Tips Menghilangkan Bau Kaki


Penyebab utama bau kaki pastinya keringat. Kaki dipercaya dapat memproduksi sekitar 570 ML keringat dalam sehari. Wah, bukan jumlah yang sedikit bukan? Begitu juga keringat bercampur bakteri, pantas jika menimbulkan bau tidak sedap. Yuk, mulai raajin membersihkan kaki agar terhindar dari bau tak sedap. Coba tips berikut:

- Gosok sela-sela jari
Setiap kali mandi jangan lupa bersihkan sela-sela kaki, karena area itu yang paling lembab sehingga jika kotor dapat menjadi penyebab bau yang tidak sedap. Gunakan sabun mandi untuk cara mudahnya.

- Potong kuku
Rajinlah memotong kuku. Jangan biarkan kotoran menumpuk pada kuku-kuku Anda, lakukan seminggu sekali.

- Rendam dengan teh atau serbuk kopi
Teh dipercaya ampuh menghilangkan bau tak sedap. Caranya hanya dengan menrendam kaki dalam baskom yang telah diisi air hangat dan ampas teh, diamkan selama 10 menit. Selain teh, dapat juga gunakan serbuk kopi. Bungkus kop dengan kain bersih, kemudian masukan ke dalam sepatu selama sehari semalam. Dijamin bau tak sedap pun lenyap.

- Pola makan
Ternyata pola makan yang tidak seimbang dapat mempengaruhi bau pada kaki. Makanan pedas dan yang tinggi kalori dapat membuat tubuh dan kaki menjadi lebih mudah berkeringat.

- Bahan sepatu
Penyebab bau kaki tak sedap juga karena pemilihan bahan material sepatu yang salah. Bahan plastik cenderung membuat kaki berkeringat karena panas. Lebih baik pilih alas kaki berbahan dasar kain.

- Simpan dengan benar
Jangan menyimpan sepatu sembarangan. Selain dapat membuat lebih cepat rusak, juga menimbulkan bau tak sedap. Simpan ditempat yang aliran udaranyanya lancar, atau gunakan silica gel jika dibungkus dalam kardus sepatunya.

- Pergi ke dokter
Cara terakhir jika bau kaki Anda tidak hilang juga, saatnya periksakan di dokter. Coba konsultasikan, tanya apa masalahnya.

Bromhidrosis adalah nama medis untuk bau kaki. Penyebabnya adalah kaki yang berkeringat dan bercampur dengan bakteri, sehingga menghasilkan isovaleric acid (zat ang berbau tidak sedap).

Ingin menghilangkan bau ini ? Coba simak ulasan berikut :

1. Bersihkan kaki setiap hari dengan sabun lembut dan air hangat.
2. Keringkan secara menyeluruh, terutama di daerah antara jari kaki sebelum Anda menggunakan alas kaki.
3. Jadikan kebiasaan menaburi kaki dengan bedak khusus kaki.
4. Sebaiknya pilihlahkaus kaki yang terbuat dari serat alami (seperti katun dan wol).
5. Sebaiknya pilihlah alas kaki yang dapat membuat kaki bisa bernafas (contohnya alas kaki dari kulit atau bahan).
6. Sediakan dua pasang sepatu yang dapat digunakan secara bergantian.
7. Angin-anginkan alas kaki setelah Anda menggunakannya.
8. Bersihkan alas kaki secara teratur.

Kalo ane mah bau sikil gan bukan bau kaki
Sumber : Kaskus

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Adelle Alexa mengatakan...

makasih ya atas infonya..
untuk menghindari bakteri penyebab bau kaki itu gimana ya solusinya....dan apakah dengan menggunakan kaos kaki wanita lucu dan belanja kaos kaki yang lengkap dimana ya..
mohon infonya...

Poskan Komentar