkinan.
22: Sebuah konvoi yang rusak mencapai Malta, setelah diserang Luftwaffe dan pasukan laut Italia. Pengeboman besar berlanjut di pulau itu dengan lawan kecil dari pasukan udara RAF.
26: Yahudi di Berlin mudah mengenali rumah mereka.
28: RAF mengirim serangan raksasa terhadap Lübeck, menghancurkan 30% kota, dan 80% pusat kesehatan. Hitler dicemari.
28: Komando Britania melancarkan serangan di Saint-Nazaire. HMS Campbeltown, diisi dengan peledak waktu, menghantam gerbang dermaga dan komando menghancurkan bagian lainnya area pelayanan kapal. Pelabuhan tersebut hancur sepenuhnya dan tidak melanjutkan operasi hingga 1947; tetapi, sekitar dua-pertiga pasukan penyerang hilang.

April 1942
2: Hampir 24.000 tentara yang sakit dan kelaparan (Amerika dan Filipina) terperangkap di Bataan.
2: Jepang melakukan pendaratan di Nugini, khususnya di Hollandia (Jayapura).
3: Pasukan Jepang memulai serangan terhadap tentara Amerika Serikat dan Filipina di Semenanjung Bataan.
4: Rencana Jerman "serangan ke Baedeker" terhadap tempat-tempat terkenal atau bersejarah Britania, sebagai balasan atas pengeboman Lubeck.
5: Di Bataan, Jepang berkumpul di Gunung Samat, sebuah titik penting jalur pertahanan Sekutu.
5: Angkatan Laut Jepang menyerang Kolombo di Ceylon (Sri Lanka). Kapal jelajah HMS Cornwall dan HMS Dorsetshire Angkatan Laut Kerajaan tenggelam di baratdaya pulau.
6: Pasukan laut Jepang disebarkan di Samudera Hindia; mereka mendaratkan tentara di pesisir Kepulauan Solomon.
8: Pengeboman besar RAF di Hamburg.
8: Pertahanan musim panas Jerman di Krimea dijalankan.
8: Pasukan Amerika bertahan dengan satu pertahanan terakhir di Bataan.
9: Angkatan Laut Jepang melancarkan serangan udara terhadap Trincomalee di Ceylon (Sri Lanka); kapal angkut pesawat HMS Hermes Angkatan Laut Kerajaan dan kapal perusak HMAS Vampire ANgkatan Laut Kerajaan Australia tenggelam di lepas Pantai Timur negara itu.
9: Bataan jatuh ke Jepang. "Pembantaian Bataan" dimulai, para tawanan dibawa ke kamp penahanan di utara. Corregidor, di tengah Teluk Manila, menjadi titik akhir perlawanan.
10: Jepang mendarat di Pulau Cebu, sebuah pulau besar di tengah Filipina.
15: Malta diberi penghargaan George Cross oleh Raja George VI untuk "kepahlawanan dan pengabdian".
18: Serangan Doolittle di Nagoya, Tokyo dan Yokohama; pesawat B25 lepas landas dari USS Hornet. Serangan tersebut merupakan dorongan moral bagi warga Amerika dimana kematian menjadi berita buruk.
19: Dalam sebuah konferensi pers, Presiden Roosevelt menjelaskan dengan beberapa hiburan bahwa pengebom Doolittle lepas landas dari "Shangri-La", sebuah kiasan terhadap novel populer dari James Hilton.
23: Awal Serangan Baedeker oleh Luftwaffe di beberapa kota di Inggris seperti Bath, Norwich, dan York; serangan berlanjut secara menyebar hingga 6 Juni.
Pengeboman besar Rostock. Jerman oleh RAF.
26: Hitler menerima serjenis otoritas tertinggi di Jerman.
27: Rostock dibom untuk malam keempat berturut-turut.
27: Sebuah pemungutan suara nasional diadakan di Kanada mengenai wajib militer. Warga Kanada Perancis merupakan yang pertama, meskipun tidak satu-satunya, penentang draf tersebut.
29: "Serangan Baedeker" berlanjut, difokuskan di Norwich dan York.
29: Jepang memotong Jalan Burma dengan pendudukan Lashio.

Mei 1942
1: Rommel siap untuk pertahanan baru selama hari-hari awal bulan ini.
1: Jepang menduduki Mandalay dan pelabuhan lainnya di Burma.
4: Pertempuran Laut Koral dimulai: berjalan selama empat hari dan merupakan yang pertama dimana kapal dari kedua belah pihak tidak berdekatan satu sama lain; USS Lexington tenggelam, tetapi Amerika meraih kemenangan.
3: Pasukan Jepang mendarat di Pulau Tulagi di Kepulauan Solomon, tidak jauh dari Guadalcanal.
5: Artileri berat Jepang menyerang di Corregidor.
5: Pasukan Britania memulai "Operasi Ironclad": penyerangan ke Madagaskar untuk menjaga teritori Vichy Perancis dari serangan Jepang.
5: Kota Exeter dibom oleh Luftwaffe, "Serangan Baedeker" lainnya.
6: Di Corregidor, pasukan Amerika Serikat terakhir di Filipina menyerah kepada Jepang. Sekitar 12.000 orang dijadikan tawanan.
8: Pertempuran Laut Koral berakhir. Ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah perkapalan dimana dua armada musuh berperang tanpa melihat satu sama lain. Selain tenggelamnya Lexington, Yorktown rusak parah; kapal itu kembali ke Pearl Harbor untuk perbaikan.
8: Jerman menduduki semenanjung Kerch di timur Krimea, Rusia.
9: Pada malam 8/9 Mei 1942, penembak dari Asrama Artileri Ceylon di Pulau Horsburgh di Kepulauan Cocos memberontak. Pemberontakan mereka dipatahkan dan tiga orang dari mereka dieksekusi, tentara Persekutuan Britania satu-satunya yang dieksekusi untuk pemberontakan selama Perang Dunia Kedua.
11: Pertama lainnya: Sebuah kapal sekutu di Sungai St. Lawrence, kanada ditenggelamkan oleh U-Boat.
12: Pertempuran Kharkov Kedua - Di timur Ukraina, Angkatan Darat Soviet melakukan pertahanan besar. Selama pertempuran Soviet akan merebut kota Kharkov dari Angkatan Darat Jerman, hanya dikepung dan dihanurkan.
15: Di Amerika Serikat, sebuah undang-undang menetapkan Korps Angkatan Darat Bantuan Wanita (WAAC) dimasukkan ke dalam hukum.
18: Rusia berada dalam pemunduran besar di Kerch, setelah sejumlah besar tentaranya menyerah.
20: Pendudukan Jepang di Burma selesai; disebut sebagai "bencana militer."
21: Penyerangan ke Malta ditunda tak terbatas.
22: Pertempuran Kharkov berlanjut; untuk Jerman itu merupakan tahap penting dalam perjalanaan menuju Stalingrad.
22: Meksiko mengumumkan perang terhadap Axis.
25: Dalam persiapan untuk pertempuran berikutnya, penyusun strategi angkatan laut Jepang mengirim pasukan yang terpisah ke Kepulauan Aleut.
26: Perjanjian Inggris-Soviet: sekretaris luar negeri mereka setuju bahwa tidak ada perdamaian akan disetujui oleh seseorang tanpa persetujuan dari yang lainnya. (Sebuah perjanjian penting sejak Himmler dan lainnya akan memisahkan kedua negara di akhir perang.)
26: Rommel memulai pertahanan Musim Semi di jalur Gazala (barat Tobruk). Pertempuran itu berlanjut hingga Juni dan berakhir dengan kemenangan besar bagi Rommel.
27: Reinhard Heydrich, kepala Keamanan Reich, terluka di Praha karena bom dan tembakan dalam penyergapan oleh prajurit Ceko; ia akan meninggal pada 4 Juni akibat lukanya.
27: Britania menggunakan tank Sherman Amerika dengan tujuan menghentikan serangan Rommel di jalur Gazala.
27: USS Yorktown, yang rusak di Laut Koral, tiba di Pearl Harbor; diminta untuk diperbaiki dan siap secepat mungkin untuk pertempuran yang akan datang.
29: Kaum Yahudi di Perancis diminya mengenakan Bintang Daud berwarna kuning.
29: Pasukan Jepang meraih sukses di selatan Shanghai.
29: Rommel memindahkan tentaranya ke Bir Hachim di ujung selatan jalur Gazala; setelah diduduki, ia dapat bergerak ke utara dan menghancurkan basis Sekutu di jalur itu.
30: "Serangan Seribu Pengebom" di Cologne, menciptakan teknik pengeboman baru.
30: USS Yorktown meninggalkan Pearl setelah perbaikan cepat dan berlayar untuk bergabung dengan USS Enterprise untuk pertempuran berikutnya.
31: Kesuksesan besar Jerman di Kharkov, dengan pengiriman beberapa angkatan darat Rusia.

Juni 1942
1: Laporan awal di Barat bahwa gas digunakan untuk membunuh kaum Yahudi yang dikirim ke "Timur."
1: Kapal selam Jepang memasuki pelabuhan Sydney dan menenggelamkan sebuah kapal pembantu; kekhawatiran penyerangan meningkat.
1: Meksiko mengumumkan perang terhadap Jerman, Italia, dan Jepang.
2: Pengeboman besar lebih lanjur di situs industri di Jerman, dipusatkan khususnya di essen.
3: Industri batu bara Britania dinasionalisasikan.
4: Pertempuran Midway dimulai; Jepang menyerang instalasi di pulau itu, tetapi gagal mendeteksi kapal-kapal Amerika terdekat.
4: Reinhard Heydrich meninggal di Praha setelah dibunuh oleh prajurit Ceko (Operasi Anthropoid).
5: Amerika Serikat mengumumkan perang terhadap Bulgaria, Hungaria, dan Rumania.
7: Pasukan Jepang menyerang Attu dan Kiska. Penyerangan pertama di tanah Amerika selama 128 tahun, tetapi hanya berupa pemisahan dari basis laut utama di lepas pantai Pulau Midway.
7: Pertempuran Midway semakin dekat; USS Yorktown tenggelam; empat kapal angkut Jepang dan satu kapal jelajah tenggelam. Pertempuran ini dipandang sebagai titik awal perang Pasifik.
8: Malta menerima satu skuadron pesawat Spitfire.
8: Sebuah kapal selam Jepang menembakkan beberapa proyektil ke daerah penghunian di Sydney tetapi dengan akibat kecil.
9: Nazi membakar desa Lidice di Ceko sebagai balasan atas pembunuhan Reinhard Heydrich. Para lelaki dibunuh dan wanita dibawa ke kamp konsentrasi.
10: Rommel mendorong pasukan Perancis Merdeka keluar Bir Hakeim, sebuah benteng di baratdaya Tobruk.
12: Anne Frank, seorang perempuan Yahudi di Amsterdam, menerima diari untuk ulang tahun ke-13.
12: Pertempuran besar di Sevastopol dengan kematian yagn serius dari kedua pihak.
12: Rommel akhirnya mendorong Sekutu keluar dari jalur Gazala.
13: Amerika Serikat membuka Kantor Informasi Perang, sebuah pusat untuk membuat propaganda.
16: Dua konvoi yang bergerak menuju Malta mengalami kegagalan besar; pasukan udara Jerman terus mengebom pulau.
17: Britania keluar dari wilayah yang disebut "Knightsbridge" dan "the Cauldron" di daerah gurun Barat antara Tobruk dan El Gazala. Tobruk sekarang dikepung.
18: Proyek Manhattan dimulai, permulaan penelitian senjata nuklir.
18: Winston Churchill tiba di Washington untuk bertemu dengan Roosevelt.
18: Pengepungan Tobruk semakin hebat; beberapa pasukan yang bertahan dimundurkan ke Mesir.
21: Afrika Korps menduduki kembali Tobruk, dengan 35.000 tawanan, jalan menuju Mesir terbuka sebagai pemunduran Britania hingga Mesir. Kejatuhan Tobruk merupakan peristiwa yang memberatkan semangat Britania. Pasukan darat Jerman telah dibantu oleh serangan Luftwaffe.
23: Mersa Matruh, Mesir jatuh ke Rommel, sekitar 140 mil dari Alexandria.
24: Britania mundur hingga El Alamien, 60 mil dari Alexandria, sebagai "pertahanan terakhir."
25: Jenderal Eisenhower tiba di London untuk menjamin pengiriman Pemimpin pasukan Amerika di Eropa.
25: Serangan "Seribu Pengebom" besar lainnya, kali ini di Bremen; para penyerang mendapat kekalahan yang telak.
26: Jerman bergerak menuju Rostov, Rusia.
27: Konvoi PQ17 yang berlayar dari Islandia diserang; hanya 11 dari 37 kapal selamat.
28: Operasi Biru, rencana Jerman untuk menduduki Stalingrad dan ladang minyak Rusia di Kaukasus, dimulai. Pasukan dipindahkan ke Selatan.
30: Rommel mencapai El Alamein.

Juli 1942
1: Pertempuran El Alamein Pertama dimulai dengan Rommel yang memulai penyerangan pertama terhadap pertahanan Britania.
1: Sevastopol jatuh ke Jerman; akhir perlawanan Rusia di Krimea.
2: Churchill melakukan gerakan mengkritik di Balai Umum.
2: Sekutu mengalami kegagalan besar Juni terhadap perkapalannya oleh U-Boat, termasuk PQ17.
3: Guadalcanal berada di tangan Jepang.
4: Misi udara pertama oleh Angkatan Udara Amerika di Eropa.
6: Keluarga Anne Frank berlindung di loteng di atas kantor ayahnya di sebuah gudang di Amsterdam.
11: Pasukan Rommel diberhentikan sebelum tiba di El Alamein, khusunya karena keterbatasan proyektil.
12: Sudah jelas bahwa Stalingrad merupakan tantangan besar bagi para penyerang.
15: Aksi yang dilakukan di sekitar El Alamein hanya pertempuran kecil.
16: Atas perintah dari pemerintah Vichy Perancis yang diketuai Pierre Laval, petugas polisi Perancis mengumpulkan 13.000-20.000 kaum Yahudi dan mengurung mereka di Velodrome Musim Dingin. (lihat Rafle du Vel'd'Hiv.)
18: Jerman mengujicoba Messerschmitt Me-262 menggunakan mesin jet-nya untuk pertama kali.
19: Pertempuran Atlantik - Panglima Tertinggi Jerman, Karl Dönitz memerintahkan U-Boat terakhir meninggalkan posisi pesisir Atlantik Amerika Serikat-nya sebagai tindakan atas sistem konvoi Amerika yang semakin efektif.
20: Setelah pendaratan di wilayah Buna-Gona, Jepang di Nugini bergerak melintasi jejaring pegunungan Owen Stanley menuju Port Moresbu di bagian tenggara pulau, dekat dengan Australia; sekelompok pasukan kecil Australia memulai aksi penjagaan belakang di Jalur Kokoda.
22: Deportasi sistematis Yahudi dari Perkampungan Yahudi dimulai. Treblinka, "suatu model" kamp konsentrasi dibuka di Polandia.
24: Jerman menduduki Rostov-on-Don; Rusia mengalami kemunduran di sepanjang Sungai Don.
26: Serangan kedua oleh Britania dibawah Auchinleck gagal melawan Rommel. Pertempuran El Alamein Pertama dapat dikatakan berakhir.
27: Serangan hasutan di Hamburg oleh RAF.
29: Jepang menduduki Kokoda, setengah jalan sepanjang celah Owen Stanley menuju Port Moresby.
30: Penghentian lebih lanjut di El Alamein antara Rommel dan Auchinleck.

Agustus 1942
1: Jerman terus menuai sukses dalam penyerangan terhadap Stalingrad.
3: Sebuah konvoi menuju Malta dihancurkan oleh Luftwaffe dan U-Boat.
5: Tim perencanaan AS untuk Operasi Torch, yang melibatkan George S. Patton; James Doolittle; Kent Lambert; dan Hoyt S. Vandenberg, bertemu di Washington, Distrik Columbia untuk bergabung dengan tim perencanaan dari London, Inggris.
7: Operasi Watchtower memulai Kampanye Guadalcanal sementara pasukan Amerika menyerang Gavutu, Guadalcanal, Tulagi dan Tanambogo di Kepulauan Solomon.
7: Jenderal Bernard Montgomery mengambil kepemimpinan Angkatan Darat ke-8 Britania di Afrika Utara.
8: Di Washington, DC, enam penyabot Jerman dieksekusi (dua lainnya menerima kurungan seumur hidup).
8: Pertempuran Pulau Savo, dekat Guadalcanal; Amerika kehilangan tiga kapal jelajah, Australia satu kapal.
9: Dalam penarikannya dari semenanjung Krimea, Rusia menhancurkan pertambangan minyak.
9: Berbagai kerusuhan menuntut kemerdekaan India; Mahatma Gandhi ditahan.
10: Rommel memulai serangan di sekitar El Alamein, tetapi pada bulan September ia kembali ke jalur aslinya.
11: HMS Eagle, sebuah kapal angkut dalam tugas konvoi menuju Malta, diserang dan tenggelam dengan kematian yang cukup banyak.
12: Dalam pertemuan di Moskow, Churchill memberitahu Stalin bahwa daerah tersebut tidak akan menjadi "front kedua" tahun 1942.
12: Pasukan Amerika mendirikan basis di kepulauan Hebrida Baru.
12: Pertempuran meningkat sementara Jerman mendekati Stalingrad.
13: Jenderal Bernard Montgomery ditunuk sebagai komandan Angkatan Darat kedelapan Britania di Afrika Utara; Churchill khawatir melihat aksi pertahanan lainnya dari pihak Britania.
13: Akhir yang buruk bagi konvoi Malta, tetapi satu kapal minyak dan empat kapal bantuan berhasil melewatinya.
15: Operasi Pedestal tiba di benteng pulau Malta.
17: Pengeboman besar Angkatan Udara AS di Rouen, Perancis dan jaringan relnya.
18: Jepang memperkuat Nugini; Australia juga mendaratkan tentara di Port Moresby. Sementara itu, pesawat Amerika telah menghancurkan kekuatan udara Jepang di Wewak, Nugini.
19: Operai Jubilee, sebuah penyerangan oleh britahia tetapi banyak pasukan Kanada di Dieppe, Perancis, berakhir buruk, mereka diserang dan kebanyakan tewas atau ditawan oleh Jerman.
21: Serangan balasan Jerman di Pangkalan Henderson; dalam pertempuran lainnya di Sungai Tenaru (atau Ilu), banyak tentara Jepang tewas dalam serangan langsung.
22: Brazil mengumumkan perang terhadap negara Axis, sebagai respon atas berbagai kerusuhan oleh penduduk yang marah karena penenggelaman kapal-kapal Brazil.
23: Jerman semakin dekat dengan Stalingrad.
24: Pertempuran laut di Kepulauan Solomon Timur; USS Enterprise rusak parah dan Jepang kehilangan satu kapal angkut ringan.
26: Pertempuran Teluk Milne dimulai: Pasukan Jepang mendarat dan melancarkan serangan besar terhadap basis Australia dekat ujung timur Nugini.
27: Marsekal Georgi Zhukov ditunjuk untuk memimpin pertahanan Stalingrad; Luftwaffe mengirim serangan besar-besaran terhadap kota itu.
28: Bom hasutan dijatuhkan oleh pesawat terapung Jepang dan menyebabkan kebakaran hutan di Oregon.
30: Pertempuran Alam Halfa, Mesir, beberapa mil di selatan El Alamein dimulai. Ini akan menjadi kesempatan terakhir Rommel untuk memasuki jalur Inggris; superioritas udara Britania memainkan peran besar.
30: Luksemburg secara formal dianeksasi dan dimasukkan ke dalam Reich Jerman.

September 1942
3: Pertempuran Stalingrad dapat dikatakan mulai pada tanggal ini, dengan tentara Jerman di pinggiran kota; bahkan pria dan anak-aak dimasukkan dalam militer Rusia untuk membantu pertahanan.
4: Terdapat kerusuhan IRA di Belfast pada malam ini.
4: Distrik Pembangunan Manhattan secara formal dibentuk, produksi bom atom dimulai.
5: Pasukan Australia dan AS mengalahkan pasukan Jepang di Teluk Milne, Papua, kekalahan untuk pasukan darat Jepang pertama dalam Perang Pasifik. Evakuasi mereka dan kegagalan mendirikan basis udara meringankan ancaman terhadap Australia.
6: Pelabuhan Novorossisk di Laut Hitam diduduki oleh Jerman.
9: Sebuah pesawat Jepang menjatuhkan bom hasutan lainnya di Oregon, tetapi dengan akibat kecil.
10: RAF meledakkan Düsseldorf dengan pengeboman hasutan besar.
10-14: Pertempuran "Bukit Berdarah", Guadalcanal: Amerika mendorong pasukan Jepang yang berusaha menduduki kembali Pangkalan Henderson.
12: RMS Laconia, mengangkut warga sipil, tentara Sekutu dan tahanan Italia, diserang di lepas pantai Afrika Barat dan tenggelam.
12-16: Pertemuan Quebec Kedua: Roosevelt dan Churchill setuju untuk menyudahi perang di zona-zona pendudukan di Jerman dan penyusunan Lend-Lease lebih jauh.
13: Pertempuran Stalingrad berlanjut; kota itu dikepung seluruhnya oleh Jerman. Pada sisi Rusia jenderal Vasily Chukov ditugaskan untuk pertahanan.
14: Jepang mundur kembali dari Pangkalan Henderson, Guadalcanal.
14: Jepang berada 30 mil dari Post Moresby, Nugini, di jalur Kokoda.
14: Penenggelaman konvoi berlanjut di Atlantik.
15: Amerika mengirim tentara ke Port Moresby sebagai bantuan bagi pasukan Australia.
15: Kapal angkut ringan USS Wasp tenggelam oleh kapal selam Jepang di lepas pantai Guadalcanal.
18: Pertempuran "lumbung gandum" di Stalingrad; Jerman dikalahkan. Rusia mulai mengirim tentara Angkatan Darat Merah pada malam hari melintasi Volga.
20: RAF mengebom Munich dan Saarburcken.
23: Jenderal Rommel meninggalkan Afrika Utara untuk menjalani perawatan medis di Jerman.
27: Pertempuran Sungai Matanikau, Guadalcanal; Pengeboman oleh angkatan laut Jepang dan pasukan yang mendarat hampir menghancurkan Pangkalan Henderson dan berusaha mendudukinya, tetapi pasukan darat segera dimundurkan.
28: Jepang melanjutkan pemindurannya di jalur Kokoda di Nugini.
30: Skuadron Elang (relawan Amerika di RAF) secara resmi dikirim ke Angkatan Udara AS.
30: Hitler berbicara kepada negaranya dan bersikeras bahwa Stalingrad akan diduduki.

Oktober 1942
3: Peluncuran sukses roket-A4 di Peenemünde, Jerman. Roket tersebut terbang sejauh 147 kilometer dan mencapai ketinggian 84.5 kilometer dan merupakan benda buatan manusia pertama yang mencapai luar angkasa.
4: Komando Britania menyerang Sark, sebuah Pulau Channel, menangkap seorang prajurit Jerman.
6: Dengan penyusunan yang berhubungan, Sekutu setuju pada suatu strategi dimana Amerika akan mengebom pada siang hari dan RAF pada malam hari.
11: Pertempuran Tanjung Esperance - Di pantai Baratlaut Guadalcanal, kapal Angkatan Laut Amerika Serikat menghalang dan mengalahkan sebuah armada Jepang dalam perjalanan mereka untuk membantu tentaranya di pulau itu. Dengan bantuan radar mereka menenggelamkan satu kapal jelajah dan beberapa kapal perusak Jepang.
12: Sistem pengantaran tentara Rusia melintasi Volga dan menuju Stalingrad berhasil, sementara serangan Jerman semakin terhalang.
13: Pengeboman besar Pangkalan Henderson, Guadalcanal oleh angkatan laut Jepang.
14: Sebuah U-Boat Jerman menenggelamkan kapal feri SS Caribou, menewaskan 137 orang.
18: Hitler mengeluarkan Perintah Komando, meminta semua komando yang ditangkap agar dieksekusi segera.
18: Laksamana William "Bull" Halsey ditugaskan memimpin pasukan laut Pasifik Selatan.
21: Aktivitas besar RAF di El Alamein.
22: Usia wajib militer di Britania di kurangi hingga 18 tahun.
22: Jenderal Amerika Mark Clark secara terang-terangan mendarat di Aljazair untuk bergabung dengan petinggi Vichy dan grup Pemberontak dalam persiapan serangan Sekutu selanjutnya.
23: Pertempuran El Alamein Kedua dimulai dengan pengeboman besar Sekutu terhadap posisi Jerman. Kemudian pasukan Australia, terutama, memulai serangan saat pasukan laut Britania di lepas pantai membantu pengepungan (kemenangan serentak yang terjadi sedang dipersiapkan di Guadalcanal dan Stalingrad.
24: Pasukan Tugas 34 Angkatan Laut AS, terdiri dari kapal angkut pesawat, berbagai kapal pembantu, termasuk Kapal Tentara dan kapal lainnya, berlayar dari Hampton Roads, Virginia dengan pasukan Patton untuk Operasi Torch, pendaratan di Afrika Utara. Dua pasukan tugas Operasi Torch lainnya, pasukan pimpinan Amerika pertama berperang pada perang di Eropa dan Afrika, meninggalkan Britania menuju Maroko.
24: Krisis di El Alamein: Tank Brirania selamat dari tembakan 88m Jerman; Montgomery memerintahkan serangan dilanjutkan meskipun banyak yang berguguran.
25: Rommel yang terluka kembali dari peristirahatannya di Jerman untuk ikut bertempur di Afrika. (Penggantinya, Jenderal Strumme meninggal karena serangan jantung).
25: Jepang melanjutkan serangan mereka kepada Angkatan Laut di barat Pangkalan Henderson.
26: Pertempuran laut Santa Cruz: Jepang kehilangan banyak pesawat dan dua kapal angkut pesawatnya rusak. USS Hornet tenggelam dan USS Enterprise mengalami kerusakan.
29: Jepang terus mengirim tentara sebagai bantuan menuju Guadalcanal.
31: Britania membuat terobosan buruk dengan tank di barat El Alamein; ladang minyak Rommel gagal menghentikan pertahanan Sekutu.
29: Di Britania Raya, pemuka jemaat dan figur politik terdepan mengadakan pertemuan umum untuk membicarakan kebiadaban penyiksaan Nazi Jerman terhadap kaum Yahudi.

November 1942
1: Operasi Supercharge, serangan Sekutu di El Alamein, dimulai.
3: Pertempuran El Alamein Kedua berakhir - pasukan Jerman dibawah Erwin Rommel terpaksa mundur pada malam itu.
8: Operasi Torch, serangan Sekutu terhadap Maroko dan Aljazair milik Vichy, dimulai; pemberontak Perancis melakukan kudeta di Algiers, melibatkan sekitar 400 penyerang menetralkan Korps Angkatan Darat ke-19 Vichy dan jenderal Vichy (Juin, Darlan, dll.), membantu secara signifikan terhadap kesuksesan operasi ini.
10: Dalam pelanggaran gencatan senjata 1940, Jerman menyerang Perancis Vichy, mereka merujuk kepada fakta bahwa Laksamana Perancis François Darlan telah menandatangani sebuah gencatan senjata dengan Sekutu di Afrika Utara.
10: Oran, Aljazair jatuh ke tentara AS; 17 kapal Perancis tenggelam di Oran, menyebabkan sebuah ketegangan antara Perancis dan Sekutu. Terdapat pendaratan Sekutu lainnya dekat perbatasan Tunisia.
10: Montgomery memulai sebuah pertahanan besar Britania di Sollum di perbatasan Libya/Mesir. Britania mencapai Bardia pada tanggal 11, Tobruk tanggal 12, dan Benghazi tanggal 18.
10: Letnan Jenderal Montgomery disumpahkan dan dijadikan Jenderal penuh.
10: Churchill berkata: "Ini bukanlah akhir. Ini juga bukanlah awal dari akhir. Tetapi, mungkin, akhir dari awal."
11: Konvoi mencapai Malta dari Alexandria; sebuah pengumuman resmi menyatakan bahwa pulau itu "dihidupkan dari pengepungan."
12: Pertempuran Guadalcanal - Sebuah pertempuran laut dekat Guadalcanal meletus antara pasukan laut Jepang dan Amerika. Hasilnya, USS Juneau tenggelam dengan banyak kru, termasuk lima Sullivan bersaudara.
12: Rusia membuat usaha menghidupkan kembali Stalingrad di Kotelnikov.
13: Angkatan Darat Kedelapan Britania menduduki kembali Tobruk.
13: Dalam Pertempuran Guadalcanal - para penerbang dari USS Enterprise menenggelamkan kapal perang Jepang Hiei.
14: USS Washington menenggelamkan kapal perang Jepang Kirishima dalam pertempuran kapal perang satu-satunya selama Perang Dunia II.
15: Pertempuran laut Guadalcanal berakhir. Meskipun Angkatan Laut Amerika Serikat mengalami kegagalan, mereka tetap memegang kontrol laut di sekitar Guadalcanal.
15: Britania bergerak ke barat di Tunisia.
17: Jepang mengirim bantuan ke Nugini; Amerika terhalang di Buna.
18: Serangan besar RAF Britania di Berlin dengan beberapa pesawat yang jatuh.
19: Di Stalingrad pasukan Uni Soviet dibawah Jenderal Georgy Zhukov melancarkan Operasi Uranus yang ditujukan pada pengepungan Jerman di kota itu dan memutarbalikkan pertempuran dengan cara USSR.
20: Sekutu menduduki Benghazi, Libya; Afrika Korps terus mundur ke barat.
21: Usaha Rusia dalam pengepungan Stalingrad berlanjut dengan kesuksesan.
21: Angkatan darat Amerika bergerak untuk mengusir Jepang dari ujung barat Guadalcanal.
22: Pertempuran Stalingrad - Situasi bagi penyerang Jerman di Stalingrad menegang setelah serangan balasan Operasi Uranus Soviet da Jenderal Friedrich Paulus mengirimkan Adolf Hitler sebuah telegram yang menyatakan bahwa Angkatan Darat ke-6 Jerman dikepung.
22: Tentara Rusia menyelesaikan pengepungan Jerman di Kalach, barat Stalingrad.
23: "Der Kessel" - Cauldron, sebuah gambaran pertempuran besar di Stalingrad, Hitler meminta Jenderal Paulus untuk tidak mundur, hingga kapanpun.
25: Pengepungan Stalingrad semakin stabil. Hitler mengulangi permintaannya terhadap Paulus agar tidak menyerah.
27: Di Toulon, angkatan laut Perancis meneggelamkan kapal laut (termasuk Dunkerque dan Strasbourg) dan kapal selam mereka agar tidak jatuh ke tangan Jerman; Perancis telah menolak pilihan lainnya - untuk bergabung dengan armada Sekutu di perairan Afrika Utara.
29: Pertahanan Sekutu di Tunisia hanya menuai sedikit sukses.
30: Pertempuran laut Tanjung Tassafaronga (lepas pantai Guadalcanal); ini merupakan sebuah serangan malam dimana pasukan laut Jepang menenggelamkan satu kapal jelajah Amerika dan merusakaan tiga kapal lainnya.

Desember 1942
1: Penjatahan bensin dimulai di Amerika Serikat.
1: Kapal jelajah AS Northampton tenggelam setelah kapal perusak Jepang berusaha memasuki "Celah" menuju Guadalcanal.
2: Pertempuran hebat di Tunisia, sementara pasukan Jerman terdorong hingga ujung akhir Afrika Utara.
2: Dibawah tempat duduk di Lapangan Stagg di Universitas Chicago, sebuah tim yang dipimpin Enrico Fermi menciptakan reaksi berantai nuklir pertama. Sebuah pesan berkode, "Pemandu Italia telah mendarat di dunia baru" dikirim kepada Presiden Roosevelt.
4: Pengeboman AS pertama terhadap daratan Italia - Naples.
6: Pengeboman RAF di Eindhoven di Belanda.
7: Dalam perayaan serangan Pearl Harbor, USS New Jersey, kapal perang terbesar Amerika diluncurkan (diumumkan lima bulan kemudian).
7: Komando Britania mencetuskan Operasi Frankton sebuah serangan terhadap perkapalan di pelabuhan Bordeaux.
9: Angkatan Laut mengembalikan Guadalcanal kepada angkatan darat Amerika.
12: Rommel meninggalkan El Agheila dan mundur ke Tripoli; pertahanan terakhir akan dilakukan di jalur Mareth di selatan Tunisia.
12: Dalam operasi besar bernama "Badai Musim Dingin", usaha Jerman dalam membantu pasukan yang terperangkap di Stalingrad.
13: Luftwaffe terbang mengangkut sedikit bantuan untuk tentara Stalingrad yang dikepung.
14: Serangan laut di lepas pantai Tanjung Bon, utara Tunisia; kapal perusak Britania menenggelamkan dua kapal jelajah Italia.
15: Tentara Amerika akhirnya mendorong Jepang keluar Buna, Nugini.
22: Jerman memulai penarikan dari Kaukasus.
22: Pertempuran "Bukit Longstop" dimulai; sebuah posisi kunci di luar Tunis, Jerman mendudukinya dan mempertahankannya hingga April.
24: Laksaman Perancis Darlan, mantan pemimpin Vichy yang bergabung dengan Sekutu setelah pendaratan Tirch, dibunuh di Algiers.
25: Britania menduduki Sirto, Libya.
25: Pengebom Amerika menyerang Rabaul.
26: Pertempuran hebat berlanjut di Guadalcanal, sekarang dipusatkan di Puncak Austen di Barat.
31: Sementara tahun berakhir, semua terlihat cerah bagi Sekutu: Rommel terperangkap di Tunisia, Jerman terkepung di Stalingrad, dan Jepang terlihat siap meninggalkan Guadalcanal.

1943
Januari 1943
2: Marsekal Lapangan Paulus dan stafnya menyerah di Stalingrad.
2: Jepang keluar dari Buna, Nugini setelah pertempuran selama dua bulan; menjadi jelas bahwa kampanye Amerika salah dikelola.
7: Jepang mendaratkan tentara lainnya di Lae, Nugini.
10: Tentara Soviet melancarkan sebuah serangan pertahanan di Stalingrad; mereka juga memperbarui serangan di utara (Leningrad) dan di Kaukasus.
13: Rusia mengumumkan mungkin secara prematur, bahwa pengepungan Leningrad telah dipatahkan.
14: Pertemuan Casablanca oleh pemimpin Sekutu dimulai. Churchill dan Roosevelt membicarakan serangan terhadap daratan Eropa, serangan mendatang di Sisilia dan Italia, dan prinsip "Penyerahan Tanpa Syarat."
15: Britania memulai sebuah pertahanan yang ditujukan pada pendudukan Tripoli.
16: Irak mengumumkan perang terhadap kekuatan Axis.
16: RAF memulai pengeboman dua malam di Berlin.
18: Kaum Yahudi di Perkampungan Yahudi memberontak untuk pertama kalinya, memulai Pemberontakan Perkampungan Yahudi.
18: Pejuang Leningrad yang dikepung terhubung dengan pasukan bantuan, mengakhiri pengepungan 900 hari.
19: Jenderal Georgy Zhukov dinaikkan pangkatnya sebagai Marsekal sementara Stalingrad berjuang.
21: Lapangan terbang terakhir di Stalingrad diduduki oleh pasukan Merah, menjamin bahwa pesawat Goering tidak dapat membantu tentara Jerman lebih jauh; Hitler terus meminta Paulus melanjutkan peperangan.
21: Angkatan darat Rusia meraih kemenangan di Kaukasus dan juga menduduki Vitebsk.
23: Sekutu menduduki Tripoli, Libya.
23: Jepang meneruskan pertempuran mereka di barat Guadalcanal; mereka terlihat telah menyerah dalam kampanye Papua.
24: Pasukan Jerman di Stalingrad berada dalam tahap terakhir kekalahan.
26: Pasukan Perancis memasuki Tripoli.
27: 50 pengebom Amerika melakukan serangan udara di Jerman. (Wilhelmshaven, basis laut besar, merupakan tujuan utama).
28: Sebuah hukum wajib militer baru di Jerman: pria antara 16 dan 35 tahun dan wanita antara 17 dan 45 tahun terbuka untuk masuk militer.
29: Pertempuran laut Pulau Rennel, dekat Guadalcanal; USS Chicago tenggelam.
29: Pengeboman dua hari Berlin oleh RAF.
30: Pasukan Jepang terakhir telah meninggalkan Guadalcanal dengan rencana evakuasi yang sempurna tanpa diketahui Amerika.
31: Sebagian besar Angkatan Darat Ke-6 Jerman di Stalingrad, termasuk Marsekal Lapangan Paulus, menyerah.

Februari 1943
2: DI Rusia, Pertempuran Stalingrad berakhir dengan penyerahan resmi Angkatan Darat ke-6 Jerman.
2: Rommel mundur jauh hingga Tunisia, menetapkan tentaranya di jalur Mareth. Dalam dua hari, tentara Sekutu bergerak menuju Tunisia untuk pertama kalinya.
5: Sekutu telah menguasai Libya.
5: Essen dibom, menandai awal serangan empat bulan terhadap wilayah industri Ruhr.
7: Di Amerika Serikat, diumumkan bahwa pembagian sepatu akan berjalan selama dua hari.
8: Para Chindit (sebuah "grup penyusup jarak jauh") dibawah Jenderal Britania Orde Wingate memulai serangan mendadak di Burma.
8: Nuremberg dibom besar-besaran.
9: Guadalcanal diamankan seluruhnya; merupakan pencapaian besar pertama bagi pertahanan Amerika di perang Pasifik.
9: Pertempuran Kurskis dimulai. Rusia menduduki Belgograd.
9: Munich dan Vienna dibom, bersama Berlin.
11: Jenderal AS Dwight D. Eisenhower dipilih untuk memimpin pasukan Sekutu di Eropa.
13: Rommel melancarkan serangan balasan terhadap Amerika di barat Tunisia; ia menduduki Sidi Bou Zid dan Gafsa. Pertempuran Celah Kasserine dimulai: tentara Amerika tanpa pengalaman segara mundur.
14: Rostov-on-Don, Rusia dibebaskan oleh Angkatan Darat Merah.
16: Uni Soviet menduduki kembali Kharkov, tetapi dikalahkan dalam Pertempuran Kharkov Ketiga.
18: Dalam pidato di Sportpalast Berlin jenderal propaganda Jerman Joseph Goebbels mengumumkan "Perang Penuh" terhadap Sekutu; Nazi menahan anggota pergerakan Mawar Putih, sebuah grup pemuda anti-Nazi.
18: Chindit dibawah Wingate memutus jalur rel antara Mandalay dan Myitkyina.
21: Amerika menduduki Kepulauan Russel, bagian dari untaian Solomon.
26: Rommel mundur ke utara dari jalur Mareth di Tunisia.
28: SS United Victory, kapal Victory pertama diluncurkan; jenis angkutan ini akan diperlukan untuk mengantar penumpang dan kebutuhan melintasi samudera.
28: Operasi Gunnerside, 6 orang Norwegia dipimpin oleh Joachim Ronneberg berhasil menyerang perusahaan air Vemork.

Maret 1943
1: Heinz Guderian menjadi Inspektur-Jenderal Angkatan Bersenjata untuk Angkatan Darat Jerman.
1: Pertempuran Laut Bismarck. Pasukan laut Amerika Serikat dan Australia, dalam waktu tiga hari, menenggelamkan tiga angkutan tentara Jepang dekat Nugini. Kematian besar rakyat Jepang.
2: Chindit Wingate melanjutkan serangan yang dipusatkan di Burma.
5: Pada awal Maret, Rommel melancarkan serangan kecil dekat jalur Mareth, selatan Tunisia.
5: Serangan Jerman di sekitar Kharkov mengancam pencapaian Rusia.
5: Pengeboman RAF yang berlanjut di bukit Ruhr, umumnya Essen.
6: Pertempuran Medenine, Tunisia. Keberadaan terakhir Rommel di Afrika karena ia dipaksa mundur.
7: Sekutu menguasai Tunisia.
8: Serangan balasan Jerman di sekitar Kharkov.
10: Angkatan Udara ke-14 USAAF dibentuk di Cina, dibawah Jenderal Claire Chennault, mantan kepala "Flying Tigers."
10: Dewan Perwakilan AS memutuskan untuk memperpanjang rencana Lend Lease.
11: Jerman memasuki Kharkov dan pertempuran dengan Rusia berlanjut.
13: Pasukan Jerman memusnahkan perkampungan Yahudi di Kraków.
14: Jerman berhasil menduduki Kharkov, jatuh ke Angkatan Darat Merah sekitar sebulan yang lalu.
16: Laporan pertama pembantaian Katyn di Polandia masuk ke Barat; laporan menyatakan bahwa lebih dari 180.000 tahanan perang dibunuh oleh Rusia, yang awalnya menyalahkan pembantaian tersebut kepada Jerman.
16: Stalin untuk kesembilan kalinya meminta "Front Kedua," menyalahkan sekutunya sebagai pengkhianat.
17: Banyak konvoi tenggelam di Atlantik karena aktivitas U-Boat yang meningkat; pertengahan Atlantik tampaknya tidak terlalu dikuasai pesawat atau kapal.
18: Jenderal Patton memimpin tank dari Korps II menuju Gafsa, Tunisia.
19: Pemberontakan Warsawa Pertama, dilakukan oleh kaum Yahudi di perkampungan; akibatnya tak dapat dihindari.
19: Pertemuan Bermuda dimulai, topiknya mengenai masalah kaum Yahudi Eropa; Sekutu tidak dapat mencapai kesepakatan.
20: Pasukan Montgomery memulai sebuah terobosan di Tunisia, menyerang di jalur Mareth. (Jalur pertahanan dibangun oleh Perancis untuk menahan tank dan infanteri Italia.)
23: Tank Amerika mengalahkan Jerman di El Guettar, Tunisia.
26: Terobosan Britania di jalur Mareth di selatan Tunisia, mengancam seluruh angkatan darat Jerman. Jerman bergerak ke utara.
26: Pertempuran Kepulauan Komandorski. Di Kepulauan Aleut pasukan Angkatan Laut Amerika Serikat mengetahui Jepang untuk membantu pasukannya di Kiska. Persahabatan yang kurang antara kedua pihak membawa kepada kebuntuan, dan Jepang keluar tanpa mencapai tujuan mereka.

April 1943
1: Sekutu terus mendorong Jerman hingga ujung Tunisia; pelabuhan Sfax dibom. Diduduki pada tanggal 10.
6: Hitler dan Mussolini bertemu di Salzburg, terutama karena keganjalan perilaku menghilangnya Mussolini.
7: Pasukan Sekutu-Amerika dari barat, Britania dari Timur- bertemu dekat Gafsa di Libya.
7: Bolivia mengumumkan perang terhadap Jerman, Jepang dan Italia.
8: Rusia menyerang dalam usaha membebaskan seluruh Krimea dari pasukan Jerman; mereka menduduki Kerch di Timur tanggal 11, dan Jerman mundur ke barat menuju Sevastopol.
11: Jerman menawarkan penyerahan resmi Sfax, tetapi pertempuran hebat berlanjut sementara unit bergerak ke utara.
12: Unit terakhir Afrika Korps menyerah di ujung utara Tunisia.
13: Radio Berlin mengumumkan penemuan oleh Wehrmacht yaitu pemakaman massal tahanan Polandia yang dibunuh oleh Soviet dalam pembantaian Katyn.
15: Serangan besar RAF di Stuttgart.
18: Laksamana Yamamoto, arsitek pimpinan strategi laut Jepang, tewas ketika pesawatnya ditembak jatuh oleh P38 Amerika di atas Bougainville. Ia sedang melakukan inspeksi.
18: "Pembantaian Minggu Palem": sejumlah pesawat pengangkut pesawat Jerman ditembak jatuh sebelum mencapai Tunisia, dimana mereka mengangkut tentara Jerman yang terkepung.
19: Pemberontakan Warsawa berlanjut, dengan unit angkatan darat Jerman yang dikirim untuk melawan Pemberontak Yahudi.
26: Britania akhirnya menduduki "Bukit Longstop" di Tunisia, sebuah posisi kunci jalan langsung menuju Tunis.
28: Sekutu berusaha menutup pintu pertengahan Atlantik dalam perang antara U-Boat dengan pengebom jarak jauh.

Mei 1943
1: Sekutu dekat dengan Jerman yang terpojok di wilayah Tunis.
2: Pesawat Jepang mengebom kembali Darwin, Australia.
3: Pasukan Britania menduduki Rangoon, Burma.
7: Tunis diduduki oleh Angkatan Darat Pertama Britania sementara Amerika menduduki Bizerte.
9: Pasukan Jerman dan Italia di Tunisia mengumumkan penyerahan terhadap Britania.
11: Tentara Amerika menyerang Pulau Attu di Kepulauan Aleut dalam usaha menghalang pendudukan pasukan Jepang. Pertempuran ini sulit, termasuk serangan banzai.
12: Konferensi Trident dimulai di Washington, D.C. dengan Franklin D. Roosevelt dan Winston Churchill berpern. Pembicaraan ini kebanyakan mengenai strategi mendatang.
13: Pasukan Afrika Korps Jerman dan Italia di Afrika Utara menyerah kepada pasukan Sekutu. Sekutu mendapatkan lebih dari 250.000 tahanan.
15: Perancis membentuk sebuah "Pergerakan Perlawanan."
16: Serangan Dambuster oleh Skuadron 617 RAF terhadap dua bendungan Jerman, Mohne dan Eder; industri perang Ruhr kehilangan tenaga listrik.
16: Pemberontakan Perkampungan Warsawa berakhir. Perkampungan dihancurkan.
17: Dam Buster RAF yang selamat segera kembali.
19: Winston Churchill membuat sebuah sesi bersama dengan Kongres AS. Ia memuji persahabatan kedua Sekutu.
19: Menteri Propaganda Goebbels mengumumkan bahwa semua kaum Yahudi telah meninggalkan Berlin.
22: Sekutu memulai pengeboman besar Sisilia dan Sardinia, kedua situs pendaratan yang mungkin.
24: Laksamana Karl Dönitz memerintahkan banyak U-Boat melepaskan diri dari Atlantik karena banyak diantaranya jatuh ke taktik anti-kapal selam Sekutu yang baru.
24: Josef Mengele menjadi Pimpinan Medis di Auschwitz.
29: RAF mengebom Wuppertal, menyebabkan banyak kematian sipil.
30: Jepang meninggalkan Pulau Attu di Kepulauan Aleut.
31: B-17 Amerika mengebom Naples.

Juni 1943
4: Jenderal Henri Giraud menjadi Pimpinan Pasukan Perancis Merdeka di Afrika Utara.
8: Pasukan Jepang meninggalkan Pulau Kiska di Kepulauan Aleut, pendudukan terakhir mereka di belahan Barat. Peristiwa ini terjadi hampir setahun setelah pendaratan mereka.
11: Pasukan Britania menduduki Pantelleria dan Lampedusa, kepulauan kecil antara Tunisia dan Sisilia, setelah beebrapa hari pengeboman.
13: Sejumlah pesawat AS jatuh di Kiel.
17: Sekutu mengebom Sisilia dan daratan Italia, sementara tanda-tanda meningkat untuk penyerangan berikutnya.
20: Operasi Cartwheel dimula dengan pendaratan oleh Batalion Laut ke-4 Amerika Serikat di Tanjung Segi di Georgia Baru di Kepuluan Solomon. Tidak akan diamankan hingga Agustus.
22; Pasukan Merah memulai sebuah pertahanan besar.
23: Tentara Amerika mendarat di Kepulauan Trobriand, dekat Nugini. Strategi Amerika dalam menempatkan pasukan di Pasifik Baratlaut dengan "Pendaratan Pulau" berlanjut.
24: Serangan berlanjut terhadap pusat industri Ruhr. Akibatnya terjadi evakuasi warga sipil Jerman dari wilayah tersebut.
30: Tentara Amerika mendarat di Pulau Rendova, Georgia Baru, bagian lainnya dari Operasi Cartwheel.

Juli 1943
3: Pendaratan Amerika berlanjut di Nugini; tujuannya adalah bandar udara Munda.
4: Jenderal Władysław Sikorski dan beberapa anggota pemerintah terusir Polandia tewas karena kecelakaan udara di Gibraltar.
5: Pertempuran Kursk dimulai; merupakan pertempuran tank terbesar sepanjang sejarah, melibatkan sekitar 6.000 tank. Rusia menghentikan Panzer Jerman, termasuk tank Panther dan Tiger.
5: Kekuatan udara Sekutu menyerang armada U-Boat di Teluk Biscay.
6: Armada serangan Sekutu berlayar menuju Sisilia.
6: Pertempuran Amerika Serikat dan Jepang dalam Pertempuran Teluk Kula di lepas Kolombangara, dekat Kepulauan Solomon. Pasukan Amerika mencoba menghentikan pendaratan pasukan Jepang, tetapi dengan keberhasilan kecil. Kapal jelajah Amerika USS Helena (CL-50) tenggelam.
9: Serangan Sekutu di Sisilia menandai awal kekalahan Eropa Axis bersekutu. Divisi Infanteri ke-45 memainkan peran penting.
12: Wehrmacht dan Angkatan Darat Merah berperang dalam Pertempuran Prokhorovka.
12: Pertempuran Kolombangara (dekat New Georgia). Jepang menggunakan radar untuk merusak tiga kapal jelajah Amerika dan menenggelamkan sebuah kapal perusak dengan torpedo. Mereka kemudian mendaratkan bantuan lainnya.
13: Pertempuran Kursk berakhir dengan kekalahan dari kedua belah pihak. Secara keseluruhan tank Rusia kalah. Sementara Rusia melancarkan serangan besar dekat Orel, utara Kursk. Hitler menarik sejumlah pasukan untuk membantu pertahanannya di Sisilia. Telah dikatakan bahwa ancaman Jerman di Timur berakhir.
19: Roma dibom oleh Sekutu untuk pertama kalinya selama perang.
21: Sekutu berhasil di Sisilia, menduduki kota dan menawan sejumlah tawanan.
22: Pasukan Patton menduduki Palermo di baratlaut Sisilia, kemudian bergerak menuju Messina.
22: Deportasi kaum Yahudi dari Perkampungan Yahudi dimulai. Kamp pemusnahan Treblinka dibuka.
24: Benito Mussolini dipecat oleh "dewan Fasis."
24: Operasi Gomorrah dimulai: Pesawat Britania dan Kanada mengebom Hamburg di malam hari, sementara Amerika pada siang hari. Di akhir operasi bulan November, 9.000 ton peledak telah menewaskan lebih dari 30.000 orang dan menghancurkan 280.000 bangunan.
25: Di Ialia, Gran Consiglio del Fascismo menarik dukungannya terhadap Mussolini. Mussolini ditahan dan kekuasaan diberikan kepada Maresciallo d'Italia Jenderal Pietro Badoglio.
28: Operasi Gomorrah berlanjut: pesawat Britania mengebom Hamburg, menyebabkan badai api ketiga yang menewaskan 42.000 warga sipil Jerman.
29: Amerika terus mengebom Kiska, khawatir bahwa Jepang telah menarik diri.
30: Serangan menyebar di Italia. Pemimpin Fasis cacat fisik dan terdapat beberapa pembantaian.
31: Sebagian besar angkatan darat Jerman terperangkap di utara Sisilia.

Agustus 1943
1: Kapal Torpedo Motor (PT Boat) Letnan John F. Kennedy PT-109 ditenggelamkan oleh kapal perusak Jepang di lepas pantai Kepulauan Solomon.
2: Chiang Kai-shek menjadi presiden pemerintahan Nasional Cina.
3: Sebuah "insiden" di rumah sakit Sisilia (bagian kedua tanggal 10 Agustus) ketika Jenderal Patton menampar seorang tentara yang dianggap pura-pura sakit dan tidak dihormati.
5: Catania, Sisilia jatuh ke pasukan Britania Montgomery.
6: Amerika dan Jepang berperang dalam Pertempuran Teluk Vella di lepas pantai Kolombangara di Kepulauan Solomon. Kapal perusak Amerika menenggelamkan tiga kapal perusak Jepang.
6: Jerman memasuki Italia sebagai penyerang, setelah munculnya tanda-tanda bahwa Italia di ambang-ambang kekalahan perang.
7: Amerika menduduki bandar udara Munda di Georgia Baru.
8: Serangan berlanjut oleh tentara Amerika dan Britania terpisah di Sisilia, melanjutkan kompetisi rahasia antara Patton dan Montgomery.
12: Jerman memulai evakuasi Sisilia.
14: Konferensi Empat di Quebec City. Perdana Menteri Kanada MacKenzie King bertemu dengan Winston Churchill dan Franklin D. Roosevelt.
14: Jenderal Patton meminta maaf setelah menampar tentara di rumah sakit Sisilia.
15: Pertahanan besar Rusia di Kharkov mengancam pengepungan angkatan darat Jerman.
15: Amerika menduduki Pulau Vella Lavella di Kepulauan Solomon. Mereka juga merebut kembali Kiska, yang telah ditinggalkan pasukan Jepang.
16: Portugal mengizinkan Britania mendirikan basis di Kepulauan Azores.
17: Angkatan Darat ke-7 AS dibawah Jenderal George S. Patton tiba di Messina, Italia yang kemudian diikuti oleh Angkatan Darat ke-8 Britania dibawah Marsekal Lapangan Bernard L. Montgomery, menyelesaikan pendudukan Sekutu terhadap Sisilia. Kemenangan belum selesai, tetapi, tentara Jerman berhasil bergerak menuju daratan.
17: Roosevelt dan Churchill menandatangani Perjanjian Quebec, perjanjian formal untuk mengkoordinasikan penelitian bom atom dan rencana penyerangan Normandia, dan pendirian Komando Asia Tenggara.
17: Serangan udara Amerika di Schweinfurt dan Regensburg dengan kekalahan besar dari pihak Amerika.
17: Peenemunde di Pesisir Baltik dibom setelah Sekutu mengetahui situs V-1 pertama yang misterius.
23: Pertempuran Kursk berakhir dengan kekalahan pasukan Jerman. Rusia merebut kembali Kharkov.
23: RAF mengebom kembali Berlin dengan kekalahan besar.
26: Lord Louis Mountbatten ditunjuk sebagai komandan pasukan Asia Tenggara.
27: Pemberontakan Anti-Jerman di Naples, Italia; sebuah pembantaian warga sipil menyusul.
29: Jerman meruntuhkan pemerintahan Denmark setelah menolak berunding dengan berbagai serangan. Bom dipasang di Kopenhagen dan beberapa kapal laut kecil tenggelam.

September 1943
3: Daratan Italia diserang sementara pasukan Sekutu dibawah Bernard L. Montgomery mendarat di Reggio de Calabria. Sebuah Gencatan Senjata Italia ditandatangani dan Italia keluar dari perang.
3: Nazi Jerman memulai pengosongan warga sipil dari Berlin.
4: Rusia mengumumkan perang terhadap Bulgaria.
4: Resimen Infanteri ke-503 dibawah Jenderal Amerika Serikat Douglas McArthur mendarat dan menduduki Nadzab, di timur kota pelabuhan Lae di timurlaut Papua Nugini. Lae jatuh ke tangan Amerika dan tentara Amerika menduduki Salamau.
8: Jenderal Amerika Serikat Dwight D. Eisenhower mengumumkan penyerahan Italia kepada Sekutu.
8: USAAF mengebom Kantor Jenderal Jerman untuk wilayah Mediterania di Frascati.
9: Sekutu mendarat di Salerno, Italia; sementara tentara Britania menduduki Taranto setelah Italia menyerah. Strategi Sekutu adalah pada berbagai penyerahan.
9: Rusia melancarkan pertahanan di Kiev, ibu kota Ukraina.
9: Iran, melihat kesuksesan Sekutu di Italia, mengumumkan perang terhadap Jerman.
10: Jerman menduduki Roma, sekarang Italia telah menyerah kepada Sekutu. Armada Italia menyerah di malta dan pelabuhan Mediterania lainnya.
12: Mussolini diselamatkan dari pengurungan puncak gunung oleh Dewan Fasis (lihat entri untuk 24 Juli) oleh penerjun payung Jerman yang dipimpin Otto Skorzeny. Mussolini kemudian dipertemukan dengan Hitler, yang masih setia kepada teman lamanya, dan diangkat menjadi kepala "Salo", sebuah pemerintahan quasi: "Republik Sosial Italia."
13: Tentara Jerman dan Italia saling berperang di Yunani.
13: Kepala pantai Salerno terancam, serangan Jerman meningkat.
14: Tentara Britania menduduki Bari, sebuah pelabuhan penting di tenggara Italia. Sementara Amerika mendarat di Sardinia dan bersiap-siap mendudukinya.
15: Mussolini mengumumkan berdirinya "Republik Sosial Italia" (Lihat entri 15 September)
15: Chiang Kai-shek, presiden baru Cina, memberitahukan bahwa Jenderal Stillwell, penasihat/komandan militer AMerika, akan dipanggil untuk menyarankan kerjasama dengan Komunis.
16: Pasukan Britania menduduki berbagai pulau-pulau Yunani di Laut Aegean.
16: Tentara Britania dan Amerika tiba dekat kepala pantai Salerno.
20: Pasukan Sekutu mendekati Naples.
21: Kapal selam Britania menyerang kapal perang Jerman Tirpitz, di fjord Norwegia, menjebaknya selama enam bulan.
21: Pertempuran Solomon dapat dianggap berakhir secara tidak resmi.
22: Pasukan Australia mendarat di Finschhafen, sebuah pelabuhan kecil di Nugini. Jepang melanjutkan pertempuran hingga Oktober.
25: Rusia menduduki Smolensk, sebuah kota penting di barat Moskow; mereka juga mencapai pinggiran kota Kiev.
27: Chiang Kai-shek mengeksekusi saudara lelaki Mao Zedong.
28: Penduduk Naples, merasakan kedatangan Sekutu, memberontak melawan Jerman. Pemberontakan itu berakhir dengan banyak kematian sipil. Pasukan Sekutu tidak muncul.
28: Jerman merebut pulau Corfu dari Italia, penduduk sebelumnya.
29: Berita disebarkan bahwa Denmark secara rahasia mengirim kaum Yahudi mereka ke Swedia dengan penyeberangan perahu; ribuan orang diselamatkan.

Oktober 1943
1: Pasukan Britania dan Amerika memasuki Naples; pelabuhannya rusak parah karena pengeboman Sekutu dan sabotase oleh pasukan Jerman yang menyerah.
1: Rusia melanjutkan pergerakan mereka di Kiev dengan menyeberangi Sungai Dnieper.
4: Korsika dibebaskan oleh pasukan Perancis Merdeka.
4: Pesawat dan kapal laut Amerika mengebom Pulau Wake.
6: Amerika dan Jepang berperang dalam Pertempuran Laut Vella Lavella. Jepang berhasil mengosongkan pulau.
7: Lord Louis Mountbatten secara resmi menjadi Komandan Tertinggi Sekutu Asia Tenggara
12: Angkatan Darat Kelimabelas AS menyeberangi Sungai Volturno di Italia.
12: Sebuah serangan bom besar di Rabaul, Britania Baru.
13: Pemerintahan baru di Italia, dipimpin Marsekal Badoglio, mendukung Sekutu dan mengumumkan perang terhadap Jerman.
14: "Kamis Hitam": serangan Schweinfurt Kedua dimana pengebom Amerika gugur.
18: Chiang Kai-shek memasuki kantornya sebagai presiden Cina.
19: Pertemuan Menteri Luar Negeri di Moskow: Anthony Eden (Britania Raya), Cordell Hull (AS) dan V Molotov (USSR) memulai diskusi mengenai bagaimana perdamaian dilakukan.
19: Lord Mountbatten bertemu dengan Chiang Kai-shek untuk memberikan bantuan di Cina.
20: MacArthur kembali: ia mendarat dengan pasukannya di Leyte.
22: RAF mengirim serangan udara besar di pusat industri Jerman, Kassel.
22: Banyak pesawat Jepang di pangkalan Rabaul dihancurkan oleh pesawat Sekutu .
25: Rusia melintasi Sungai Dnieper dan menduduki Dneporpetrovsk.
29: Pekerja pelabuhan Britania berdemo di London; tentara menggantikan pekerjaan mereka.
31: Hujan lebat di Italia memperlambat serangan Sekutu terhadap Roma.

November 1943
1: Dalam Operasi Goodtime, Angkatan Laut Amerika Serikat mendarat di Bougainville di kepulauan Solomon. Pertempuran untuk pulau ini akan berlanjut hingga akhir perang.
2: Pada jam-jam pertama, kapal Amerika dan Jepang]bertempur dalam Pertempuran Teluk Empress Augusta di lepas pantai Bouganville, tetapi Jepang gagal mendaratkan bantuan.
2: Tentara Britania, di Italia, mencapai Sungai Garigliano.
6: Angkatan Darat Merah membebaskan kota Kiev. Ini merupakan perayaan Revolusi Rusia tahun 1917.
9: Sekutu menduduki Castiglione, Italia.
9: Jenderal De Gaulle menjadi Presiden Komite Perancis untuk Kemerdekaan Nasional.
11: Kekuatan udara Amerika terus menyerang Rabaul.
12: Jerman mengalahkan pasukan Britania di kepulauan Dodecanese, lepas pantai Turki.
14: Pengeboman besar di Tarawa, di Kepulauan Gilbert di Samudera Pasifik.
15: Pasukan Penjelajah Sekutu untuk serangan di Eropa secara resmi dibentuk.
15: Pemimpin SS Jerman, Heinrich Himmler memerintahkan bahwa Gipsi dan "setengah-Gipsi" diletakkan "sederajat kaum Yahudi dan ditampung di kamp konsentrasi."
16: Pemberontakan Anti-Jerman di Italia meningkat; terdpat ledakan di Milan.
16: 160 pengebom Amerika menyerang sebuah fasilitas pembangkit hidro-elektrik dan pabrik air keras di Vemork milik Jerman, Norwegia.
16: Kapal selam Jepang menenggelamkan kapal selam AS USS Corvina di permukaan laut dekat Truk.
18: 440 pesawat Angkatan Udara Kerajaan mengebom Berlin menyebabkan kerusakan ringan dan menewaskan 131 orang. RAF kehilangan 9 pesawat dan 53 penerbang.
20: Pertempuran Tarawa dimulai - Angkatan Laut Amerika Serikat mendarat di atol Tarawa dan Makin di Kepulauan Gilbert dan diserang dari tentara pesisir Jepang. Amerika dikejutkan dengan keguguran yang banyak.
20: Tentara Britania dibawah Montgomery melanjutkan serangannya di bagian timur Italia.
22: Presiden AS Franklin D. Roosevelt, Perdana Menteri Britania Winston Churchill, dan pemimpin RC (Republik Cina) Chiang Kai-Shek bertemu di Kairo, Mesir, untuk membicarakan cara mengalahkan Jepang.
23: Kerusakan besar dari pengeboman Sekutu di Berlin. Deutsche Opernhaus di Bismarckstraße di distrik Charlottenburg, Berlin, dihancurkan.
24: Pengeboman besar terhadap Berlin berlanjut.
25: Amerika dan Jepang
bertempur dalam Pertempuran Tanjung St. George antara Buka dan Irlandia Baru. Kapal perusak Admiral Arleigh Burke mengeluarkan diri.
25: Rangoon dibom oleh pengebom Amerika.
26: Pertahanan Rusia di Ukraina berlanjut.
27: Konferensi Casablanca ("Sextant") berakhir; Roosevelt, Churchill, dan Chiang Kai-shek menyelesaikan Deklarasi Kairo, yang menghasilkan rencana strategi melawan Jepang.
27: Kematian warga sipil besar di Berlin sementara serangan bom berlanjut.
28: Konferensi Teheran: Presiden AS Franklin D. Roosevelt, Perdana Menteri Britania Winston Churchill dan Pemimpin Soviet Joseph Stalin bertemu di Teheran untuk membicarakan strategi perang; (tanggal 30 November mereka mengeluarkan perjanjian mengenai serangan Juni 1944 ke Eropa dengan nama Operasi Overlord). Stalin memiliki janji bahwa ia akan menunggunya.
29: AVNOJ bagian kedua, dewan Anti-fasis kemerdekaan nasional Yugoslavia, diadakan di Jajce, Bosnia dan Herzegovina, membicarakan peraturan sebelum perang di negara itu.
30: Di Malaya, jepang mengeluarkan PERINGATAN PEMERINTAH No. 41 untuk membantu keluarga menanami ladangnya. Keluarga yang berhasil akan diberikan hadiah sementara keluarga yang gagal memnuhinya atau meninggalkan tanahnya tanpa ditanami akan dihukum. Peringatan ini ditulis oleh ITAMI MASAKICHI (Penang Shu Chokan) pada tanggal 25 November 2603/1943.

Desember 1943
3: Edward R. Murrow menggelar "Orchestrated Hell" klasiknya yang disiarkan oleh CBS Radio yang menggambarkan pengeboman malam Angkatan Udara Kerajaan di Berlin.
4: Bolivia mengumumkan perang terhadap seluruh kekuatan Axis.
4: Di Yugoslavia, pimpinan pemberontak Marsekal Tito mengumumkan sebuah pemerintahan terusir demokratis Yugoslavia.
12: Rommel ditunjuk sebagai kepala "Fortress Europa", kepala perencana serangan terhadap pertahanan Sekutu selanjutnya.
16: Kalinin direbut kembali dalam pertahanan besar-besaran Rusia.
24: Jenderal AS Dwight D. Eisenhower menjadi Komandan Tertinggi Sekutu di Eropa.
26: Kapal perang jelajah Jerman Scharnhorst tenggelam di Tanjung Utara (di Arktik) oleh serangan torpedo kapal jelajah dan perusak Britania.
26: Angkatan Laut Amerika mendarat di Tanjung Gloucester, Britania Baru.
27: Jenderal Eisenhower secara resmi menjadi ketua Overlord, serangan ke Normandia.
28: Di Burma, tentara Cina menuai sukses melawan Jepang.

1944
Januari 1944
 4: Pertempuran Monte Cassino dimulai
4: Rusia menyeberang ke Polandia dari front Ukraina
9: Pasukan Britania menduduki Maungdaw, Burma, sebuah pelabuhan penting bagi persediaan Sekutu.
11: Pertempuran pertama Monte Cassino. Amerika dikalahkan.
12: Count Ciano, Menteri Luar Negeri Italia dan anak tiri Mussonlini dieksekusi oleh simpatisan pemerintah Fasis Mussolini.
17: Pasukan Britania, di Italia, menyeberangi Sungai Garigliano.
19: Tentara Rusia didorong ke barat menuju negara-negara Baltik.
20: Angkatan Udara Kerajaan menjatuhkan 2.300 ton bom di Berlin.
20: Divisi Infanteri ke-36 Angkatan Darat AS, di Italia, berusaha menyeberang Sungai Rapido tetapi banyak yang gagal.
22: Sekutu memulai Operasi Shingle, pendaratan di Anzio, Italia. Divisi Infanteri ke-45 AS menetapkan basis di Anzio melawan berbagai kerusuhan selama 4 bulan. Artileri Jerman dan serangan tentara hampir menduduki tepi pantai.
24: Pasukan Sekutu mundur besar-besaran di Sungai Rapido.
29: Tentara Amerika mendarat di Kepulauan Admiralty, bagian dari Nugini.
30: Tentara Amerika Serikat menyerang Majuro, Kepulauan Marshall.
31: Pasukan Amerika mendarat di Atol Kwajalein dan pulau lainnya di Kepulauan Marshall milik Jepang.
31: Amerika berusaha menjaga tepi pantai Anzio.

Februari 1944
1: Angkatan Laut Amerika Serikat mendarat di Roi dan Namur di Kepulauan Marshall.
1: Pertempuran di Monte Cassino dan Anzio meningkat.
2: Pasukan Rusia bergerak ke Estonia.
3: Pendudukan Amerika Serikat terhadap Kepulauan Marshall hampir berhasil.
3: Rusia menawan dua korps Angkatan Darat Jerman di "kantung" Korsun, selatan Kiev.
3: Pesawat Amerika mengebom Eniwetok di Kepulauan Marshall, yang kemudian menjadi basis B-29.
4: Kwajalein, atol terbesar di dunia dan basis laut besar Jepang diamankan.
5: Angkatan Laut Amerika mengebom Kepulauan Kurile, wilayah paling utara di negara Jepang.
6: Jerman terus menuai sukses menyerang Sekutu di Cassino.
7: Di Anzio, Sekutu terus diancam dengan serangan artileri Jerman.
8: Rencana penyerangan ke Perancis, Operasi Overlord, dikonfirmasikan.
14: Kantor pusat SHAEF didirikan di Britania oleh Jenderal Dwight D. Eisenhower.
14: Kerusuhan anti-Jepang di Jawa.
15: Pertempuran Monte Cassino "kedua" dimulai. Kuil bersejarah di atas Monte Cassino hancur setelah dibom Sekutu. Pengeboman ini kontroversial sejak Jerman menolak pernyataan Sekutu bahwa tanah itu digunakan sebagai pos observasi.
16: Jerman melancarkan serangan balasan di Anzio, mengancam tepi pantai yang diduduki Amerika.
16: Jerman, dengan pasukan Panzer, gagal menduduki kantung Korsun.
16: Diplomat dari USSR dan Finlandia bertemu untuk menandatangani gencatan senjata.
17: Angkatan Laut Amerika mendarat di Atol Eniwetok.
18: Monte Cassino diduduki dalam penyerangan terakhir dimana tentara Polandia membakar dirinya sendiri.
18: Serangan udara Angkatan Laut Amerika di kepulauan Truk, basis laut besar Jepang, tetapi akan menjadi salah satu benteng bypass lingkaran pertahanan luar Jepang.
19: Leipzig, Jerman dibom selama dua malam. Ini menandai awal kampanye pengeboman "Minggu Besar" terhadap kota industri Jerman oleh pengebom Sekutu.
23: Pesawat AL AS menyerang Kepulauan Mariana di Saipan, Guam, Tinian.
26: Kampanye pengeboman "Minggu Besar" berhasil; pesawat tempur Amerika P-51 Mustang jarak jauh membuktikan berhasil menjaga pengebom Amerika di Jerman.
26: Rusia terus mengebom Helsinki, Finlandia sementara rencana perdamaian berlanjut.
28: Kepulauan Admiralty diserang oleh pasukan AS, ditandai oleh Pertempuran Los Negros dan Operasi Brewer. Pertahanan untuk armada penting ini akan berlanjut hingga Mei. Rabaul seluruhnya dikepung.

Maret 1944
1: Bagian bawah USS Tarawa dan USS Kearsarge mengalami kebocoran.
1: Serangan anti-fasis terjadi di Italia utara.
6: Chindit Wingate melakukan beberapa serangan berhasil di Burma.
6-7: Angkatan udara Soviet mengebom Narva, kota ini hancur.
7: Jepang memulai usaha serangan ke India, memulai pertempuran empat bulan di sekitar Imphal.
8: Pasukan Aemrika diserang tentara Jepang di Hill 700 dalam Bougainville; pertempuran yang akan berjalan selama lima hari.
8: Ofensif Angkatan Bersenjata Merah di front lebar di barat Dnieper di Ukraina memaksa Jerman mundur besar-besaran.
9-19: Angkatan udara Soviet melakukan serangan udara di Tallinn, sekitar 800 orang tewas.
12: Pembentukan Komite Politik Pembebasan Nasional di Yunani.
13: Di Pulau Bougainville, Bougainville, tentara Jepang mengakhiri serangannya terhadap pasukan Amerika di Hill 700.
15: Dewan Nasional Pemberontakan Perancis menyetujui program Pemberontakan.
15: Pertempuran "ketiga" Cassino dimulai dengan kota Cassino yang dihancurkan.
15: Amerika menduduki Pulau Manus di kumpulan pulau Admiralty.
17: Pengeboman besar di Vienna.
18: Pasukan Jerman menduduki Hungaria. Angkatan Bersenjata Merah mendekati perbatasan Rumania.
19: Partisan Yugoslavia menyerang Trieste, di perbatasan Italia dan Kroasia.
20: Serangan Angkatan Bersenjata Merah di Ukraina berlanjut dengan kesuksesan besar.
21: Finlandia menolak tawaran perdamaian Soviet.
22: Pasukan Jepang melintasi perbatasan India bersama front Imphal.
22: Frankfurt dibom dengan kematian dalam jumlah besar.
24: Pembantaian Fosse Ardeatine di Roma, Italia. 335 orang Italia tewas, termasuk 75 Yahudi dan lebih dari 200 anggota kelompok berbeda dalam Pemberontakan Italia; ini merupakan respon Jerman terhadap ledakan bom yang menewaskan tentara Jerman
24: Orde Wingate tewas dalam sebuah kecelakaan pesawat.
24: Pengeboman besar terhadap kota-kota Jerman dalam berbagai lokasi strategis selama 24 jam.
25-26: Angkatan udara Soviet mengebom Tartu.
28: Tentara Jepang mundur di Burma.
30: RAF mengalami kegagalan dalam serangan udara besar di Nuremberg.

April 1944
3: Pengebom Sekutu menyerang Budapest di Hungaria, sekarang diduduki Jerman, dan Bukares di Rumania, dengan Angkatan Bersenjata Merah yang sedang memasuki kota.
4: Jenderal Charles de Gaulle menjadi pimpinan seluruh pasukan Perancis Merdeka.
5: Angkatan Udara AS mengebom ladang minyak Ploesti di Rumania, dengan kegagalan besar.
6: Jepang bergerak di Dataran Imphal, seharusnya dihalang, membuktikan cukup kuat mengepung pasukan Britania di Imphal dan Kohima, di India.
7: Angkatan Bersenjata Merah menduduki Kerch di timur Krimea dan bergerak ke Sevastopol
12: Tentara Jerman memulai evakuasi Krimea.
14: Krimea dan Odessa dibebaskan oleh pasukan Soviet.
15: Serangan udara besar terhadap ladang minyak Ploesti oleh RAF dan Angkatan Udara AS.
17: Amerika mendarat di Mindanao, di selatan Filipina.
17: Jepang melancarkan ofensif besar di tengah Cina, mengarah ke pangkalan udara tenggara Cina dimana pengebom Amerika dipusatkan. Di hari berikutnya mereka menuai keberhasilan.
17: Yalta, sebuah pelabuhan penting di tenggara Krimea, diduduki oleh Angkatan Bersenjata Merah.
21: Sebuah serangan udara di Paris menewaskan sejumlah besar warga sipil.
22: Pesawat laut Amerika melakukan serangan tersebar di Nugini. Tentara AS mendarat di Hollandia dan Aitape di utara Nugini. Pasukan Jepang di Nugini akan ditarik.
24: Tentara Britania membuka jalan dari Imphal ke Kohima di India.
27: Tragedi Slapton Sands: Tentara Amerika tewas dalam latihan untuk persiapan D-Day di Slapton di Devon.
30: Persiapan besar-besaran untuk D-Day dilakukan di seluruh selatan Inggris.
30: Serangan udara laut Amerika berlanjut di Kepulauan Carolina, termasuk Truk.

Mei 1944
6: Pengeboman Sekutu besar-besaran di Benua Eropa dalam persiapan D-Day.
8: D-Day untuk Operasi Overlord ditetapkan tanggal 5 Juni.
9: Angkatan Darat Jerman mengevakuasi Sevastopol kota terbesar dan pelabuhan penting di Krimea; Angkatan Bersenjata Merah bergerak masuk.
9: Pertempurang di "jalur Gustav" dekat Monte Cassino berlanjut tanpa keputusan.
11: Britania melintasi Sungai Rapido. Pertempuran "keempat" Monte Cassino dimulai, bersamaan dengan pembukaan kampanye ofensif terhadap Roma.
12: Tentara Soviet mengakhiri pembebasan Krimea.
12: Sejumlah besar tentara Cina menyerang Burma utara.
13: Jembatan di Sungai Rapido dijaga ketat.
18: Pertempuran Monte Cassino berakhir dengan kemenangan Sekutu; tentara Polandia mengibarkan bendera merah dan putih di reruntuhan Monte Cassino. Jerman telah meninggalkannya.
18: Tentara Sekutu menduduki pangkalan udara di Myitkyina, Burma, sebuah pangkalan penting; pertempuran merebut kota itu sendiri akan berlanjut selama tiga bulan.
18: Perlawanan Jepang terakhir di Kepulauan Admiralty, lepas Nugini berakhir.
21: Pengeboman Sekutu yang ditingkatkan terhadap target-target di Perancis dalam persiapan D-Day.
23: Serangan Sekutu terhadap Roma, setelah bergabungnya korps II dan III Amerika.
25: Jerman mundur di wilayah Anzio. Pasukan Amerika mendarat di kepala pantai dan terhubung dengan Angkatan Darat Kelima; keduanya memulai serangan terhadap Roma.
27: Amerika mendarat di Biak, Nugini Belanda, sebuah pangkalan udara penting Jepang; perlawanan Jepang berlanjut hingga Agustus.
31: Jepang mundur dari Imphal (India) dengan kekalahan besar; serangannya terhadap India berakhir.
Juni 1944
1: Pemerintah Eamon de Valera terpilih kembali di Irlandia.
2: Pemerintahan provisional Perancis dibentuk.
3: Pengeboman harian terhadap semenanjung Cherbourg dan wilayah Normandia.
4: Operasi Overlord ditunda 24 jam karena badai.
4: Tentara Amerika, Inggris dan Perancis memasuki Roma.
5: Roma jatuh pada Sekutu. Merupakan ibukota negara Sentral yang jatuh. Lebih dari 1000 pengebom Britania menjatuhkan 5000 ton bom pada pabrik senjata Jerman di pantai Normandia dalam persiapan D-Day.
5: Tentara Sekutu pertama mendarat di Normandia--para penerjun disebar dari selatan Caen.
6: Pertempuran Normandia dimulai. Operasi Overlord D-Day, dimulai dengan pendaratan 155.000 tentara Sekutu di pantai Normandia di Perancis. Tentara sekutu langsung menghancurkan Dinding Atlantik dan masuk ke daratan dalam operasi militer amfibi terbesar sepanjang sejarah.
7: Bayeux dibebaskan oleh tentara Britania.
9: Tidak ada perjanjian yang tercapai diantara kedua negara, Stalin melancarkan ofensif terhadap Finlandia dengan keinginan mengalahkan Finlandia sebelum masuk ke Berlin.
10: 642 pria, wanita dan anak dibunuh di Oradour-sur-Glane (sebuah kota dekat Limoges) Perancis sebagai respon Jerman terhadap aktivitas perlawanan lokal.
10: 218 warga sipil tewas dalam pembantaian Distomo di Yunani.
11: Pesawat laut Amerika menyerang Kepulauan Mariana, termasuk Saipan, bersiap untuk penyerangan.
13: Jerman melancarkan serangan V1 Flying Bomb terhadap Inggris, dalam pandangan Hitler sebagai balasan untuk serangan. Ia yakin akan kemenangan Jerman dengan "senjata rahasia" ini. Serangan V-1 akan berlanjut hingga Juni.
15: Amerika Serikat menyerang Saipan.
17: Tentara Perancis Merdeka mendarat di Elba.
18: Elba diumumkan dibebaskan.
18: Sekutu menduduki Assisi, Italia.
19: Pertempuran Laut Filipina. Dikenal oleh pilot laut Amerika sebagai "Perburuan Kalkun Kepulauan Mariana Besar" dimana banyak pesawat dan pilot Jepang dikalahkan dan dua kapal angkut Jepang tenggelam.
19: Beberapa badai Channel menghancurkan salah satu pelabuhan Mulberry Sekutu di Normandia.
19: Angkatan Bersenjata Merah bersiap untuk "Operasi Bagration", sebuah ofensif besar-besaran di Byelorussia (Rusia Putih).
20: Britania menduduki Perugia, Italia.
20: Pengepungan Imphal diakhiri setelah tiga bulan.
21: Ofensif Sekutu di Burma.
22: V-1 terus menyerang Inggris, khususnya London, terkadang dengan kematian yang besar.
22: Operasi Bagration: Serangan oleh Soviet memaksa pengosongan pasukan Jerman dari Belarus. Ini menyebabkan penghancuran Pusat Grup Angkatan Darat Jerman, kemungkinan kekalahan terbesar Wehrmacht selama Perang Dunia II.
22: Kampanye Burma: Pertempuran Kohima berakhir dengan kemenangan Britania.
23: Komite Nasional Republik Estonia mengeluarkan deklarasi "untuk orang Estonia". Deklarasi ini diumumkan oleh pers dunia di Stockholm pada Juli 1944 dan Tallinn pada 1 Agustus 1944.
25: Pertempuran Tali-Ihantala antara tentara Finlandia dan Soviet dimulai. Pertempuran terbesar yang pernah dilakukan di negara Nordik.
26: Cherbourg dibebaskan oleh tentara Amerika.

Juli 1944
2: V-1 terus merusak dalam kehancuran material dan kematian.
3: Minsk di Byelorussia dibebaskan oleh pasukan Soviet.
3: Sekutu terlibat dalam "pertempuran pagar tanaman", setelah dihalang oleh pagar pertanian di Perancis Barat dimana penelitiannya belum sepenuhnya dipastikan.
3: Siena, Italia jatuh ke tentara Aljazair dalam pasukan Perancis.
6: Serangan Banzai terbesar dalam perang: 4.300 tentara Jerman dipenggal di Saipan.
7: Tentara Soviet memasuki Vilna, Lithuania.
9: Setelah perlawanan besar Caen, Perancis dibebaskan oleh tentara Britania seusai serangan Sekutu.
9: Saipan diumumkan aman, Jepang kehilangan 30.000 tentara; pada saat-saat terakhir sejumlah warga sipil bunuh diri dengan kekalahan militer Jepang.
10: Jepang masih melawan di Nugini.
10: Tokyo dibom untuk pertama kalinya sejak serangan Doolittle pada April 1942.
11: Presiden Roosevelt mengumumkan bahwa ia akan menjalani jabtannya yang keempat sebagai presiden.
12: Hitler menolah proposal Marsekal Lapangan Walther Model untuk menarik pasukan Jerman dari Estonia dan Latvia Utara dan mundur ke Sungai Daugava.
13: Soviet menduduki Vilna, Lithuania.
13: Ofensif Lvov-Sandomierz dimulai.
16: Tentara pertama Pasukan Ekspedisi Brazil (FEB) tiba di Italia
17: Marsekal Lapangan Rommel luka parah ketika mobilnya ditembak dari udara di Perancis.
18: St. Lo, Perancis diduduki, dan serangan Sekutu dari wilayah pertanian di Normandia dimulai.
18: Jenderal Hideki Tojo mundur sebagai menteri tertinggi pemerintah Jepang setelah kekalahan pasukan militer Jepang terus berlanjut. Kaisar Hirohito meminta Jenderal Kuniaki Koiso membentuk pemerintahan baru.
19: Pasukan Amerika menduduki Leghorn (Livorno), Italia jauh di atas semenanjung Italia.
20: Plot 20 Juli dilakukan oleh Kol. Claus von Stauffenberg dalam usaha gagal membunuh Hitler. Hitler sedang mengunjungi kantor di Rastenburg, Prusia Timur. Pengadilan dilakukan terhadap pelaku plot dan keluarga mereka, dan bahkan Rommel.
21: Marinir AS mendarat di Guam.
22: Hitler memberikan izin mundur dari Sungai Narva ke garis pertahanan Tannenberg di bukit Sinimäed 20 km Barat dari Narva.
24: Angkatan Bersenjata Soviet melakukan serangan di sepanjang Sungai Merah. Pasukan Jerman mulai mundur ke garis Tannenberg.
24: Kamp Konsentrasi Majdanek dibebaskan pasukan Soviet, merupakan yang pertama. Uni Soviet sekarang memerintah beberapa kota besar di Polandia, termasuk Lublin.
24: Pesawat pengebom AS salah mengebom tentara Amerika dekat St. Lo, Perancis.
24: Marinir mendarat di Pulau Tinian, yang terakhir dari Kepulauan Mariana (setelah Saipan dan Guam); Tinian akan menjadi pangkalan B-29, dan pangkalan dimana pesawat bom atom berangkat.
24: "Operasi Cobra" dilakukan sepenuhnya: serangan di St. Lo di Normandia dengan tentara Amerika menduduki Coutances.
26: Pasukan Jerman, termasuk formasi tentara Estonia mundur dari pertahanan kota Narva ke Garis Tannenberg.
27 Juli hingga 10 Agustus: Pertempuran di Garis Tannenberg. Pada awal pertempuran terdapat 25 batalion infanteri Estonia dan 24 dari Belanda, Denmark dan Flandria di sisi Jerman di Front Narva. Pasukan artileri, dan tank, tukang mesin dan unit khusus terdiri dari Jerman. Serangan oleh Angkatan Bersenjata Soviet dihentikan, puluhan ribu orang tewas di kedua pihak.
28: Angkatan Bersenjata Merah menduduki Brest-Litovsk, situs perjanjian damai Rusia-Jerman dalam Perang Dunia I.
29: Hari penentuan dalam Pertempuran Narva, membolehkan pasukan Jerman, termasuk formasi tentara Estonia, menunda Ofensif Baltik selama tiga bulan berikutnya.

Agustus 1944
1: Pemberontakan Warsawa Kedua, kali ini oleh Angkatan Darat Rumah Polandia; orang Polandia memberontak, mengharapkan bantuan dari pasukan Uni Soviet yang sedang memasuki kota. Peristiwa ini akan berlangsung selama 63 hari.
1: Angkatan Bersenjata Merah mengisolasi Negara Baltik dari Prusia Timur dengan menduduki Kovno.
1: Amerika menyelesaikan pendudukan pulau Tinian.
2: Pertempuran untuk Guam, pulau lain di Kepulauan Mariana, berlanjut.
3: Myitkyina di utara Burma, jatuh kepada Sekutu (Cina dan Amerika dibawah Stilwell), setelah pertahanan besar oleh Jepang.
4: Florence dibebaskan oleh Sekutu, terutama tentara Britania dan Afrika Selatan; sebelum keluar, Jerman dibawah Jenderal Kesselring menghancurkan beberapa jembatan bersejarah dan bangunan bernilai sejarah.
4: Pengadilan pelaku bom terhadap Hitler dilakukan di sebuah pengadilan yang dipimpin Hakim Roland Freisler.
4: Rennes dibebaskan pasukan Amerika.
8: Pelaku plot bom terhadap Hitler digantung, badannya digantung di gantungan daging; pengadilan terhadap keluarganya berlanjut. Rommel diberikan pemakaman khusus.
10: Guam dibebaskan tentara Amerika dan seluruh Kepulauan Mariana berada dalam pengawasan Amerika. Semua pulau akan dijadikan pangkalan angkatan udara dan laut melawan Jepang.
11: Pemberontakan Warsawa berlanjut; Angkatan Bersenjata Merah menetap di sisi barat Vistula, tidak ingin membantu sekutu melawan Jerman.
14: Kegagalan Sekutu mendekati Celah Falaise di Perancis, memberikan keuntungan terhadap Jerman untuk kabur ke timur yang selamat dari serangan Sekutu.
15: Sekutu mencapai "Jalur Gothic", posisi strategis Jerman terakhir di Italia Utara.
15: Operasi Dragoon dimulai, ditandai oleh pendaratan amfibi Sekutu di selatan Perancis.
16: Angkatan Bersenjata Merah mendekati Warsawa.
18: Angkatan Bersenjata Merah mencapai perbatasan Prusia Timur.
19: Pemberontakan Perancis mengawali perlawanan di Paris, karena pergerakan Sekutu ke Sungai Seine.
19: Dalam siaran radio, Jüri Uluots, Kepala Negara Estonia, meminta tentara Estonia menahan Angkatan Bersenjata Soviet hingga perjanjian dengan Jerman ditandatangani.
20: Angkatan Bersenjata Merah melintasi perbatasan menuju Rumania.
21: Konferensi Dumbarton Oaks dimulai, menetapkan struktur dasar Perserikatan Bangsa-Bangsa.
22: Jepang mundur total dari India.
23: Rumania keluar dari Blok Sentral, menyerah pada Uni Soviet, dan bergabung dengan Sekutu.
25: Paris dibebaskan; De Gaulle dan Perancis Merdeka melakukan parade kemenangan di Champs-Élysées. Militer Jerman menolak perintah Hitler untuk membakar kota. Sementara itu pasukan Sekutu selatan bergerak dari Riviera, menduduki Grenoble dan Avignon.
28: Jerman menyerah di Toulon dan Marseille, di selatan Perancis.
29: Perlawanan anti-Jerman dimulai di Cekoslovakia.
30: Sekutu memasuki Rouen, di baratlaut Perancis.
31: Pasukan Soviet memasuki Bukares.
31: Pasukan Amerika mengembalikan pemerintah Perancis kepada tentara Perancis Merdeka.

September 1944
1: Tentara Kanada menduduki Dieppe, Perancis, dikuasai Jerman pada Agustus 1942.
2: Tentara Sekutu memasuki Belgia.
2: Finlandia menyetujui gencatan senjata dengan Uni Soviet dan meminta penarikan tentara Jerman.
3: Brussels dibebaskan oleh Angkatan Darat Kedua Britania sementara Lyon dibebaskan tentara Perancis dan Amerika.
5: Antwerp dibebaskan oleh Divisi Bersenjata ke-11 Britania.
5: Pemberontakan di Warsawa berlanjut; pasukan Angkatan Bersenjata Merah tersedia sebagai banntuan, tapi tak dapat bergerak tanpa perintah Stalin.
6: "Pemadaman lampu" dikurangi dengan "peredupan" sementara ancaman invasi dan pengeboman lanjutan sangat tidak mungkin.
6: Ghent dan Liège dibebaskan oleh tentara Britania.
8: Ostend dibebaskan oleh tentara Kanada.
8: Uni Soviet menyerang Bulgaria.
9: Roket V-2 pertama menghantam London.
9: De Gaulle membentuk pemerintah provisional di Perancis, dan Bulgaria melakukan perdamaian dengan USSR kemudian mengumumkan perang terhadap Jerman.
10: Luksemburg dibebaskan oleh Angkatan Darat Pertama AS.
10: Dua pasukan Sekutu bertemu di Dijon, memotong Perancis menjadi setengah.
10: Tentara Sekutu pertama masuk ke Jerman, memasuki Aachen, kota di perbatasan.
10: Pekerja kereta Belanda mengadakan pemogokan. Respon Jerman mengakibatkan Kelaparan Belanda 1944.
13: Tentara Amerika mencapai jalur Siegfried, dinding Barat sistem pertahanan Jerman.
15: Marinir Amerika mendarat di Peleliu di Kepulauan Palau; pertempuran berdarah ini berlanjut selama dua setengah bulan.
16: Angkatan Bersenjata Merah memasuki Sofia, Bulgaria dan juga membuka ofensif besar-besaran di negara Baltik.
17: Operasi Market Garden, usaha pembebasan Arnhem dan pemunduran Jerman dimulai.
18: Brest, Perancis, sebuah pelabuhan Channel penting, jatuh kepada Sekutu.
19: Nancy dibebaskan oleh Angkatan Darat Pertama AS; gencatan senjata ditandatangani antara Uni Soviet dan Finlandia.
21: Pasukan Britania menduduki Rimini, Italia.
21: Konferensi Dumbarton Oaks kedua dimulai: akan menetapkan garis besar Perserikatan Bangsa-Bangsa.
22: Angkatan Bersenjata Merah menduduki Tallinn, ibukota Estonia.
22: Jerman menyerah di Boulogne.
23: Amerika menduduki atol Ulithi di kepulauan Carolina; merupakan atol raksasa yang kemudian menjadi pangkalan laut penting.
24: Angkatan Bersenjata Merah memasuki Polandia.
25: Tentara Britania ditarik dari Arnhem dengan kegagalan Operasi Market Garden. Hampir 6.000 penerjun payung ditangkap. Harapan berakhirnya perang telah tidak ada.
26: Terdapat tanda-tanda perang saudara di Yunani ketika Front Pembebasan Nasional pro-Komunis dan pemerintahan pro-Britania tidak dapat saling akur.
30: Garnisun Jerman di Calais menyerah pada tentara Kanada. Pada satu waktu, Hitler menganggapnya sebagai fokus serangan melintasi Channel.

Oktober 1944
1: Tentara Soviet memasuki Yugoslavia.
2: Jerman berhasil memadamkan Pemberontakan Warsawa oleh Angkatan Darat Rumah Polandia. Pasukan Soviet tidak pernah bergerak untuk membantu Angkatan Darat Rumah Polandia.
2: Tentara Amerika menyerang habis-habisan "Dinding Barat" Jerman.
2: Pasukan Sekutu mendarat di Kreta.
5: Tentara Kanada melintasi perbatasan menuju Belanda.
5: Angkatan Bersenjata Merah memasuki Hungaria; sementara itu mereka melancarkan ofensif untuk menduduki Riga, Latvia.
6: Tentara Soviet dan Cekoslovakia memasuki timurlaut Slovakia.
6: Pertempuran Debrecen dimulai setelah pasukan Jerman dan Soviet bertempur satu sama lain di timur Hungaria.
9: Konferensi Sekutu ("Tolstoy") di Moskow: Churchill dan Stalin mendiskusikan lingkaran pengaruh setelah perang Balkan.
10: Angkatan Bersenjata Merah mencapai Sungai Niemen di Prusia dan meneruskan pertempuran di sekitar Riga.
10: Sekutu menggabungkan pasukan untuk menduduki Corinth, di selatan Yunani.
12: Kapal angkut pesawat Angkatan Laut AS menyerang Formosa (Taiwan).
12: Konferensi Quebec Kedua ("Octagon"). Presiden Roosevelt dan Churchill mendiskusikan kerjasama militer di Pasifik, dan pembagian Jerman.
14: Athena dibebaskan oleh tentara Britania yang memasuki kota.
14: Marsekal Lapangan Rommel, dibawah tuduhan sebagai salah seorang "pelaku plot bom" bunuh diri untuk menyelamatkan keluarganya.
15: Pengeboman Sekutu di Aachen berlanjut, pertempuran besar pertama di tanah Jerman.
16: Jerman menggulingkan Admiral Horthy, pangeran dan diktator Hungaria; pernah menjadi sekutu Jerman, ia kehilangan kepercayaan terhadap pemerintah Jerman.
16: Angkatan Bersenjata Merah dan partisan Yugoslavia dibawah komando Josip Broz Tito membebaskan Belgrade. Pasukan Angkatan Bersenjata Merah juga berada di Prusia Timur.
18: Hitler memerintahkan pengumpulan semua pria dari 16 hingga 60 tahun untuk tugas Penjaga Rumah.
21: Aachen diduduki Angkatan Darat Pertama AS; merupakan kota besar Jerman pertama yang diduduki.
23: Sekutu mengakui Jenderal de Gaulle sebagai kepala pemerintah provisional Perancis.
23: Pertempuran Teluk Leyte dimulai. Pertempuran laut terbesar sepanjang sejarah. Amerika mengalami lebih banyak serangan kamikaze dari pesawat Jepang; USS Princeton rusak parah.
23: Pertempuran Selat San Bernardino; usaha Jepang menghentikan pendaratan MacArthur di Leyte. Beberapa pesawat angkut pesawat kecil berhasil menyelamatkannya setelah Admira Halsey dipancing ke luar pertempuran di utara.
23: B-29 sekarang menggunakan Pulau Tinian, di Kepulauan Mariana, sebagai pangkalan untuk pengeboman sistematis di Jepang.
25: Rumania dibebaskan sepenuhnya oleh Angkatan Bersenjata Merah dan tentara Rumania.
27: Pertempuran Hutan Hurtgen dimulai, dan akan berlanjut selama Oktober dan November dan berakhir pada Desember.

November 1944
1: Pasukan Britania menduduki Salonika di utara Yunani. Situasi warga sipil di Athena sangat terancam.
1: "Operasi Infatuate": Sebuah usaha Sekutu untuk memudahkan pergerakan ke Antwerp; terdapat banyak pendaratan amfibi di Pulau Walcheren.
2: Tentara Kanada menduduki Zeebrugge di Belgia; Belgia saat ini dibebaskan sepenuhnya.
4: Pasukan Sentral tersisa ditarik dari daratan Yunani. Pasukan pendudukan Jerman akan menetap di beberapa pulau Yunani hingga penyerahan diri.
5: Pesawat AS mengebom Singapura, yang berada dibawah kontrol Jepang sejak 1942.
5: Teroris zionis membunuh perwakilan pemerintah Britania di Timur Tengah.
6: Franklin Delano Roosevelt menempati jabatan keempat sebagai presiden.
6: Kapal angkut pesawat Lexington rusak parah akibat serangan kamikaze.
9: Tentara Jenderal Patton dan tank melintasi Sungai Moselle dan mengancam kota Metz.
10: Roket V-2 terus menghantam Britania, sekitar delapan per hari.
12: Setelah sejumlah pengeboman ketika bersandar di fjord di Tromso, Norwegia, kapal perang Jerman Tirpitz tenggelam.
17: Jerman menyerahkan Tirana, Albania, dan negara itu dibebaskan Sekutu.
20: Hitler meninggalkan kantor perangnya di Rastenberg, Prusia Timur, tidak pernah kembali; ia pergi ke Berlin, dimana kemudian menetap di bunker.
23: Metz, Perancis diduduki, dan Strasbourg, di timur Perancis, dibebaskan oleh tentara Perancis.
24: B-29 pertama berangkat dari Tinian, di Kepulauan Mariana, menyerang Tokyo.
24: USS Intrepid diserang kamikaze untuk ketiga kalinya; kapal Amerika lainnya rusak parah.
25: Jepang menduduki Nanning di selatan Cina, sementara perang di wilayah itu berlanjut.
26: Perang di Italia berakhir buntu, karena hujan lebat.
28: Antwerp sekarang menjadi pelabuhan suplai besar untuk tentara Sekutu yang sedang bergerak.
30: Kunming, Cina, sebuah pangkalan udara penting, diancam oleh serangan Jepang.

Desember 1944
3: Dekemvriana ("peristiwa Desember") dimulai di ibukota Yunani, Athena, antara anggota sayap kiri Front Pembebasan Nasional dan pasukan pemerintah, pro-Britania. Pertempuran ini hanya terjadi di Athens, dan seluruh negara dalam keadaan damai.
3: Penjaga Rumah Britania Raya didirikan.
5: Sekutu menduduki Ravenna, Italia.
8: Pengeboman perlahan Iwo Jima dimulai.
15: Amerika mendaratkan tentara di Mindoro, Filipina.
15: Pertempuran Bulge dimulai dengan pasukan Jerman berusaha memasuki region Ardennes. Obyek utama rencana Hitler adalah menduduki Antwerp.
17: Sebuah taifun menyerang Armada Ketika Admiral Halsey; tiga kapal perusak tenggelam.
17: Pembantaian Malmedy: tentara SS mengeksekusi 86 tawanan Amerika di ofensif Ardennes. Tentara SS dipimpin oleh komandan SS Jochen Peiper.
18: Bastogne, sebuah jalan lintas penting, dikepung.
20: Pesan terkenal Jenderal McAuliff, "Nuts" dikirim kepada pimpinan Jerman di Bastogne yang menuntut penyerahan diri.
22: Pertempuran Bastogne memuncak, dengan Amerika kehabisan amunisi.
23: Langit cerah di Ardennes, membolehkan pesawat Sekutu memulai serangan terhadap ofensif Jerman, satu faktor yang ditakutkan Hitler dalam rencananya.
24: Serangan balasan Amerika di "Bulge" dimulai.
24: Kapal angkut Belgia
S.S. Leopoldville tenggelam di lepas pantai Perancis. Lebih dari 800 orang, kebanyakan prajurit pembantu Amerika, tewas.
26: Pengepungan Bastogne digagalkan, dan dengan itu ofensif Ardennes mengalami kegagalan.
28: Churchill dan Sekretaris Luar Negeri Anthony Eden berada di Athena untuk merukunkan kembali pihak yang bertentangan.
29: Soviet melancarkan Pertempuran Budapest melawan pasukan Jerman dan Hungaria di dan sekitar ibukota Hungaria.
31: Hungaria, sekarang dipimpin pemerintah Soviet, mengumumkan perang terhadap Jerman.

1945
Januari 1945
1: Jerman memulai ofensif kejutan Operasi Nordwind di sepanjang Saar dan ditujukan untuk merebut kembali Strasbourg.
2: Jepang terus menggunakan taktik kamikaze terhadap pasukan laut AS di sekitarnya.
3: Sekutu melakukan ofensif di timur Bulge tapi mereka gagal mendekati musuh (yang mungkin dilindungi oleh sejumlah besar warga Jerman) dengan tank Patton.
4: Serangan udara angkatan laut Amerika di Formosa (Taiwan)
5: Ofensif Jerman "North Wind" melintasi perbatasan ke Alsace.
5: Jepang mundur sepanjang Sungai Irrawaddy di Burma dengan tentara Jenderal Slim mengejar mereka.
6: B-29 Amerika mengebom kembali Tokyo.
7: Jerman, sebagai bagian dari rencana merebut kembali Strasbourg, memasuki "Kantung Colmar", sebuah kepala jembatan di Rhine, dan mengarah ke timur.
8: Pertempuran Strasbourg berlangsung, dengan Amerika bertahan di sana setelah pendudukan.
9: Amerika mendarat di Luzon, pulau tengah Filipina; terdapat lebih banyak serangan kamikaze terhadap angkatan laut Amerika.
12: Konvoi pertama bergerak di jalan Ledo (atau "Stilwell") di utara Burma, menghubungkan India dan Cina.
12: Ofensif besar-besaran Angkatan Bersenjata Merah di Prusia Timur dimulai.
14: Pasukan Britania mengosongkan Segitiga Roer selama Operasi Blackcock; wilayah ini terkenal karena bendungan industrinya.
15: Hitler saat ini telah berlindung di bunker di Berlin dengan istrinya Eva Braun.
15: Komandan Britania di Athena, Jenderal Ronald Scobie, menerima permintaan gencatan senjata dari Angkatan Bersenjata Pembebasan Rakyat Yunani. Ini menandakan akhir dari Dekemvriana, menyebabkan kekalahan pada Sayap Kiri Yunani.
16: Angkatan Darat Pertama dan Ketiga Amerika Serikat bergabung setelah Pertempuran Bulge; tentara Soviet melakukan pengepungan Budapest.
17: Warsawa dibebaskan oleh tentara Angkatan Bersenjata Merah. Pemerintah yang tunduk pada Komunis didirikan.
17: Diumumkan secara resmi bahwa Pertempuran Bulge segera berakhir.
17: Kamp konsentrasi Auschwitz dibebaskan oleh tentara Soviet.
18: Amerika bergerak menuju Manila.
20: Angkatan Bersenjata Merah bergerak ke Prusia Timur. Jerman semakin terdesak.
20: Franklin D. Roosevelt disumpah sebagai Presiden (untuk keempat kalinya); Harry Truman disumpah sebagai Wakil Presiden.
25: Angkatan laut Amerika mengebom Iwo Jima dalam persiapan penyerangan.
28: Angkatan Bersenjata Merah menyelesaikan pendudukan Lithuania.
31: Angkatan Bersenjata Merah menyeberang Sungai Oder ke Jerman dan sekarang kurang dari 50 mil dari Berlin.
31: Serangan kedua di Luzon oleh Amerika, kali ini di pantai barat.
31: Keseluruhan Jalan Burma dibuka setelah hubungan Jalan Ledo dengan India selesai.

February 1945
2: Ekuador mengumumkan perang terhadap Jerman.
2: Dok kapal di Singapura dihancurkan oleh serangan B-29.
3: Pasukan AS memasuki Manila, pasukan Jepang di kota membantai 100.000 warga sipil Filipina. Pertempuran urban kejam terjadi, selama beberapa minggu.
3: Pengeboman besar terhadap Berlin.
4: Konferensi Yalta: ("Argonaut" Roosevelt, Chuchill, dan Stalin) dimulai; subyek utama diskusi adalah lingkaran pengaruh setelah perang.
4: Belgia diumumkan bebas dari seluruh pasukan Jerman.
8: Paraguay mengumumkan perang terhadap Jerman.
9: "Kantung Colmar", pertahanan terakhir Jerman di barat Rhine, dihancurkan.
12: Peru mengumumkan perang terhadap Jerman.
13: Pertempuran Budapest berakhir dengan kemenangan Soviet, setelah pertahanan lama oleh Jerman.
13/14: Pengeboman kontroversial Dresden; dibom oleh angkatan udara Sekutu dan sebagian besar kota bersejarah itu hancur. Sekutu mengklaimnya penting secara strategis.
14: Pengeboman Praha; kemudian disebut kesalahan perintah pengeboman Dresden.
16: Kapal laut Amerika mengebom Tokyo dan Yokohama.
16: Penerjun payung Amerika mendarat di Pulau Corregidor, di Teluk Manila. Pernah menjadi tempat perlawanan Amerika pada awal 1942, sekarang menjadi tempat perlawanan Jepang.
19: Marinir AS menyerang Iwo Jima.
21: Pertempuran di dan sekitar Manila.
23: Marinir AS mengibarkan bendera Amerika di Gunung Suribachi di Iwo Jima.
24: Mesir mengumumkan perang terhadap Blok Sentral.
24: Pengeboman besar-besaran terhadap Jerman oleh sekitar 9.000 pesawat pengebom.
25: Serangan tersebar AS di Jepang.
25: Turki mengumumkan perang terhadap Jerman.
25: Setelah sepuluh hari bertempur, tentara Amerika merebut kembali Corregidor.
26: Syria mengumumkan perang terhadap Jerman dan Jepang.
28: Angkatan Darat Keenam Amerika Serikat menduduki Manila, ibukota Filipina setelah pasukan pertahanan Jepang yang tak peduli. Pemerintahan Filipina didirikan.
28: Amerika menambah pangkalannya di Filipina dengan menyerang Palawan, sebuah pulau di barat kepulauan.

Maret 1945
3: Pertempuran Meiktila, Birma berakhir dengan tentara Jenderal Slim mengalahkan Jepang; jalan ke Rangoon dibebaskan.
4: Finlandia mengumumkan perang terhadap Jerman, dimundurkan hingga 15 Sept. 1944.
6: Jerman melancarkan ofensif terhadap pasukan Soviet di Hungaria.
7: Ketika tentar Jerman gagal meruntuhkan Jembatan Remagen di Sungai Rhine, Amerika mulai melintasi Rhine ke Jerman.
7: Jerman mulai mengevakuasi Danzig.
9: AS mengebom sejumlah kota di Jepang, termasuk Tokyo, dengan jumlah kematian yang besar
9: Karena rumor kemungkinan serangan Amerika, Jepang menjatuhkan Pemerintahan Decoux Perancis Vichy yang telah beroperasi secara independen sebagai pemerintah kolonial Vietnam: mereka memproklamirkan "kemerdekaan" Kekaisaran Việt Nam, dengan Kaisar Bảo Đại sebagai kepala negara. Perdana Menteri Trần Trọng Kim membentuk pemerintah pertama Vietnam.
11: Nagoya, Jepang dibom oleh ratusan B-29.
15: Roket V-2 terus menyerang Inggris dan Belgia.
16: Ofensif Jerman di Hungaria berakhir dengan kemenangan Soviet.
16: Iwo Jima akhirnya dibebaskan setelah satu bulan bertempur; satu-satunya waktu, satu-satunya pertempuran, dalam perang itu jumlah kematian Amerika lebih banyak dari Jepang. Pertempuran tersebar akan berlanjut sementara pejuang Jepang keluar dari gua dan terowongan.
18: Angkatan Bersenjata Merah memasuki Danzig (setelah Gdansk).
19: Pengeboman besar terhadap pangkalan laut penting di Jepang, Kobe dan Kure.
20: Jenderal Jerman Heinrich Himmler sebagai komandan Grup Angkatan Darat Vistula, grup ini menentang serangan Soviet ke Berlin.
20: Mandalay dibebaskan oleh Divisi Infanteri ke-19 India.
20: Tokyo dibom kembali.
20: Tentara Patton menduduki Mainz, Jerman.
20: Mandalay, di tengah Burma, sekarang berada dalam pengawasan Britania dan India.
22-23: Pasukan AS dan Britania melintasi Rhine di Oppenheim.
23: Pada saat ini sudah jelas bahwa Jerman sedang diserang dari segala penjuru.
24: Tentara Montgomery melintasi Rhine di Wesel.
27: Sekutu Barat melambatkan serangan dan membolehkan Angkatan Bersenjata Merah menduduki Berlin.
28: Argentina mengumumkan perang terhadap Jerman, negara belahan Barat yang melakukan hal itu; kebijakannya untuk melindungi Nazi yang kabur juga dibatalkan. Argentina tidak menyatakan perang sebelumnya karena keinginan Britania bahwa pengapalan Argentina netral (dan sebelumnya bantuan Argentina dapat mencapai Britania tanpa gangguan), hal ini, menentang rencana AS, yang melaksanakan tekanan politik terhadap Argentina.
29: Angkatan Bersenjata Merah memasuki Austria. Sekutu lainnya merebut Frankfurt; Jerman sedang dalam pemunduran besar di seluruh bagian tengah negara.
30: Pasukan Angkatan Bersenjata Merah menduduki Danzig.
31: Jenderal Eisenhower menyiarkan permintaan kepada Jerman untuk menyerah.

April 1945
1: Tentara AS menyerang Okinawa. Akan menjadi basis serangan ke daratan.
1: Amerika merebut kembali Legaspi di timur Filipina, salah satu tempat pendaratan Jepang pada Desember 1941.
2: Soviet melancarkan Ofensif Vienna terhadap pasukan Jerman di dan sekitar ibukota Austria.
2: Pasukan Jerman dikepung di wilayah Ruhr.
4: Bratislava, ibukota Republik Slovak, hancur oleh serangan pasukan Soviet. Sisa anggota pemerintah pro-Jerman Perdana Menteri Jozef Tiso kabur ke Austria.
4: Kamp kematian Ohrdruf dibebaskan oleh Sekutu.
5: Pasukan Amerika bergerak ke Lembah Po di utara Italia.
7: Kapal perang Jepang Yamato tenggelam di Laut Cina Timur.
9: Pertempuran Königsberg berakhir dengan kemenangan Soviet.
9: Pengeboman besar di Kiel oleh RAF menghancurkan dua kapal perang besar Jerman terakhir.
9: Pastur Dietrich Bonhoeffer dieksekusi di penjara Flossenburg.
10: Kamp konsentrasi Buchenwald dibebaskan oleh pasukan Amerika.
11: Serangan kamikaze Jepang terhadap kapal laut Amerika berlanjut di Okinawa; kapal angkut pesawat Enterprise dan kapal perang Missouri rusak parah.
12: Presiden AS Franklin D. Roosevelt meninggal mendadak. Harry S. Truman menjadi presiden Amerika Serikat.
13: Ofensif Vienna berakhir dengan kemenangan Soviet.
14: Pengeboman besar-besaran terhadap Tokyo.
15: Kamp konsentrasi Bergen-Belsen dibebaskan oleh Angkatan Darat Britania.
16: Pertempuran Bukit Seelow dan Pertempuran Oder-Niesse dimulai sementara Soviet terus bergerak ke kota Berlin.
18: Ernie Pyle, koresponden perang terkenal untuk GI, tewas oleh seorang penembak jitu di Ie Shima, sebuah pulau kecil dekat Okinawa.
19: Sekutu terus bergerak ke Lembah Po.
19: Soviet bergerak ke kota Berlin dan akan mencapai pinggiran kota.
20: Hitler merayakan ulang tahunnya yang ke-56 di bunker di Berlin; laporan menyatakan bahwa ia tidak sehat, gugup, dan depresi.
21: Pasukan Soviet dibawah Georgiy Zhukov (Front Belorusia ke-1), Konstantin Rokossovskiy (Front Belorusia ke-2), dan Ivan Konev (Front Ukraina ke-1) melancarkan serangan terhadap pasukan Jerman di dan sekitar kota Berlin ketika tahap awal Pertempuran Berlin.
21: Hitler memerintahkan Jenderal SS Felix Steiner menyerang Front Belorusia ke-1 dan menghancurkannya. Unit ragtag "Detasemen Angkatan Darat Steiner" tidak dikelola sepenuhnya.
22: Hitler diberitahukan bahwa, dengan persetujuan Gotthard Heinrici, serangan Steiner tak pernah dilancarkan. Sementara itu, pasukan Steiner disarankan untuk mundur.
22: Sebagai respon atas berita yang membicarakan Steiner, Hitler memarahi para pengkhianat dan ketidakmampuan komandan militer di depan Wilhelm Keitel, Hans Krebs, Alfred Jodl, Wilhelm Burgdorf, dan Martin Bormann. Kemarahan Hitler memuncak hingga ia bersumpah untuk menetap di Berlin untuk mempertahankan kota.
22: Hitler memerintahkan Jenderal Jerman Walther Wenck untuk menyerang ke Berlin dengan Angkatan Darat Keduapuluh, terhubung dengan Angkatan Darat Kesembilan Jenderal Theodor Busse, dan membangkitkan kembali kota, tapi gagal.
24: Sementara itu, Himmler, menolak perintah Hitler, melakukan tawaran penyerahan rahasia kepada Sekutu, (dipimpin oleh Count Bernadotte, pimpinan Palang Merah) membuktikan bahwa Angkatan Bersenjata Merah tak terlibat. Tawaran ditolak; ketika Hitler mendengar pengkhianatan Himmler, ia memerintahkannya agar ditembak mati.
24: Pasukan Front Belorusia ke-1 dan Front Ukraina ke-1 bergabung dalam pengepungan awal Berlin.
24: Sekutu mengepung pasukan Jerman terakhir dekat Bologna, dan perang Italia segera berakhir.
25: Hari Elbe: Hubungan pertama antara tentara Soviet dan Amerika di sungai Elbe, dekat Torgau di Jerman.
26: Hitler melantik Marsekal Lapangan Robert Ritter von Greim dari Munich ke Berlin untuk mengambil alih komando Luftwaffe dari Hermann Goering. Sementar terbang ke Berlin, von Greim luka parah akibat tembakan anti-pesawat Soviet.
27: Pengepungan pasukan Jerman di Berlin diselesaikan oleh Front Belorusia ke-1 dan Front Ukraina ke-1.
28: Kepala Negara Republik Sosial Italia, Benito Mussolini, bersembunyi, ditangkap di Italia Utara ketika mencoba kabur. Mussolini dan istrinya Clara Petacci, ditembak dan digantung di Milan keesokan harinya. Anggota lain pemerintah bonekanya juga dieksekusi oleh partisan Italia dan jasadnya dipajang di Milan.
29: Kamp konsentrasi Dachau dibebaskan oleh Angkatan Darat ke-7 AS. Semua pasukan di Italia secara resmi menyerah dan gencatan senjata diumumkan.
29: Hitler menikahi Eva Braun.
30: Hotler dan istrinya bunuh diri, ia menenggak racun dan menembak mati. Sebelum meninggal Adolf Hitler menyatakan keinginan terakhir dan pernyataannya. Setelah itu Joseph Goebbels ditunjuk sebagai Kanselir Reich dan Admiral Besar Karl Dönitz ditunjuk sebagai Presiden Reich.
30: Sementara Donitz memasuki kantornya, Goebbels dan istrinya membunuh enam anaknya dan menenggak racun di bunker.

Mei 1945
1: Sebagai salah satu peran terakhirnya Kanselir Reich Joseph Goebbels telah mengirim Jenderal Jerman Hans Krebs untuk membicarakan penyerahan kota Berlin dengan Jenderal Soviet Vasily Chuikov. Chuikov, sebagai komandan Angkatan Darat Penjaga ke-8 Soviet, (dan pemimpin pertahanan di Stalingrad) memimpin pasukan Soviet di Berlin tengah. Krebs tidak diizinkan Goebbels untuk menyetujui penyerahan tanpa syarat, sehingga negosiasinya dengan Chuikov berakhir tanpa hasil.
1: Pemimpin partisan Tito dan tentaranya menduduki Trieste di baratlaut Italia. Tentara Selandia Baru memainkan peran pembantu.
1: Perang di Italia berakhir tapi beberapa tentara Jerman tidak dihitung.
1: Tentara Australia mendarat di pulau Tarakan di lepas pantai Kalimantan
2: Pertempuran Berlin berakhir ketika Jenderal Jerman Helmuth Weidling, komandan Wilayah Pertahanan Berlin, menyerahkan tanpa syarat kota Berlin kepada Jenderal Soviet Vasily Chuikov.
3: Kapal jelajah Jerman Hipper tenggelam, setelah rusak parah diserang RAF bulan April.
3: Eamon de Valera, Perdana Menteri Irlandia, menyampaikan duka cita atas kematian Hitler kepada pimpinan Jerman.
3: Rangoon dibebaskan.
4: Kamp konsentrasi Neuengamme dibebaskan.
4: Tentara Jerman menyerah di seluruh Eropa, terutama kepada Montgomery di Utara.
5: Pejuang Pemberontakan Ceko memulai Pemberontakan Praha.
5: Soviet memulai Ofensif Praha.
5: Kamp konsentrasi Mauthausen dibebaskan.
5: Tentara Jerman di Belanda secara resmi meneyrah; Pangeran Bernhard dari Belanda menerima penyerahan itu.
5: Denmark dibebaskan oleh tentara Sekutu.
5: Negosiasi formal untuk penyerahan Jerman dimulai di Reims, Perancis.
5: Keberhasilan kamikaze di lepas Okinawa.
6: Tanggal ini menandakan pertempuran akhir tentara Amerika di Eropa.
6: Prajurit Jerman menyerang khalayak ramai yang sedang merayakan pembebasan di Amsterdam.
7: Jerman menyerah tanpa syarat kepada Sekutu di Rheims, Perancis pukul 1:41 pagi. Atas perintah dari Presiden Reich Karl Dönitz, Jenderal Alfred Jodl menandatangani untuk Jerman. Rencana untuk penyerahan secara keseluruhan di Berlin diusulkan.
7: Hermann Goering, untuk sementara di tangan SS, menyerah kepada Amerika.
8: Penghentian tembak-menembak berlaku satu menit setelah tengah malam; V-E Day di Britania.
8: Anggota tersisa Republik Slovak pro-Jerman pimpinan Perdana Menteri Jozef Tiso tunduk pada Korps XX Jenderal Amerika Walton Walker di Kremsmünster, Austria.
8: Jerman menyerah tanpa syarat kepada Sekutu di Berlin, Jerman. Atas perintah Presiden Reich Karl Dönitz, Jenderal Wilhelm Keitel menandatangani untuk Jerman.
8: Atas perintah Presiden Reich Karl Dönitz, Kolonel-Jenderal Carl Hilpert menyerahkan tanpa syarat tentaranya di Kantung Courland.
8: Pemberontakan Praha berakhir dengan penyerahan damai dengan Pemberontakan Ceko yang membolehkan Jerman di Praha meninggalkan kota.
8: Việt Nam dianggap sebagai masalah kecil dalam agenda; untuk melucuti pasukan Jepang di Việt Nam, Sekutu membelah negara itu setengah di garis paralel ke-16. Nasionalis Cina akan bergerak masuk dan melucuti Jepang di utaraparalel sementara Britania akan bergerak masuk dan melakukan hal yang sama di selatan. Selam konferensi, perwakilan dari Perancis meminta pengembalian semua koloni Perancis sebelum perang di Asia Tenggara (Indocina). Permintaan mereka disetujui. Việt Nam kemudian menjadi koloni Perancis setelah pengosongan tentara Jepang.
9: Angkatan Bersenjata Merah memasuki Praha sebagai bagian dari Ofensif Praha.
9: Garnisun Jerman di Kepulauan Channel setuju menyerah tanpa syarat.
11: Ofensif Praha berakhir dengan pendudukan Soviet di ibukota itu, kota besar terakhir yang dibebaskan, meskipun perang telah berakhir. Eisenhower menghentikan Patton berpartisipasi dalam pembebasan itu.
11: Pusat Grup Angkatan Darat Jerman di Cekoslovakia menyerah.
11: Perang di Nugini berlanjut, dengan Australia menyerang Wewak.
14: Nagoya, Jepang dibom besar-besaran.
15: Pertempuran di selatan Filipina berlanjut.
18: Pertempuran berlanjut di Okinawa.
16: Tentara Britania menyelesaikan pembebasan Kepulauan Channel.
20: Pemberontakan Georgia di Texel berakhir, menutup semua perang di Eropa.
23: Pasukan Britania menduduki dan menahan anggota tersisa dari pemerintah Flensburg. Ini merupakan pemerintahan Jerman yang dibentuk oleh Presiden Reich Karl Dönitz setelah Adolf Hitler dan Joseph Goebbels bunuh diri.
23: Pengeboman besar terhadap Yokohama, sebuah pelabuhan dan pangkalan laut penting.
23: Heinrich Himmler, kepala SS, meninggal bunuh diri dengan menenggak pil sianida.
29: Pertempuran pecah di Syria dan Lebanon, setelah pejuang nasionalis meminta kemerdekaan dari Perancis.

Juni 1945
5: Taifun besar Pasifik menyerang angkatan laut Amerika dibawah Admiral Halsey; armadanya mengalami kerusakan tersebar.
6: Sekutu setuju membagi Jerman menjadi empat wilayah pengawasan.
10: Tentara Australia mendarat di Brunei, Kalimantan.
15: Osaka, Jepang dibom besar-besaran.
16: Jepang sedang dalam pemunduran besar di tengah Cina.
19: Britania Raya memulai demobilisasi.
20: Schiermonnikoog, sebuah pulau Belanda, adalah bagian terakhir Eropa yang dibebaskan tentara Sekutu.
21: Kekalahan Jepang di Okinawa sudah terlihat.
26: Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa ditandatangani di San Francisco.

Juli 1945
1: Tentara Australia mendarat di Balikpapan, Kalimantan dalam operasi darat besar terakhir Sekutu sepanjang perang
4: Jenderal MacArthur mengumumkan bahwa Filipina telah dibebaskan.
6: Norwegia mengumumkan perang terhadap Jepang.
10: Pesawat Angkatan Laut AS berpartisipasi dalam serangan di Tokyo untuk pertama kalinya.
14: Italia mengumumkan perang terhadap Jepang.
16: AS melakukan ujicoba Trinity di Alamogordo, New Mexico, ujicoba pertama senjata nuklir.
17: Konferensi Potsdam dimulai. Pemimpin Sekutu setuju untuk memaksa penyerahan tanpa syarat Jepang.
24: Truman menunjukkan di Konferensi Potsdam bahwa Amerika Serikat memiliki senjata nuklir.
26: Partai Buruh memenangkan pemilu Britania Raya secara kebetulan. Perdana Menteri Britania Raya Clement Atlee menggantikan Churchill pada meja negosiasi di Potsdam.
28: Kapal perang Haruna ditenggelamkan oleh pesawat dari US Task Force 38.
30: USS Indianapolis tenggelam setelah tengah malam oleh kapal selam Jerman setelah mengirim material bom atom ke Tinian; karena komunikasi yang buruk, keberadaan kapal tidak diketahui untuk sementara dan banyak orang tenggelam atau diserang hiu pada keesokan harinya atau dua hari berikutnya.
31: Serangan udara AS di kota Kobe dan Nagoya di Jepang.

Agustus 1945
2: Akhir Konferensi Potsdam: tidak menuai hasil adalah status Jerman yang terpecah dan kelahiran era atom baru.
6: Enola Gay menjatuhkan bom atom pertama "Little Boy" di Hiroshima.
8: Uni Soviet mengumumkan perang terhadap Jepang; Operasi Ofensif Strategis Manchuria dimulai satu jam kemudian yang termasuk pendaratan di Kepulauan Kurile.
9: Tentara Soveit memasuki Cina dan Korea.
9: Bockscar menjatuhkan bom atom kedua "Fat Man" di Nagasaki.
14: Sebuah usaha kudeta oleh militer Jepang dan sayap kanan untuk menjatuhkan pemerintah dan menolak penyerahan diri.
15: Kaisar Hirohito menyiarkan siaran radio yang menyatakan penyerahan Jepang; meskipun penyerahan tersebut terlihat "tanpa syarat", status Kaisar masih diperbincangkan.
15: Perayaan VJ Day di seluruh dunia.
16: Kaisar Hirohito mengeluarkan Reskrip Kekaisaran yang memerintahkan pasukan Jepang menghentikan tembak-menembak.
19: Dalam pertemuan non-komunis mendadak di Hà Nội, Hồ Chí Minh dan Việt Minh menjalankan peran utama dalam pergerakan merdeka dari Perancis.
19: Pertempuran antara Nasionalis Cina dan Komunis Cina pecah.
22: Pasukan Jepang menyerah kepada Angkatan Bersenjata merah di Manchuria.
27: Pasukan Jepang di Burma menyerah dalam upacara di Rangoon.
30: Pasukan Angkatan Laut Kerajaan dibawah Admiral Belakang Cecil Harcourt membebaskan Hong Kong.
31: Jenderal MacArthur mengambil komando pemerintah Jepang di Tokyo.

September 1945
2: Jepang menandatangani surat penyerahan diri di dek USS Missouri di Teluk Tokyo.
2: Di Việt Nam, Nasionalis Cina menerima penyerahan Pasukan Pendudukan Jepang di utara garis paralel ke-16. Britania menerima penyerahan di selatan garis dibawah Divisi India ke-20 Jenderal Tertinggi Britania Douglas Gracey, dengan 26.000 personil. Jenderal Britania Gracey tiba di Saigon (Việt Nam Selatan) yang sedang kacau.
5: Singapura secara resmi dibebaskan oleh tentara Britania dan India.
16: Garnisun Jepang di Hong Kong secara resmi menandatangani surat penyerahan diri.
22: Britania membebaskan 1.400 Penerjun Payung Perancis dari kamp Jepang di seluruh Saigon.

Oktober 1945
1: Di Selatan Việt Nam, sebuah perjanjian bilateral Britania/Perancis mengakui administrasi Perancis di wilayah selatan. Di Utara, 180.000 tentara Cina melakukan "serangan" Việt Minh Hồ harus menerimanya. Hồ Chí Minh menerima kompromi Sekutu untuk pengembalian sementara 15.000 tentara Perancis untuk kembali ke Utara yang anti-komunis. Tentara Cina Chiang kabur ke Taiwan. Setelah Perang Dunia II berakhir, kelaparan menewaskan lebih dari 2 juta orang Vietnam.

Desember 1945
31: Penjaga Rumah Britania Raya dihapuskan.


  




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar